Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Kurva Permintaan Dalam Perekonomian

Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Kurva Permintaan Dalam Perekonomian


Sahabat pendidikan sekalian, berikut adalah penjelasan tentang pengertian kurva permintaan dan factor yang mempengaruhinya, semoga dapat menambah pengetahuan serta referensinya dalam belajar dan dapat bermanfaat bagi semuanya, untuk mempersingkat waktu mari kita pelajari bersama penjelasan berikut ini : 

Ketika kita mempelajari tentang permintaan ( demand ) sebaiknya kita menempatkan diri kita sebagai pembeli agar mudah mengahayati tentang permintaan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan, kalian melakukan berbagai cara salah satunya ketika kita membeli buku. Pada saat awal tahun pelajaran, harga buku di pasaran mengalami kenaikan karena dipicu oleh banyak permintaan terhadap buku tersebut. Kita sangat membutuhkan buku tersebut sehingga kita akan tetap membalinya meski dengan harga yang mahal. Begitu juga sebaliknya, apa bila harga buku tersebut turun dari harga biasanya, maka jumlah buku yang ingin dibeli masyarakat akan tetap banyak. Maka dapat disimpulkan bahwa jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat tergantung dari kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang. Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu disebut dengan “ Permintaan “.

Kemampuan manusia untuk melalukan permintaan terhadap barang dan jasa sangatlah terbatas. Keterbatasan manusia dalam melakukan permintaan dipengaruhi oleh factor-faktor tertentu antara adalah sebagai berikut : 

a. Harga Barang 

Harga suatu barang akan mempengaruhi banyaknya jumlah barang yang diminta. Jika harga barang naik maka jumlah barang yang diminta berkurang dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang diminta bertambah banyak. 

b. Pendapatan Masyarakat

Pendapatan yang diperoleh seseorang akan sangat mempengaruhi permintaan barang. Jika jika pendapatan rata-rata orang naik maka akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta bertambah. Sebaliknya apabila pendapatan turun atau tidak memiliki pendapatan maka akan sangat mempengaruhi berkurangnya jumlah barang yang diminta.

c. Selera Masyarakat

Selera masyarakat mempengaruhi permintaan seseorang. Apabila orang tersebut sangat menyukai suatu barang tertentu walaupun harga barang tersebut mahal, maka pembeli tidak menghiraukan akan naiknya suatu harga dan apabila selera masyarakat akan suatu barang tersebut rendah maka permintaan akan barang tersebut juga akan rendah.

d. Kualitas Barang

Barang yang berkualitas tentunya juga akan mempengaruhi permintaan. Jika kualitas barang tersebut bagus dan harga barang tersebut sedikit lebih mahal dari barang lain yang sama, maka masyarakat lebih memilih untuk membeli barang tersebut meski harganya sedikit lebih mahal. Dan sebaliknya jika kualitas barang itu jelek permintaan terhadap barang tersebut akan berkurang.

e. Harga Barang Lain

Banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta biasanya dipengaruhi juga oleh barang lain. Apabil aharga kopi lebih mahal dari harga teh, maka masyarakat akan cenderung untuk membeli teh. Akan tetapi kalau harga kopi lebih murah dari teh bagi mereka yang uangnya terbatas maka masyarakat akan membeli kopi sebagai pengganti the. Permintaan gas akan lebih tinggi jika masyarakat menggunakan kompor gas, sebaliknya permintaan gas akan turun kalau masyarakat kembali menggunakan kompor minyak.

f. Jumlah Penduduk

Jumlah anggota keluarga akan sangat mempengaruhi julah permintaan, begitu juga dengan bertambahnya jumlah penduduk suatu Negara maka akan sangat memepengaruhi permintaan terhadap barang.

g. Ramalan Masa Depan

Pada saat krisis ekonomi , harga barang cenderung berubah-ubah bahkan cenderung naik. Masyarakat akan menambah permintaan terhadap barang kalau diperkirakan harga barang tersebut dimasa yang akan datang akan naik. Akan tetapi jika keadaan perekonomian suatu Negara sudah semakin membaik, maka harga akan cenderung turun maka masyarakat akan mengurangi permintaan terhadap barang.

Hubungan antara berbagai harga dengan jumlah barang yang diminta dapat digambarkan didalm suatu grafik yang disebut dengan kurva permintaan. “ Kurva Permintaan “ adalah grafik yang menggambarkan sifat antara jumlah permintaan barang atau jasa dengan harga dalam berbagai kondisi. 

Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Kurva Permintaan Dalam Perekonomian
Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Kurva Permintaan Dalam Perekonomian

Permintaan dapat dibedakan sebagai berikut : 

A. Permintaan menurut daya beli konsumen antara lain : 

1. permintaan efektif yaitu permintaan yang didukung dengan kemampuan  daya beli. Artinya permintaan ini berasal dari konsumen yang betul-betul memiliki kemampuan  untuk membeli barang dan melakukan transaksi.

2. Pembeli potensial yaitu permintaan yang didukung dengan kemamouan daya beli, tetapi belum melakukan transaksi. Artinya permintaan ini masih berupa keinginan untuk membali dan belum melakukan transaksi.

B. Permintaan menurut jumlah konsumen antara lain : 

1. permintan individual yaitu permintaan dari masing-masing orang terhadap suatu barang. Permintaan ini tergantung pada masing-masing orang.

2. Permintaan Pasar yaitu permintaan yang dilakukan oleh masyarakat pada umunya. Permintaan ini dapat dihitung dengan menjumlahkan permintaan masing-masing orang atau individu.

Demikianlah penjelasan diatas semoga ada manfaatnya dan semoga dapat bernilai ibadah disisi Allah swt aammiiinn… sakses selalu menyertai anda. 
Sumber : KEMENDIKBUD

Advertisement 2

Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Kurva Permintaan Dalam Perekonomian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih