Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Masa Praaksara dan Kehidupannya

Pengertian Masa Praaksara dan Kehidupannya


Sahabat pendidikan sekalian, artikel berikut akan membahas mengenai zaman Praaksara serta kehidupan didalamnya yang dimana materi ini sangat diharapkan mampu menjadi referensi anda dalam proses belajar dan berikut adalah ulasannya : 

Kehidupan manusia sudah ada sejak zaman dahulu. Diawali dengan masa Praaksara yaitu masa dimana manusia belum mengenal tulisan, kemudian manusia Hindu-Buddha yang ditandai dengan berkembangnya unsur-unsur Islam dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

- Mengenal masa Praaksara

Apakah diantara kamu ada yang pernah mengunjungi museum purbakala ? di tempat itu kamu dapat menemukan benda-benda peninggalan dari orang-orang zaman dahulu. Benda-benda tersebut ada yang berupa fosil, yaitu sisa-sisa tulang belulang manusia, hewan, dan tumbuhan yang sudah membatu. Ada pula yang berupa artefak, yaitu alat –alat kehidupan seperti senjata, alatpertanian dan alat rumah tangga. Ada pula yang berupa tulisan seperti prasasti dan naskah kuno. Melalui benda-benda itu, kamu dapat mengetahui kehidupan orang-orang pada zaman dahulu , khususnya di Indonesia. 

Setelah membaca berbagai sumber mengenai pengertian masa Praaksara maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Praaksara merupakan salah satu periode dalam kehidupan manusia ketika manusia belum mengenal tulisan. “ Praaksara berasal dari gabungan kata Pra dan Aksara. Pra artinya sebelum dan Aksara berarti tulisan. Dengan demikian, yang dimaksud masa Praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Masa Praaksara disebut juga dengan masa “ Nirleka ( Nir artinyatidak ada dan leka artinya Tulisan ), yaitu masa tidak ada tulisan dan masa Praaksara dikenal pula dengan masa Prasejarah.

Pengertian Masa Praaksara dan Kehidupannya
Pengertian Masa Praaksara dan Kehidupannya

Mengapa tulisan menjadi pembatas waktu masa Praaksara? Aksara atau tulisan adalah hasil kebudayaan manusia. Fungsi utama dari aksara ini ialah untuk berkomunikasi dan membaca tentang sesuatu. Sekelompok manusia yang telah menganal tulisan, biasanya meninggalkan catatan-catatan tertulis kepada generasi berikutnya. Catatan itu dapat berupa batu tulisan ( prasasti ) dan naskah-naskah kuno. Dari catatan tertulis tersebut, kita dapat mengetahui kehidupan orang zaman dahulu. Dengan demikian penemuan aksara merupakan factor penting untuk mengetahui suatu peradaban.
Kapan waktu dimulainya masa Praaksara dan kapan waktu berakhirnya? Masa Praaksara dimulai sejak manusia ada, itulah titik awal dimulainya masa Praaksara. Adapun waktu berakhirnya masa Praaksara adalah setelah manusia mulai mengenal tulisan. Berikutnya masa Praaksa tidak sama lagi di tiap-tiap bangsa. Misalnya bangsa Mesir dan Mesopotamia, mereka telah mengenal tulisan kira-kira 3.000 tahun sebelum masehi. Artinya, mereka telah meninggalkan masa Praaksara. Adapun di Indonesia mulai menganal tulisan sekitar abad ke-5 masehi. Hal ini diketahui dari Yupa ( batu bertulis peninggalan kerajaan kutai )yang terdapat dimuara Kaman, Kalimantan timur. Dengan demikian, bangsa Indonesia meninggalkan masa Praaksara pada abad ke-5 Masehi.

Sebagaimana di jelaskan sebelumnya, pada masa Praaksara manusia belum menganal tulisan, maka tidak ada peninggalan tertulis dari masa Praaksara. lalu, bagaimanakah cara mengetahui kehidupan manusia pada masa tersebut ? kehidupan manusia pada masa Praaksara dapat kita pelajari melalui peninggalan-peninggalan manusia yang di tinggalkan pada waktu itu. Peninggalan itu dapat berupa artefak dan fosil. Artefak membantu kita untuk memperkirakan bagaimana perkembangan kehidupan manusia dan fosil membantu untuk mengetahui pertumbuhan fisik mahluk hidup pada masa Praaksara.

Demikian penjelasan singkat diatas semoga dapat bermanfaat bagi sahabat pendidikn sekalian dan semoga dapat menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua dan dapat pula bernilai ibadah di Allah Swt aammiinn..

Terimakasih dan sukses selalu menyertai anda dan selamat belajar 
Sumber : KEMENDIKBUD    

Advertisement 2

Pengertian Masa Praaksara dan Kehidupannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih