Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Motif Ekonomi dan Tindakan Ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi dan Tindakan Ekonomi 


Salam sahabat pendidikan sekalian, artikel berikut ini akan menjelaskan mengenai motif ekonomi, tindakan ekonomi dan prinsip ekonomi yang dimana akan kita uraikan penjelasannya satu persatu, dan untuk lebih jelasny amari kita sama-sama menelaah enjelasan berikut ini : 

Kekuatan yang ada didalam diri manusia untuk melakukan tindakan atau kegiatan disebut dengan Motif. Dalam tindakan ekonomis yang dilakukan manusia, motif tersebut berasal dari diri sendiri dan berasal dari luar diri manusia atau pengaruh dari orang lain.

Manuisia melakukan berbagai macam tindakan agar semua kebutuhannya terpenuhi dan dapat mencapai kemakmuran. Segala kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut dengan Tindakan Ekonomis atau perbuatan ekonomis. Tujuan dari tindakan ekonomis adalah untuk mengendalikan agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan.tidakan ekonomis manusia dilakukan dalam kegiatan ekonomi yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, kejujuran dan santun. Kagiagtan ekonomis manusia harus rasinal dan mendapatkan hasil yang maksimal . kegiatan yang rasional adalah kegiatan dilakukan dengan pemikiran  dan akal yang sehat.

Keinginan atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut Motif Ekonomi. Tindakan manusia selalu didorong oleh suatu keinginan. Kegiatan yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi ada bermacam-macam. Motif ekonomi dapat dibedakan menjadi empat macam, antrara lain sebagai berikut : 

a. Motif untuk memenuhi kebutuhan.

Motif paling penting yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi, yaitu ingin memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Setiap aktifitas yang dilakukan manusia dengan harapan dapat memperoleh penghasilan. Penghasilan itulah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Apabila penghasilannya tidak mencukupi maka berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan kegiatan ekonomi lainnya. 

b. Motif Berbuat Sosial.

Rasa kemanusiaan selalu ada dalam diri setiap orang. Selain ingin memnuhi kebutuhan manusia punya keinginan untuk menolong orang lain. Sebagai contoh, seorang sisiwi berkunjung kepanti asuhan untuk menyumbangkan buku pelajaran yang tidak terpakai. Apa yang mendasari kegiatan dengan dilakukannya motif ini ? pernakah kamu membantu orang lain dengan kemampuan yang kamu miliki ? ada banyak cara yang dapatg dilakukan dengan motif social ini. Contoh, menyumbangkan pakaian kepada orang lain, membantu teman yang kekurangan, membantu fakir miskin, dan membantu dan menolong teman yang terkena musibah.

Pengertian Motif dan Tindakan Ekonomi
Pengertian Motif dan Tindakan Ekonomi 

c. Motif untuk mendapatkan penghargaan.

Motif ini dimaksudkan bukan untuk sekedar mendapatkan pujian atau piagam penghargaan melainkan status social yang lebih tinggi  dari masyarakat sekitar. Penghargaan diperoleh apabila ada usaha dengan rajin untuk memperolehnya. Belajar dengan rajin untuk mendaparkan prestasi maka akan mendapat penghargaan pada saat pembagian laporan hasil belajar pada akhir semester atau kompetisi mata pelajaran yang diadakan disekolah setiap pekan kreatifitas. Penghargaan yang kamu dapatkan bisa berupa rangking atau piala penghargaan.

d. Motif untuk mendapatkan kekuasaan.

Motif lain yang mendorong manusia melakukan aktifitas ekonomi adalah motif untuk memperoleh kekuasaan. Manusia terkadang tidak puas terhadap apa yang diperoleh, sehingga terus melakukan kegiatan dan mengembangkan usaha.

Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan prosuksi, distribusi, dan konsumsi. Bagi pelaku produksi, tindakan yang dilakukan harus menggunakan bahan baku yang bagus, tenaga kerja yang terampil, mesin, sehingga dalam melakukan proses produksi dapat efisien dan barang hasil produksinya berkualitas. Bagi distributor, berusaha agar barang yang disalurkannya tepat sasaran.bagi konsumen dapat membeli kebutuhan dengan cara membeli barang dengan harga yang sesuai dan berkualitas bagus.

Demikan penjelasan singkat diatas yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelajar dalam proses belajar disekolah dan semoga dapat menambah ilmu pengetahuannya serta dapat bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Aammiinn..

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD.

Advertisement 2

Pengertian Motif Ekonomi dan Tindakan Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih