Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran


Sahabat pendidikan sekalian, berikut adalah artikel yang menyinggung tentang penawaran dalam dunia pemasaran atau perekonomian yang diharapkan dapat menjadi acuan belajar yang bermanfaat bagi anda dalam proses belajar, adapaun ulasannya adalah sebagai berikut : 

Untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan barang dan jasa masyarakat diperlukan kesediaan produsen dalam memproduksi berbagai barang pada tingkat harga yang disebut sebagai penawaran. Penawaran ini biasanya dilakukan oleh pedagang atau produsen sebagai penghasil barang. Produsen berusaha memproduksi berbagai barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Semua barang dan jasa yang dihasilkan tersebut untuk kemudian ditawarkan kepada konsumen.

Tinggi rendahnya jumlah barang yang ditawarkan tergantung dari harga barang. Apabila harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung bertambah, dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung berkurang. Dengan demikian kita menyimpulkan bahwa, “ Penawaran “ ialah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Defenisi penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga. 

Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Factor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan penawaran, antara lain sebagai berikut.

a. Biaya Produksi 

untuk menghasilkan suatu barang diperukan biaya produksi. Tinggi rendahnya biaya produksi yang dikeluarkan akan menentukan pula harga barang. Bila biaya produksi tinggi maka produsen akan mengurangi jumlah produksi barang dan akibatnya penawaran berkurang. Sebaliknya bila biaya produksi murah maka akan semakin banyak barang hasil produksi dan penawaran akan bertambah.
b. Teknologi 

teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang akan mempengaruhi jumlah dan kualitas barang hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang maka kualitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah dan ini berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.

c. Harapan Akan Mendapatkan Laba

dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang banyak maka produsen berlomba untuk meningkatkan produksinya, serta memperluas dan mengembangkan usahanya guna memperoleh keuntungan yang besar.

d. Factor-faktor Nonekonomi

factor nonekonomi seperti, bencana alam, larangan impor, dan kebijakan pemerintah, akan sangat berpengaruh pada penawaran.

Bagaimana hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan ? hubungan antara harga dengan penawaran dapat dilihat dari bunyi hukum penawaran “ jika harga barang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang “ . antara harga dan penawaran tersebut terdapat suatu hubungan lurus dimana harga berbanding lurus dengan penawaran. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan tabel penawaran berikut ini : 

Dari tabel tersebut dapat dibuat suatu grafik yang disebut dengan kurva penawaran. Pengertian kurva penawaran adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Berikut adalah contoh kurva penawaran : 

Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian penawaran, kurva penawaran dan factor yang mempengaruhi penawaran diatas semoga bermanfaat bagi peserta didik sekalian didalam belajarnya dan semoga dapat pula menjadi acuan untuk menambah ilmu pengetahuannya dan dapat bernilai ibadah di sisi Allah SWT aammiinn… 

Terimaksih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD      

Advertisement 2

Pengertian Penawaran, Kurva Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih