Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

15 Juli 2017

Pengertian, Peran dan Dampak IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi

Pengertian, Peran dan Dampak IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi


1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sahabat pendidikan sekalian, berikut akan kita bahas mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau (IPTEK ) lengkap dengan peran serta dampaknya terhadap ekonomi, melalui artikel singkat ini diharapkan kepada sahabat pendidikan sekalian dapat lebih mengerti serta dapat pula menyelesaikan kegiatan –kegiatan didalam proses belajar dengan baik, guna mempersingkat waktu mari kita pelajari bersama-sama penjelasan dibawah ini :

Ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat dari berkembangnya aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya. “ Ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diartikan “ sebagai ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia. Perkembangan IPTEK saat ini membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia . pesatnya perkembangan IPTEK dapat dilihat dengan semakin bermunculannya teknologi canggih yang dapat membantu aktifitas manusia.

Perkembangan IPTEK dapat mefasilitasi kegiatan usaha agar semakin lancer sehingga dapat menimbulkan kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat. Namun demikian berkembangnya IPTEK juga membarikan dampak yang positif dan negative didalam lingkungan masyarakat. 

1. Adapun dampak positif dari perkembangan IPTEK antara lain adalah sebagai berikut :

a. Dapat terpenuhi kebutuhan manusia artinya bisa mengurangi permasalahan ekonomi yang dihadapi
b. Dapat membuat segala sesuatu lebih cepat dan mudah
c. Dapat mempermudah untuk memoerluas informasi
d. Menambah wawasan pengetahuan 
2. Dampak negative dari perkembangan IPTEK adalah sebagai berikut :

a. Mempengaruhi pola pikir masyarakat yang negative jika informasi yang diperoleh melalui internet berisikan tentang hal-hal yang negative.

b. Dapat menyebabkan polusi, semakin banyak masyarakat menggunakan hasil perkembangan IPTEK, misalnya motor, maka semakin banyak pula pencemaran udara yang terjadi.

c. Dapat membuat orang semakin malas, sebagai contoh siswa setiap saat hanya memegang HP (Hanepone) dan melupakan kewajiban sebagai seorang siswa untuk belajar.

d. Dapat menibulkan kerusakan, misalnya kerusakan lingkungan alam sebagai akibat dari semakin banyaknya limbah industry yang dibuang oleh perusahaan industry, bahkan mungkin bisa jadi suatu lahan tersebut dijadikan tempat untuk berdirinya Mall.

Pengertian, Peran dan Dampak (IPTEK) Dalam Kegiatan Ekonomi
Pengertian, Peran dan Dampak (IPTEK) Dalam Kegiatan Ekonomi

2. Peran Iptek dalam menunjang kegiatan ekonomi

Ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. IPTEK sebagai sarana manusia untuk mencapai kesejahteraan. Dengan IPTEK manusia mampu membantu pemenuhan kebutuhan manusia. Sebagai contoh saat kalian membutuhkan makanan, dengan bantuan HP kalian bisa memesan makanan yang diantarkan langsung ketempat kita atau kerumah kita bahkan dikantor kita bekerja.

IPTEK dalah hasil dari kebudayaan manusia yang memberikan kemudahan dalam melakukan aktifitasnya. IPTEK dapat dirasakan saat ini dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Perkembangan IPTEK memberikan dampak yang positif bagi kegiatan perekonomian. Kalian masih ingat kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan apa saja ? kegaitan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi. Peran perkembangan IPTEK bagi kegiatan ekonomi antara lain sebagai berikut : 

a. Produksi

IPTEK dapat menunjang kegiatan produksi terutama kebutuhan akan mesin-mesin produksi, bahan baku untuk produksi, dan bahan penolong untuk produksi.

b. Distribusi

IPTEK dapat memberikan kemudahan untuk distribusi barang, dapat memperlancar distribusi barang, dan mempercepat barang sampai ke tangan konsumen.

c. Konsumsi

IPTEK dapat member kemudahan konsumen dalam proses pemenuhan kebutuhan. Konsumen dapat dengan cepat dan mudah memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

Sebagai rangkuman : IPTEK sangat mempengaruhi perilaku masyarakat. Masyarakat mampu memilih dan memilah teknologi yang diperlukan sesuai dengan kebutuhannya. Masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam dengan tidak merusak lingkungan demi kepentingan pribadi. Tanggung jawab sebagai umat manusia untuk menjaga dan memanfaatkan sumberdaya alam secara bijak dan tanggung jawab sebagai warga Negara yang baik demi kelestarian sumberdaya alam.

Demikian penjelasan diatas semoga dapat memudahkan anda dalam proses belajar dan semoga dapat pula bernilai ibadah di sisi Allah Swt aamminn.. 

Sumber : KEMENDIKBUD       

Advertisement by Google 2

Pengertian, Peran dan Dampak IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar