Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

July 10, 2017

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah


Sahabat pendidikan sekalian, artikel berikut akan membahas mengenai ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan limbah sebagai bahan kerajinan dalam pelajaran Prakarya di jenjang SMP, yang dimana pembahasan akan menjelaskan mengenai prinsip kerajinan dan jenis serta kelompok limbah itu sendiri sebagaimana teman yang tercantum di atas, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

Kekayaan alam dan budaya Indonesia merupakan modal munculnya keberagaman produk kerajinan di Indonesia. Sejak dahalu rakyat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan fisik hingga yang bersifat nonfisik. Dan kini kerajinan juga berfungsi sebagai hiasan atau interior maupun eksterior. Berdasarkan pengetahuan terhadap limbah dan juga pengamatan kebutuhan masyarakat maka kerajinan  dari bahan dasar limbah dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan fungsinya.

Libah sendiri dari tempat asalnya bisa beraneka ragam, ada libah rumah tangga, limbah pabrik, dan ada pula libah dari suatu kegiatan tertentu. Dalam dunia masyarakat yang semakin maju dan modern, penigkatan akan jumlah limbah semakin meningkat sebagai contoh, dahalu manusia mencuci piring hanya dengan menggunakan jeruk nipis namun sekarang sudah menggunakan sabun sebagai pengganti jeruk tersebut sehingga peningkatan tidak dapat dielakkan lagi. 

Tahukan kita bahwa limbah terdiri dari beberapa kelompok ? limbah dapat dikelompokkan menjadi  3 ( tiga ) bagian yaitu :

1. Libah berdasarkan Wujudnya

Limbah dilihat dari fisiknya terdiri dari : 

a. limbah gas, yaitu limbah yang berbentuk gas seperti karbon dioksida ( CO2 ), dan karbon monoksida ( CO ), HCL,NO2,SO2.

b. limbah cair, yaitu limbah yang berbentuk cair misalnya air cucian, air hujan, rembesan AC, Air sabun, dan minyak goreng buangan.

c. limbah padat, yaitu limbah yang berbentuk padat misalnya kotak kemasan, bungkusan jajanan, plastic, botol dan yang lainnya.

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah
Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah

2. Limbah Berdasarkan Sumbernya

a. libah pertanian yang berasal dari aktifitas pertanian
b. limbah industry yang dihasilkan dari proses industri
c. limbah pertambangan yang berasal dari aktifitas pertambangan 
d. limbah domestik yang berasal dari kegiatan rumah tangga, pasar, retoran, dan pemukiman lainnya.
3. Limbah Berdasarkan Senyawa

a. Limbah organic, merupakan limbah yang bisa dengan dengan mudah di uraikan atau mudah membususk, limbah organic mengandung unsure karbon yang dapat ditemui di kehidupan sehari-hari misalnya kulit buah dan sayur, kotoran manusia dan hewan.

b. Limbah anorganik adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan dan tidak dapat membusuk  sebab tidak mengandung unsure karbon contoh pada limbah plastic, beling dan baja.

Jenis limbah yang dapat di manfaatkan sebagai bahan kerajinan harus di identifikasi terlebih dahulu. Setelah memahami jenis limbah, kita dapat mengelompokkan jenis limbah organic dan anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan. Limbah baik organic ataupun anorganik memerlukan pengelolaan secara kreatif untuk dapat mengahasilkan produk kerajinan yang bernilai tinggi.

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah
Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah

Indonesia memiliki banyak bahan dasar limbah yang dapat dijadikan karya kerajinan. Produk kerajinan bahan limbah Indonesia yang beragam, kreatif, inovatif dan selalu berkembang telah dikenal di mancanegara. Oleh karena itu Indonesia dikenal sebagai Negara eksportir terbesar kerajinan yang dibuat oleh tangan ( handmade ). Tangan-tangan terampil serta pemikiran  yang kreatif, inovatif, karya anak bangsa cukup di kagumi oleh bangsa lain dan kita patut berbangga atas pencapaian yang luar biasa ini sebagai bangsa Indonesia.

Demikainlah penjelasan singkat tentang prinsip kerajinan dan jenis bahan limbah berdasarkan kelompoknya dan semoga bermanfaat untuk kita semoga serta dapat bernilai ibadah di Tuhan yang Maha Esa, aammiinn…

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD  

Advertisement 2

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak dan Kelompok Limbah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih