Ciri dan Kelompok Tumbuhan Berdasarkan Morfologi dan Klasifikasi 5 Kingdom

Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

17 Agustus 2017

Ciri dan Kelompok Tumbuhan Berdasarkan Morfologi dan Klasifikasi 5 Kingdom

Ciri dan Kelompok Tumbuhan Berdasarkan Morfologi dan Klasifikasi 5 Kingdom


Berdasarkan klasifikasi 5 kingdom, mahluk hidup dibagi ke dalam kelompok Animalia ( hewan ), Plantea (tumbuhan) , Fungi ( jamur ), Protista, dan Monera. Kelima Kingdom ini diklasifikasikan  berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap organisme-organisme yang menyusunnya. Kingdom Plantea (Tumbuhan) dibagi kedalam beberapa devisi yaitu lumut (bryophyte), Paku-pakuan (pteridophyta), serta tumbuhan berbiji (spermatophyte).

Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh, tumbuhan dapat dibedakan lagi atas dua jenis kelompok besar yaitu :

1. Tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi lumut (Bryophyta)
2. Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta), meliputi paku-pakuan (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (spermatophyta).

Ciri –Ciri dan Kelompok Tumbuh-Tumbuhan
Ciri –Ciri dan Kelompok Tumbuh-Tumbuhan
Tumbuhan lumut dan tumbuhan paku

Tumbuhan lumut dan tumbuhan paku adalah tumbuhan yang memiliki spora serta berkembang biak dengan cara vegetative dan generative. Tumbuhan tersebut memiliki klorofil dan berfotosintesis. Habitatnya berupa tempat yang lembab.

Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, kita telah mengetahui bahwa tumbuh-tumbuhan dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yaitu tumbuhan berpembuluh dan tidak berpembuluh. 

Ciri –Ciri dan Kelompok Tumbuh-Tumbuhan
Lumut dan Bagiannya
a.Tumbuhan tidak berpembuluh 

adalah tumbuhan tumbuhan yang tidak memiliki berkas pengangkut. Kelompok tumbuhan ini belum bisa dibedakan antara akar,batang,dan daun. Contohnya adalah tumbuhan lumut. Memiliki struktur yang menyerupai akar disebut Rizoid, berspora dan berklorofil.
b. Tumbuhan berpembuluh 

adalah tumbuhan yang memiliki berkas pengangkut dan sudah bisa dibedakan antara akar, batang dan daun. Tumbuhan berpembuluhdisebut tumbuhan berkormus. Tumbuhan berkormus terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji mempunyai bunga dan biji. Kormofita berspora tidak memiliki bunga, misalnya tumbuhan paku (pteridophyta). Tumbuhan paku memiliki cirri yaitu memiliki akar, batang dan daun sejati, tidak berbunga dan tidak berbiji. Cirri lain dari tumbuhan paku adalah daun muda yang menggulung. Daun tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut sporofil dan ada pula yang tidak menghasilkan spora disebut tropofil.

Ciri –Ciri dan Kelompok Tumbuh-Tumbuhan
Tumbuhan paku dan bagiannya
Tumbuhan Berbiji (Spermatophyte) 

Tumbuhan berbiji dikelompokkan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). 

a. Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) mempunyai cirri-ciri yaitu :

- Berbiji telanjang karena bijinya tidak dibungkus oleh daun buah.
- Alat reproduksi berupa bangun seperti kerucut yang disebut Strobilus yang terbagi atas yaitu strobilus jantan dan stobilus betina
- Batang besar dan berkambium
- Berakar tunggang dan serabut
- Daun selalu hijau , sempit, tebal dan kaku. Contoh tumbuhan berbiji terbuka adalah juniper, cemara, dammar, pinus, melinjo dan pakis haji.

b. Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae)

Memiliki bakal biji atau bijinya terlindung oleh daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membantuk struktur pembiakan yang disebut bunga. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga , jambu, avokad, anggur dan nangka.
Tumbuhan berbiji tertutup ini (Angiospermae) terbagi lagi manjadi dua macam atau bagian yaitu

- Tumbuhan berkeping satu (Monokotil)

Yaitu tumbuhan berkeping satu yang dapat diamati dengan cirri-ciri sebagai berikut. Memiliki satu keeping daun lembaga, berakar serabut, bang tidak berkambium, berkas pembuluh pengangkut tersebar, tulang daun sejajar atau melengkung dan kelopak bunga pada umunya kelipatan tiga.

- Tumbuhan berkeping dua (Dikotil)

Memiliki cirri-ciri sebagai berikut, memiliki dua keeping daun lembaga, berakar tunggal, batang berkambium, tulang duannya menjari atau menyirip, berkas pengangkut tersusun dalam satu lingkaran, dan kelopak bunga kelipatan empat atau lima.

Berdasarkan dari apa yang telah kita pelajari sebelumnya, maka dapat kita simpulkan bahwa tumbuhan dibedakan menjadi 3 kelompok berikut ini.

1. Kelompok lumut (Bryophyta)
2. Kelompok Paku-Pakuan (Pteridophyta)
3. Kelompok tumbuhan berbiji (Spermatophyte) yang dikelompokkan lagi menjadi dua yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) yang dikelompokkan lagi menjadi dua macam yaitu dikotil ( tumbuhan berbiji dua ) dan monokotil ( tumbuhan berbiji satu ).

Demikianlah penjelasan singkat ini semoga bermanfaat dan terimakasih atas segala perhatiannya.
Sumber : KEMENDIKBUD


Advertisement 2

Ciri dan Kelompok Tumbuhan Berdasarkan Morfologi dan Klasifikasi 5 Kingdom Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar