Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Ciri dan Kelompok Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang

Ciri dan Kelompok Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang


Sahabat pendidikan sekalian, berhubungan dengan artikel sebelumnya yang membahas mengenai tumbuh-tumbuhan, perlu kita ketahui pula bahwa hewan didunia ini juga sangat beragam mulai dari yang besar hingga yang paling kecil dan juga memiliki bentuk atau wujud fisik mereka yang berbeda-beda.

Dunia hewan dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu hewan bertulang belakang dan yang tidak bertulang belakang. Dari pengelompokan ini mari kita membahas terlebih dahulu hewan yang tidak bertulang belakang !

1. Hewan yang Tidak Bertulang Belakang (Avertebrata)

Hewan tidak bertulang belakang ini dikelompokkan menjadi delapan (8) kelompok yaitu (porifera) hewan berpori, (Coelenterate) hewan berongga, (Platyheminthes) cacing pipih, (Nemathelminthes) Cacing gilig, (Annelida) Cacing berbuku-buku, (mollusca) Hewan Lunak, (Arthropoda) Hewan dengan kaki beruas-ruas, dan ( Echinodermata) hewan berkulit duri. 

a. Porifera

Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
Porifera
Adalah hewan yang memiliki pori-pori dan bertubuh seperti spons. Habitatnya diperairan, dan juga memiliki warna tubuh yang beragam seperti merah, hjau , kuning dan lainnya. Contoh hewan ini adalah sebagai berikut : Spongilla, Euspongila, Poterion, dan Scypha.

b. Coelenterata

Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
Coelenterata
Adalah hewan berongga yang mempunyai tentakel untuk menangkap mangsanya, pada permukaan tentakelnya terdapat zat beracun yang digunakan untuk menyengat mangsa. Ukuran atau bentuk tubuhnyapun beragam, ada yang berbentuk polip yang menempel pada tempat hidupnya, ada pula yang berbentuk medusa yang bergerak aktif melayang-layang di air sepeti paying. Contoh hewan ini adalah : Ubur-ubur, Bunga karang, Obelia, Hydra,dan Anemon.
c.Vermes (cacing)


Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
Vermes ( Cacing )
Adalah hewan yang memiliki tubuh yang lunak, tidak memiliki cangkang dan tubuhnya simestris bilateral. Berdasarkan bentuk tubuhnya, ada tiga kelompok, yaitu cacing pipih (platyhelminthes) contohnya cacing hati dan cacing pita, cacing gilik (Nemathelminthes) tubuhnya bulat panjang dan tidak bersegmen, contohnya cacing perut, cacing kremi, dan cacing tambang; cacing gelang (Annelida) tubunya beruas-ruas seperti cincin, contohnya cacing tanah,lintah, dan pacet.

d. Mollusca 

Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
 Mollusca

Adalah hewan yang bertubuh lunak, memiliki banyak lendir dan terbungkus oleh mantel. Ada yang memiliki cangkang yang berguna untuk melindungi tubuh. Habitatnya didarat dan juga di air. Contoh hewan ini adalah cumi-cumi, gurita, siput, kerang, tiram dan remis. 

e. Arthropoda

Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
Arthropoda

Adalah hewan berbuku-buku, tubunya dibedakan atas kepala, dada dan perut. Tubunya terbungkus oleh zat  kitin yang keras, memiliki alat indra yang peka terhadap sentuhan dan bau-bauan, memiliki mata faset, yaitu mata majemuk yang terdiri dari ratusan atau ribuan mata kecil berbentuk segi enam. Arthropoda ada 4 kelas, yaitu insect (serangga) contohnya belalang, lebah,kumbang; Crustacea (udang-udangan) contohnya udang, kepiting rajungan; Arachnoidea (laba-laba) contohnya laba-laba, kalajengking, kutu, caplak; Myriapoda (lipan) contohnya kelabang,kaki seribu.

f. Achinodermata 

Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
Achinodermata 

Adalah Hewan yang tubuhnya diselimuti duri, ada lempengan zat kapur/zat kitin yang keras. Tubuhnya simetri radial dengan lima lengan. Pada tubunya , pada tubuhnya terdapat system ambulakral untuk alat gerak, bernafas dan menangkap mangsa. Achinodermata Ada lima kelas yaitu : Asteroidea contohnya hewan bintang laut , Echinoidea contohnya hewan landak laut dan bulu babi, Ophiuroidea contohnya hewan bintang ular, Crinoidea contohnya hewan lilia laut, Holothuroidea contohnya hewan teripang   

2. Hewan Bertulang Belakang ( Vertebrata )

Hewan jenis ini (Vertebrata ) memiliki lima (5) kelompok yaitu : Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mammalia. Klasifikasi mahluk hidup menurut Carolus Linnaeus berdasarkan atas persamaan dan perbedaan struktur tubuh mahluk hidup yang dilakukan dengan cara-cara berikut, 

a. Mengamati dan meneliti mahluk hidup, yaitu persamaan cirri struktur luar maupun dalam dari berbagai jenis mahluk hidup.

b. Jika ada mahluk hidup yang memiliki cirri struktur tubuh sama atau mirip dijadikan satu kelompok. Mahluk hidup yang memiliki cirri berlainan akan dikelompokkan tersendiri.

c. Memberikan istilah tertentu untuk setiap tingkatan klasifikasi berdasarkan banyak sedikitnya persamaan cirri pada setiap jenis mahluk hidup yang dikelompokkan.

Tingkatan klasifikasi yang digunakan oleh Carolus Linnaeus adalah sebagai berikut.

Kingdom/Regnum : Dunia kerajaan
Filum/Divisio : Bagian /Keluarga besar, filum untuk hewan, dan division untuk tumbuhan 
Classic : Kelas
Ordo : Bangsa
Familia : Suku
Genus : Marga
Species : Jenis

Carolus Linnaeus menggunakan system klasifikasi mahluk hidup yang disebut Binomial Nomenklatur (system nama ganda). Aturan-aturan dalam system Binominal Nomenklatur adalah dibawah ini :

a. Nama spesies terdiri atas dua kata. Pertama adalah nama Genus dan kedua adalah Penunjuk Spesies.

b. Kata pertama diawali dengan huruf besar dan kata kedua dengan hruf kecil.

c. Menggunakan bahasa latin atau ilmiah atau bahasa  yang dilatinkan, yaitu dengan dicetak miring atau digarisbawahi secara terpisah untuk nama genus dan nama spesiesnya.

Contoh nama ilmiah jagung : Zea Mays atau dapat pula ditulis Zea Mays . hal ini menunjukkan nama genus = Zea dan nama petunjuk species = Mays. 

Berikut adalah Tabel Perbedaan Takson untuk tumbuhan dan hewan. 

Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang
Ciri-Ciri Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang

Demikianlah penjelasan diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih .
Sumber : KEMENDIKBUD 

Advertisement 2

Ciri dan Kelompok Hewan Bertulang Belakang dan Tidak Bertulang Belakang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih