Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

1 Agustus 2017

Artikel Kesehatan Tentang Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam

Artikel Kesehatan Tentang Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam


Salam sahabat pendidikan sekalian, berikut ini kita akan membahas menganai tentang sayuran serta manfaat yang terkandung didalamnya yakni Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam yang menjadi kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas menganai sayuran kangkung dan jagung. Berikut ini adalah ulasannya, 

- Wortel ( daucus carota )

seringkal dikatakan sebagia buah karena banyak orang memakannya secara mentah, seperti buah yang dikupas kulitnya, dicuci lalu dimakan. Wortel dengan rasanya yang manis amat disukai anak-anak jika dibuat menjadi sayur sop. Wortel bagian akar/umbi yang dimakan dan di umumnya berwarna orange agak kemerahan. Ini menandakan wortel kaya akan kandungan betakaroten ( vitamin A ). Zat gizi ini sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Wotel juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga membuatnya memiliki sifat antioksidan tinggi. Selain itu, wortel juga mengandung asam folat, kalsium, mangan,fosfor,kromium,zat besi dan seng serta serat. Kandungna wortel yang amat kaya ini menjadika wortel sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk menambah wortel dalam konsumsi harian. Banyak manfaat yang bisa dirasakan tubuh bila membiasakan mengonsumsi wortel. Berikut ini beberapa manfaat wortel :

Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam
Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam

a. dapat mengatasi sembelit dari kandungan serat wortel yang dapat menaikkan volume feses sehingga memperlancar buang air besar.

b. dapat menyehatkan kulit jika rajin memakan wortel setiap hari. Kulit kering secara perlahan-lahan akan tampak sehat dan cemerlang.
c. dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin yang terdapat dalam wortel, juga mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus.

d. dapat mengatasi hipertensi jika rutin meminum air wortel setiap harinya.

e. dapat menjaga kesehatan gigi jika suka mengunyah wortel mentah-mentah

f. dapat menghilangkat plak dari gigi, mencegah pendarahan pada gusi dan memeliharta gigi agar tetap sehat dan kuat.

g. menurunkan resiko stroke dan kanker.

- Bayam

Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam
Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam

Bagian bayam yang dikonsumsi adalah daunnya. Bayam memiliki daun lebar dan hijau. Menurut hasil penelitian, bayam memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Flavonoid dalam bayam memiliki sifat antioksidan dan anti kanker. Bayam mengandung vitami K yang tinggi dan mineral lainnya seperti  Maknesium, seng, tembaga, dan fosfor. Kandungan mineral tersebutbermanfaat untuk melindungi pengeroposan tulang dan menguatkan tulang. 

Vitamin K pada bayam juga berperan menjaga kesehatan fungsi otak dan system saraf. Maknesium dalam bayam membantu menjaga tekanan darah normal. Vitamin C dengan sifat alkalinitas dalam bayam memberikan manfaat anti implamasi dan peningkatan sistem peningkatan kekebalan tubuh. Bayam sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak dan menjaga kesehatan mata karena mengandung karetenoid. 

Demikianlah penjelasan singkat di atas semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari  dan sukses selalu menyertai anda. 

Sumber: KEMENDIKBUD  

Tag: Manfaat, Kesehatan, Prakarya, Tugas Prakarya, materi tentang prakarya, manfaat tanaman wortel untuk kesehatan.

Advertisement by Google 2

Artikel Kesehatan Tentang Kandungan Serta Manfaat Wortel dan Bayam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar