Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

3 Agustus 2017

Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Kandungan Pigmen

Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Kandungan Pigmen 


Salam sahabat pendidikan sekalian, berkaitan dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Bagian Tanaman yang Dimakan maka artikel berikut ini msih erat kaitannya dengan artikel sebelumnya tersebut yang membahas tentang Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung, berikut adalah ulasannya :

- Pengertian Sayuran

Menurut ilmu pertanian, sayuran termasuk tanaman holtikultura. Holtikultura merupakan ilmu pertanian yang berhubungan atau berkaian dengam budidaya sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan termasuk tanaman obat-obatan.

Pengertian dari sayuran adalah bagian vegetative dari tumbuhan yang dapat dimakan, baik secara segar maupun melalui pengolahan dengan cara dimasak. Sayuran mempunyai kadar air dan serat yang tinggi sehingga umurnya relative sangat pendek, mudah rusak dan tidak dapat disimpan terlalu lama jika tidak diperlakukan secara khusus. Selain itu, sayuran tidak dapat dipanen setiap saat karena sayuran merupakan tanaman musiman. Tingkat kematangan sayuran mempengaruhi sifat fisik sayuran, maka setiap sayuran memiliki sifat fisik yang berbeda muai dari warna, rasa, aroma, kekerasan, tekstur dan penampakannya.


Pengertian Sayuran Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung
Sayuran untuk kesehatan

a. Sayuran berwarna hijau

Terbentuk oleh klorofil. Kandungan klorofil pada sayuran hijau dalam suasana asam akan berubah menjadi hijau tua dan dalam suasana basa menjadi hijau terang. Sayuran hijau kaya akan karretenoid yang dapat mengatasi radikal bebas, mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A,C dan K yang bermanfaat bagi pembekuan darah dan pembentukan tulang. 

Selain itu juga mengandung unsur mineral diantaranya zat besi, zat kapur, magnesium, dan fosfor. Sayuran berwarna hijau antara lain daun singkong, bayam, kangkung, sayur katuk, seledri, daun melinjo,daun kemangi, daun selada, genjer dan sebagainya.
b. Sayuran berwarna ungu

seperti terong, bawang, bayam ungu, dan paprika ungu mengandung vitamin A dan kalsium yang tinggi, sayuran berwarna ungu juga mengandung Antosianin, resveratrol dan asam alegit yang bisa menangkap radikal bebas dan mencegah terserang penyakit kanker, diabetes dan serangan jantung.

c. Klasifikasi Sayuran Berwarna merah/biru

karena adanya zat anthocyanin yang senditif terhadap perubahan pH dan dapat larut didalm air. Ketika pH dalam keadaan netral, pigmen berwarna ungu ketika dalam keadaan asam, pigmen berwarna merah, sedangkan saat terdapat basa, pigmen berwarna biru, contoh sayuran yang berwarna merah/biru yaitu kubis merah, bit, tomat, cabe dan paprika.

d. Warna kuning/orange pada sayuran.

Berasal dari kandungan Beta dan alfa karoten yang tidak dapat berubah dengan pengolahan atau pH. Zat tersebut dapat berfungsi sebagai penghambat proses penuaan sel-sel dalam tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh dan memberikan system kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit. Sayuran berwarna kuring/orange yaitu ubi jalar, wortel, biji melinjo dan labu kuning. 

Demikianlah penjelasan singkat tentang Pengertian Sayuran Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung semoga bermanfaat bagi kita semua aammiinn.. 

Terimakasih dan sukses selalu menyertai anda 
Sumber : KEMENDIKBUD


Advertisement by Google 2

Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Kandungan Pigmen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar