Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

11 Oktober 2017

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya

Sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada, berikut adalah penjelasan tentang macam-macam jenis termometer serta kegunaannya, Termometer terdiri dari :

1. Termometer Zat Cair yang juga terdiri dari beberapa jenis yaitu :

- Termometer Laboratorium dan
- Termometer Suhu badan.

2. Termometer Bimetal dan

3. Termometer Kristal Cair.

1. Termometer Zat Cair.

Sebagai ulasan awal mari kita membahas terlebih dahulu poin pertama yaitu termometer Zar cair. Secara umum, benda-benda di alam akan memuai ( Ukurannya bertambah besar ) jika suhunya naik. kenyataan ini dimanfaatkan untuk membuat termometer dari zat cair.

Zat cair yang digunakan umumnya raksa atau alkohol jenis tertentu. Raksa memiliki keistimewahan, yaitu warnanya mengkilat dan cepat bereaksi terhadap perubahan suhu. Selain itu, raksa membeku pada suhu rendah (-38 derajat celcius ) dan mendidih pada suhu yang tinggi ( lebih dari 350 derajat celcius ) sehingga dapat mengukur suhu pada rentang suhu yang lebar. Namun, raksa sangat beracun, sehingga berbahaya jika termometer pecah.

Alkohol untuk pengisi termometer biasanya diberi warna biru atau merah. Rentang suhu yang dapat diukur bergantung jenis alkohol yang digunakan, contohnya : (a). Tolen,dengan rentang -90 derajat celcius hingga 100 derajat celcius. (b). Ethyl alcohol, dengan rentang 110 derajat celcius hingga 100 derajat celcius. alkohol tidak seberbahaya raksa dan mudah menguap, sehingga lebih aman digunakan sebagai pengisi termometer.

Perlu kita ketahui bersama pula bahwa untuk alasan kepraktisan, seringkali kita menggunakan plastik untuk wadah makanan, termasuk makanan bersuhu tinggi. Namun, hanya plastik tertentu yang aman digunakan untuk wadah makanan panas. Plastik memiliki 7 jenis yang ditandai dengan adanya kode pada plastik tersebut. Plastik yang paling aman digunakan sebagai wadah makanan adalah plastik dengan kode nomer 5 atau kode PP. Plastik ini tahan terhadap suhu tinggi.
- Termometer Laboratorium, berbentuk panjang dengan skala dari -10 derajat celcius sampai 110 derajat celcius menggunakan raksa atau alkohol.

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya
Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya

- Termometer Suhu Badan, termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan manusia. Skala yang ditulis antara 35 derajat celcius dan 45 derajat celcius. Pipa dibawah bagian bawah dekat labu dibuat sempit sehingga pengukuran lebih teliti akibat raksa tidak segera ke labu/resevoir.

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya
Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya

Perlu diketahui pula bahwa perubahan suhu juga terjadi pada proses fermentasi, misalnya pada proses pembuatan tape. Pada proses tersebut, bakteri mengubah glukosa menjadi alkohol dan karbon dioksida. Proses fermentasi menyebabkan terjadinya perubahan suhu. Suhu terbaik untuk melakukan fermentasi ialah pada suhu 35 derajat celcius - 40 derajat celcius.  

2. Termometer Bimetal

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya
Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya

Perhatikan dua logam yang berbeda dan diletakkan menjadi satu pada gambar diatas. Jika suhunya berubah, Bimetal akan melengkung. Mengapa? karena logam yang satu memuai lebih panjang dibandingkan yang lain. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membuat termometer.

3. Termometer Kristal Cair.

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya
Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya

Terdapat kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah. Kristal ini dikemas dalam plastik tipis, untuk mengukur suhu tubuh, suhu aquarium dan sebagainya. dan perlu kita ketahui bahwa :
  • Binatang yang hidup didaerah dingin pada umumnya berbulu tebal. Bulu yang tebal tersebut menjaga tubuhnya untuk tetap hangat.
  • Unta mempunyai punuk yang berfungsi untuk menyimpan air sehingga tahan untuk tidak minum selama berhari-hari dan menjaga agar suhu tubub tidak panas.
  • Jenis tanaman dipantai berbeda dengan jenis tanaman digunung karena suhu dipantai lebih tinggi dari pada suhu di daerah pegunungan.
Dalam kurung waktu 100 tahun ini, suhu bumi sudah naik kurang lebih 2 derajat celcius. Kenaikan ini menyebabkan banyak masalah pada lingkungan, seperti iklim yang tidak menentu dan cuaca ekstrime. Keadaan ini disebut pemanasan global.


Demikianlah penjelasan singkat diatas terimakasih atas perhatiannya dan mohon bantu kami untuk share artikel ini.
Sumber : KEMENDIKBUD.

Advertisement by Google 2

Jenis-Jenis Termometer Dan Kegunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar