Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan

Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan


Sahabat Pendidikan sekalian, setelah sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Kalor dan Jenis-Jenis Perpindahan Kalor, maka selanjudnya sesuai tema diatas maka kita akan membahas tentang Energi, Sumber energi  dan bentuk-bentuknya, Berikut penjelasannya :

1. Pengertian Energi

Manusia membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak, bernafas, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi menyebabkan mobil dan motor dapat bergerak. Pesawat dapat terbang karena adanya energi. Begitu juga kereta api dapat berjalan cepat karena adanya energi. Energi ada dimana-mana, bahkan tumbuhan dan hewan pun membutuhkan energi untuk bertumbuh kembang. Dengan demikian, untuk melakukan usaha, diperlukan energi. Energi terdapat didalam berbagai bentuk. Kehidupan bergantung pada kemampuan organisme mengubah suatu energi dari suatu bentuk kebentuk yang lainnya.

Mobil-mobilan tidak akan berjalan jika tanpa energi dari baterai. Baterai adalah sumber energi. dan contoh lain dari sumber energi ialah minyak bumi (bensin, solar dan lainnya) yang dijadikan bahan bakar kendaraan roda dua dan empat begitu juga dengan penerangan dirumah kita yaitu lampu yang tidak akan menyala jika tanpa adanya energi yang bersumber dari listrik.

2. Bentuk- bentuk Energi

Energi ada berbagai bentuk yaitu :

- Energi Potensial
- Energi Kinetik
- Energi Kimia
- Energi Listrik
- dan lainnya

Baca juga : Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor

a. Energi Potensial

Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan
Energi Potensial

Energi Potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu materi karena lokasi atau tempatnya. Ada beberapa Energi Potensial yaitu (1) Energi Potensial Gravitasi,(2) Energi Potensial Elastisitas. (1a) Energi Potensial Gravitasi Bumi yaitu  energi yang dimiliki suatu benda karena terletak diatas permukaan bumi. maka semakin tinggi letak suatu benda diatas permukaan bumi, makin besar energi potensial gravitasinya. (2a) Energi potensial elastisitas, ialah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan ( misalnya pada karet ketapel dan busur panah) atau ditekan ( misalnya pada Per). makin jauh peregangan dan penekanannya makan akan semakin besar energi yang akan dilepaskannya.

Benda yang diletakkan diatas meja memiliki energi potensial gravitasi. Karena energi potensial gravitasi inilah, benda dapat bergerak dari meja ketanah. batu pada ketapel memiliki energi potensial saat karet ketapel diregangkan. dan energi itulah yang mendorong batu tersebut hingga terlempar dari ketapel.

b. Energi Kinetik

Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan
Energi Kinetik

Energi kinetik adalah bentuk energi ketika suatu materi berpindah atau bergerak. ketika ada anak-anak yang sedang bermain perosotan ( luncur-luncuran ) maka anak -anak diarea ini memiliki banyak energi potensial pada saat berada didasar perosotan (seluncuran). Energi Kinetik akan berubah atau diubah menjadi energi potensial ( energi tersimpan) ketika anak-anak tersebut menaiki perosotan tersebut. Energi Potensial diubah menjadi Energi Kinetik selama anak tersebut meluncur turun kebawah dari perosotan.

c. Energi Kimia
Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan
Energi Kimia

Salah satu bentuk energi lainnya ialah energi kimia. Energi Kimia adalah energi yang terkandung dalam suatu zat. misalnya, makanan memiliki energi kimia, sehingga orang yang makan akan memiliki energi untuk beraktivitas. contoh energi kimia lainnya adalah bensin yang mengandung energi kimia, sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan mesin.

d. Energi Listrik

Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan
Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik. Energi ini paling banyak digunakan karena mudah diubah menjadi energi lainnya. Setiap materi yang berpindah atau bergerak memiliki bentuk energi yang disebut dengan energi kinetik atau energi gerak. Objek bergerak melakukan kerja dengan cara menggerakkan benda lain. contohnya pada pemain biliar yang menggerakkan tongkat biliar untuk mendorong bola biliar, selanjudnya bola yang bergerak akan menggerakkan bola-bola yang lain. contoh lain ialah air yang mengalir melalui suatu bendungan akan menggerakkan turbin.

Demikian penjelasan singkat tersebut diatas, dan mohon bantu share artikel ini. terimakasih dan sukses selalu menyertai hari-hari anda.
Sumber : KEMENDIKBUD  

Advertisement 2

Pengertian Energi, Sumber dan Bentuk-Bentuk Energi Dalam Sistem Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih