Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

October 12, 2017

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor


Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang  Dampak/Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud pada Benda, berikut adalah pembahasan tentang pengertian serta jenis - jenis perpindahan kalor itu sendiri dan berikut ulasannya :

1. Pengertian Kalor

Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah jika kedua benda saling bersentuhan. Suhu menyatakan tingkat panas benda. Benda memiliki tingkat panas tertentu karena di dalam benda terkandung energi panas. Apakah satuan dari kalor? Sebagai bentuk energi, dalam SI kalor mempunyai satuan  joule (J). Satuan kalor yang populer ( sering digunakan pada bidang gizi ) adalah kalori atau kilokalori.

Satu kalori adalah jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air hingga naik 1 ͦ C. Satu kalori sama dengan 4,184 J, sering dibulatkan menjadi 4,2 J.

Tubuh kita mengubah makanan menjadi energi kalor ( panas ). Energi panas yang disediakan oleh makanan diukur dalam kilokalori, sering kali disingkat kkal atau kal ( dengan K huruf Kapital ). satu Kal makanan sama dengan 1000 Kalori. kita menggunakan kilokalori untuk makanan karena kalori terlalu kecil untuk digunakan untuk mengukur energi pada makanan yang dimakan ( agar bilangan yang dikomunikasikan tidak terlalu besar ).

Zat gizi pada makanan mengandung energi kimia yang dapat diubah menjadi energi panas atau energi dalam bentuk yang lain. Sebagian energi ini digunakan untuk mempertahankan suhu tubuh. Saat kita kedinginan, maka tubuh kita akan menggigil untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga suhu tubuhb tetap terjaga pada suhu yang optimal.
2. Jenis-Jenis Kalor dan Perpindahannya

Kalor berpindah dari benda yang satu kepada benda yang lainnya melalui tiga cara yaitu dengan cara Konduksi, Konveksi dan Radiasi. berikut ulasannya :

A. Konduksi

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor
Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor

Ketika setrika yang telah dipanaskan bersentuhan dengan kain yang akan disetrika maka kalor akan berpindah dari dari setrika ke kain tersebut dan perpindahan kalor yang semacam ini disrbut dengan Konduksi. Perhatikan gambar berikut ini.

Konduksi Merupakan perpindahan panas melalui bahan tanpa disertai dengan perpindahan pertikel-pertikel bahan itu sendiri.

Benda yang jenisnya berbeda memiliki kemampuan mengantarkan panas secara konduksi (konduktivitas) yang berbeda pula. Bahan yang mampu mengantarkan panas  dengan baik disebut dengan Konduktor dan bahan yang mengantarkan panas panas dengan buruk disebut dengan Isolator. Berikut adalah beberapa contoh bahan pengantar panas yang baik dan yang buruk ( Konduktor dan Isolator ).

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor
Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor

B. Konveksi

Air merupakan konduktor yang buruk . Namun, ketika air bagian bawah dipanaskan ternyata air yang berada dibagian atas juga ikut panas dan hal itu membuktikan bahwa ada cara perpindahan panas yang lain dari air tersebut, yaitu Konveksi.

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor
Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor

Saat air bagian bawah pada suatu wadah mendapatkan kalor dari panas, Partikel air memuai sehingga menjadi lebih ringan dan bergerak naik dan digantikan dengan pertikel air yang dingin dari bagian atas. dengan cara inilah panas air bagian bawah berpindah bersama aliran air menuju bagian atas dan proses inilah yang disebut dengan konveksi. Pola aliran air membentuk arus Konveksi.

Konveksi adalah Perpindahan kalor dari satu tempat ke tempat yang lain bersama dengan gerak partikel -pertikel bendanya. Berikut beberapa contoh Konveksi dilihat dari kehidupan sehari-hari :

  • Siang hari  daratan lebih cepat panas daripada lautan ( kalor jenisnya kecil), udara diatas daratan ikut panas dan bergerak naik, digantikan oleh udara dari laut. dengan demikian terjadilah angin laut.
  • Malam hari daratan lebih cepat dingin  daripada lautan, udara diatas lautan lebih hangat dan bergerak naik, digantikan oleh udara dari daratan. Dengan demikian terjadilah yang namanya angin darat.
C. Radiasi

Saat kita berjalan ditengah hari yang cerah maka kita akan merasakan panasnya matahari pada wajah kita. Bagaimana kalor dari matahari dapat sampai kewajah kita? bagaimana matahari dapat melalui jarak berjuta kilometer dan melewati ruang hampa? dalam ruang hampa tidak ada materi yang memindahkan kalor secara konduksi dan konveksi. Jadi, bisa dikatakan bahwa perpindahan kalor dari matahari sampai ke bumi dengan cara yang lain. cara tersebut disebut dengan Radiasi. Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa memerlukan medium.

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor
Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor

Udara merupakan konduktor yang buruk. kita juga bisa merasakan akibat radiasi kalor saat kita menghadapkan tangan kita kesamping api unggun.  Setiap benda dapat memancarkan dan menyerap radiasi kalor, yang besarnya bergantung pada suhu benda dan warna benda. Perhatikan benda-benda yang diletakkan diruangan bersuhu 30 ͦ C. Besar kalor yang dipancarkan atau diserap pada benda ditunjukkan oleh banyaknya anak panah.

Makin panas benda dibandingkan dengan panas lingkungan sekitar, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya. Dan makin luas permukaan benda panas, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya.

Makin rendah Suhu benda, makin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya. Dan makin luas permukaan benda dingin, makin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya.

Makin gelap warna benda yang terasa panas, makin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungan. Dan makin gelap benda yang terasa dingin, makin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya.

Demikianlah penjelasan diatas, sukses selalu untuk anda dan terimakasih atas waktunya. Mohon bantu share artikel ini. terimakasih.
Sumber : KEMENDIKBUD  

Advertisement 2

Pengertian Kalor dan Jenis - Jenis Perpindahan Kalor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih