Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

26 Maret 2018

Macam - Macam Bentuk dan Jenis Perubahan Energi

Macam - Macam Bentuk dan Jenis Perubahan Energi  


Pembelajaranmu.com. Sahabat pendidikan dimanapun berada, semoga aktifitas kita selalu berjalan dengan lancar dan tetap semangat menjalankannya, berikut ini kita akan mengupas dan mengulas tuntas tentang Energi yang berupa bentuk perubahan energi serta contoh perubahannya yang diharapkan dapat bermanfaat untuk kita sekalian dan berikut ulasannya !

Perubahan Energi bisa juga atau dapat pula kita sebut dengan Konversi Energi. Energi yang hadir didalam kehidupan kita sehari-hari menjelma kedalam berbagai bentuk, mulai dari energi kimia, potensial, listrik, kinetik dan yang lainnya. Energi tersebut diatas dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya.


Jenis-Jenis Perubahan Energi dan Contoh Perubahan Energi
Jenis-Jenis Perubahan Energi dan Contoh Perubahan Energi

Konversi energi ini sangatlah beragam, seperti energi listrik berubah menjadi energi cahaya yang terdapat pada lampu listrik atau energi kimia yang berubahmenjadi energi listrik yang terdapat pada baterai. dan kedua benda tersebut yakni baterai dan lampu listrik yang menjadi media perubahan disebut dengan Konverter energi, yaitu alat atau benda yang mengkonversikan energi.

Salah satu contoh lain dari konversi energi adalah pada zaman dahulu, kincir angin digunakan untuk menggiling gandum serta memompa air namun pada saat ini kincir angin tersebut digunakan pula untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik yang dapat mengeluarkan energi sebesar 30 kilojoule (kj).

Lalu, bagaimanakah contoh perubahan energi yang lainnya ? Berikut ini Ulasanya !

1. Perubahan Energi Potensial

Disaat kalian memperhatikan suatu benda jatuh atau bauh-buahan yang jatuh dari pohonnya, Sebelum buah tersebut jatuh, buah tersebut menyimpan energi potensial dan ketika buah tersebut jatuh ke tanah maka energi potensial tersebut diubah menjadi energi gerak atau energi kinetik. Selanjudnya ketika menyentuh permukaan tanah, benturan atau tumbukan buah terhadap tanah dapat menghasilkan energi bunyi. jadi pada contoh buah yang jatuh diatas, terjadi dua macam perubahan energi yaitu perubahan energi potensial menjadi energi gerak dan energi bunyi.

2. Perubahan Energi Kimia 

Pada saat anda membeli suatu mainan dan mainan tersebut dapat berjalan dengan sendirinya tanpa disentuh makan muncul pertanyaan bahwa energi apakah yang terdapat didalam mainan tersebut sehingga  mainan tersebut dapat bergerak dengan sendirinya. Contoh hal ini misalnya mainan mobil-mobilan, didalam mobil-mobilan tersebut terdapat suatu baterai yang kemudian ketika mobil-mobilan tersebut dinyalakan maka pada saat itu pula energi kimia yang terdapat didalm baterai mobil-mobilan tersebut diubah atau dikonversikan menjadi energi listrik yang kemudian diubah lagi menjadi energi gerak.

3. Perubahan Energi Kinetik

Semua tentu tahu bahkan punya atau memiliki sepeda dirumahnya, siapa yang tidak kenal dengan benda atau kendaraan ini, selain dari menyehatkan kita, sepeda juga merupakan salah satu alat transportasi yang praktis untuk digunakan bersantai terutama untuk tujuan kesehatan tubuh setiap hari, nah... dizaman dulu bahkan hingga saat ini ada sepeda yang dinamakan sepeda ontel yang di roda depan sepeda tersebut terdapat sebuah dinamo, pada saat sepeda tersebut dikayuh, ban sepeda tersebut mengalami yang namanya pergerakan. Pergerakan ban tersebut akan memutar dinamo yang ada pada roda depan sepeda. Kemudian dinamo memberikan energi pada lampu yang terletak didepan sepeda agar dapat menyala. Nah... pada proses ini terjadi perubahan energi gerak menjadi energi listrik yang kemudian diubah lagi menjadi cahaya.

4. Perubahan Energi Listrik 

Dalam kehidupan sehari-hari, listrik memiliki peranan yang sangat besar dan manfaat yang sangat besar pula. 24 jam nonstop energi listrik digunakan di seluruh antero dunia. mulai dari tidur hingga bangun kembali, energi listrik terus digunakan tak henti-hentinya. Energi listrik yang digunakan bisa berupa atau berwujud dalam bentuk cahaya, kimia, gerak, panas, dan bunyi.

Banyak hal yang menjadi contoh penerapan energi listrik didalam kehidupan sehari-hari seperti ketika kita menyalakan lampu maka ampu akan memberikan cahaya agar kita dapat melihat sekitar kita, dalam hal ini energi listrik diubah atau dikonversi menjadi energi cahaya. Contoh lainnya seperti setrika pakaian yang kita gunakan untuk merapikan pakaian yang kusut dan dalam kasus ini, energi listrik diubah menjadi energi panas atau kalor.

5. Perubahna Energi Nuklir

Bom atom merupakan senjata pembunuh massal yang terbuat atau berasal dari energi nuklir. Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi inti dari bahan radioaktif. Jenis dari energi nuklir ada dua jenis yaitu Energi nuklir Fusi dan dan energi nuklir Fisi.

- Energi nuklir Fusi yaitu energi yang diperoleh gabungan dua inti atau lebih, misalnya energi yang terkandung pada matahari. Sedangkan energi nuklir fisi yaitu energi yang diperoleh dari hasil pembelahan inti atom, misalnya bom atom. Pada saat bom atom tersebut diledakkan, saat itulah terjadi perubahan energi. Perubahan energi nuklir manjadi energi panas dan energi bunyi yang sangat besar dentumannya dapat menghancurkan dan menciptakan kerusakan yang sangat besar terhadap lingkungan sekitarnya.

6. Hukum Kekekalan Energi

Pada malan hari tiba, kita dapat melihat disekeliling kita dikarenakan adanya energi listrik. Energi listrik diubah menjadi energi cahaya. Persoalannya adalah, dapatkah lampu penerang tersebut menyala jika tanpa pasokan energi listrik tersebut ? jika terjadi keterbatasan bahan bakar ( energi kimia ) atau energi listrik yang tersedia. Apakah kita sebagai manusia dapat menciptakan energi ?

Pertanyaan ini menunjukkan suatu keterbatasan yang terjadi pada manusia yaitu keterbatasan bahwa manusia tidak dapat menciptakan energi. Hal yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengubahnya menjadi bentuk yang lain.

Kenyataan inilah disebut dengan hukum kekekalan energi yang berarti Energi tidak dapat diciptakan serta tidak dapat pula dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya saja.

Sekian penjelasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan selamat belajar. Terimakasih.

Sumber Referensi :
Judul : Menguak Keajaiban Energi
Penulis : Ari Wahyu Aryandi
Penerbit : Sarana Panca Karya Nusa 2009.      

Advertisement by Google 2

Macam - Macam Bentuk dan Jenis Perubahan Energi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar