Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

28 Maret 2018

Macam - Macam Sumber Energi, Pengertian serta Manfaatnya

Macam - Macam Sumber Energi, Pengertian serta Manfaatnya


Pembelajaranmu.com. Setelah sebelumnya kita mempelajari Bentuk-Bentuk Energi dan Perubahan Energi, kali ini kita kembali akan membahas mengenai Macam-Macam Sumber Energi lengkap dengan Pengertian dan Manfaatnya yang ulasannya adalah sebaai berikut !

Sebelumnya kita telah mengetahui tentang bentuk energi, jenis perubahan energi atau disebut juga dengan Konversi energi mulai dari energi kinetik, cahaya, bunyi, energi potensial, listrik,  serta enegi nuklir. Tibul suatu pertanyaan bahwa dari manakah bentuk energi tersebut ? Secara garis besarnya, Sumber energi terbagi atas dua jenis yaitu Sumber Energi Alam dan Sumber Energi Buatan.

1. Sumber Energi Alam dan Sumber energi Buatan


Macam - Macam Sumber Energi, Pengertian serta Manfaatnya
Macam - Macam Sumber Energi, Pengertian serta Manfaatnya

- Sumber energi alam adalah sumber energi yang terdapat di alam. Sperti Angin, Gelombang laut, Panas bumi, Minyak bumi, Batu bara, Matahari serta biomassa dan,

- Sumber Energi Buatan adalah Sumber energi yang dibuat dengan sengaja oleh manusia seperti akumulator ( AKI ) atau Baterai.

a. Akumulator ( Aki ).

Aki atau akumulator yang sering digunakan pada saat salah satunya adalah aki timbal. Komponen aki ini terdiri dari dua plat logam yang masing-masing dihubungkan dengan salah satu katup. Katup positif berupa logam timbal dioksida yang memiliki pori dan katup negatif berupa logam berpori yang masing masing katup tersebut disusun bersisipan dan keduanya dicelupkan masuk kedalam tabung aki yang beisikan larutan asam sulfat yang encer. Diantara katup tersebut disekat dengan menggunakan isolator, yaitu bahan yang tidak menghantarkan listrik.

b. Baterai.       

Baterai merupakan alat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik yang tersusun atas dua buah logam yang berbeda yang diberi nama elektroda. Kedua elektroda tersebut dipisahkan oleh bahan kimia yang berbentuk pasta disebut dengan elektrolit. zat kimia tersebutlah yang bereaksi secafa kimia sehingga dapat menghasilkan energi listrik.

Perbedaan dari dua sember energi ini adalah , Baterai tidak dapat didaur ulang untuk digunakan kembali sedangakan akumulator atau aki dapat didaur ulang dan digunakan kembali.

Dari penggunaannya, sumber energi dibagi menjadi dua yaitu Sumber Energi Primer dan Sumber Energi Sekunder.

a. Sumber Energi Primer

Sumber Energi Primer adalah sumber energi yang langsung digunakan sesuai bentuk aslinya seperti batu bara, minyak bumi serta gas alam.

b. Sumber energi Sekunder

Sumber energi Sekunder adalah sumber energi yang tidak digunakan langsung sesuai dengan bentuk aslinya seperti energi listrik, salah satu contoh lainnya adalah Generator penghasil tenaga listrik. 

Jika dilihat dari kelimpahan alam maka sumber energi terbagi menjadi dua bagian yaitu sumber energi terbarui dan tak terbarui.

a. Sumber Energi Terbarui.

- Sumber Energi Terbarui adalah sumber energi yang persediannya melimpah, seperti angin, air dan surya ( Matahari ).

- Sumber Energi Tak Terbarui adalah sumber energi yang persediannya terbatas yang artinya dapat habis sewaktu-waktu seperti minyak bumi dan gas alam.

2. Sumber Energi Fosil

Energi Fosil adalah energi yang berasal dari alam yakni bangkai-bangkai mahluk hidup yang tertimbun sejak jutaan tahun yang lalu dan sudah memfosil seperti batu bara yang berasal dari bangkai tumbuh-tumbuhan dan minyak bumi yang berasal dari bangkai hewan.

3. Pembangkit listrik

Kebutuhan akan listrik yang semakin besar membuat manusia mencari berbagai macam cara atau suatu alat untuk menghasilkan energi listrik dan pada akhirnya muncullah berbagai macam pembangkit listrik yang menjadi sumber dari energi listrik. Energi listrik jika ditinjau dari sumbernya dapat dibagi menjadi empat macam yaitu PLTA, PLTU, PLTPB dan PLTN.

a. Pembengkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi potensial yang miliki oleh air yang diubah menajdi energi kinetik untuk menggerakkan turbin dan turbin mengkonversi energi kinetik menjadi energi listrik. Contohnya pada pemanfaatan air terjun yang dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin.

b. Pembengkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTU)

Merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panas yang berasal dari gas dan uap yang dikonversi menjadi energi listrik. Pada dasarnya PLTGU adalah gabungna dari PLTG dan PLTU yaitu dengan memanfaatkan energi panas dan uap dari buangan hasil pembakaran pada PLTG untuk memanaskan air sehingga menjadi uap jenuh kering. Uap jenuh kering ini kemudian dimanfatkan untuk memutar baling-baling turbin uap untuk menghasilkan energi listrik.

c. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Merupakan Pembengkit listrik yang bersumber dari panas bumi (Geothermal) untuk menggerakkan turbin. Hal tersebut dilakukan dengan cara menggali lubang di tanah yang berada pada lokasi yang memiliki potensi panas bumi yang besar yang kemudian dimanfaatkan untuk menggerakkan Katel Uap dan uap yang dihasilan dimanfaatkan lagi untuk menggerakkan turbin uap yang terhubung ke generator sehingga menghasilkan listrik.

d. Pembengkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Nuklir memiliki molekul molekul kecil yang disebut dengan atom yang kemudian dibelah untuk menghasilkan energi yang sangat luar biasa besarnya. Sakin besarnya, energi ini dapat mendidihkan air dan menghasilkan uap dan uap tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang kemudian menghasilkan energi listrik. Yang paling mengerikan ketika atom dibuat menjadi sebuah senjata maka akan dapat menjadi senjata pembunuh massal yang bisa menghilangkan beribu nyawa dalam hitungan menit.   

Sebagai kesimpulan kecil bahwa alam telah menyediakan berbagai sumber daya energi yang siap untuk digunakan untuk keperluan manusia, tinggal kita yang harus pintar-pintar memanfatkannya dan tetap bijak dalam pengunaannya agar tidak menguntungkan untuk satu pihak danmerugikan untuk pihak lainnya. Energi yang memiliki banyak jenis dan bentuk mulai dari yang buatan hingga yang alami dan bersifat kekal atau tidak dapat dibuat menyimpan beribu manfaat untuk kita gunakan hari ini hingga dikemudian hari, namun pemanfaatannya haruslah dengan cara yang benar agar semua dapat menikmati manfaat tersebut dan jangan dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang bersifat anarkis, teror, dan semacamnya yang merugikan. 

Demikian ulasan diatas semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber Referensi :
Buku : Menguak Keajaiban Energi
Penerbit: Sarana Panca Karya Nusa
Penulis : Ari Wahyu Aryandi

  







Advertisement 2

Macam - Macam Sumber Energi, Pengertian serta Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar