Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Energi, Tujuan dan Macam - Macam Bentuk Energi

Pengertian Energi, Tujuan dan Macam - Macam Bentuk Energi


Setiap mahluk hidup memerlukan energi. Segala sesuatu yang kita lakukan pasti membutuhkan energi. Pertanyaannya adalah .. Apakah itu energi ?

Pengertian dan Bentuk - Bentuk Energi
Pengertian dan Bentuk - Bentuk Energi 

1. Pengertian Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan Kerja atau Usaha. 

Dari pengertian tersebut diatas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa orang ( Manusia ), benda, sistem atau apapun jenisnya yang dapat melakukan usaha pasti memiliki energi. 

Satuan dalam energi disebut atau dikenal dengan istilah (Joule). Didalam Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ), besaran energi dihitung dengan menggunakan istilah tersebut (joule). Segala aktifitas yang kita lakukan pasti membutuhkan energi. Sebagai contoh, untuk tidur pada malam hari saja kita memerlukan energi sebesar 4000 joule dan untuk menghitung energi ini digunakan satuan energi yang lebih besar, yaitu Kilojoule (KJ) dan Megajoule (MJ). 

- 1 Kilojoule (KJ) = 1.000 joule
- 1 Megajoule (MJ) = 1.000.000 joule.

Selain joule masih ada satuan lain yang digunakan untuk menyatakan besarnya suatu energi yaitu (kal) atau disebut dengan kalori.

- 1 kal = 4,2 j
- 1 j = 0,24 kal

Satuan energi joule diambil dari nama seorang ilmuan fisika yang bersal dari Negara Inggris yang bernama James Prescot Joule. Hal tersebut bertujuan sebagai bentuk penghormatan tertinggi untuk jasanya dibidang fisika terutama pada bidang yang berkaitan dengan energi.

Apakah pengaruh energi dalam kehidupan kita sehari-hari ?

Pengaruh energi dalam kehidupan kita (manusia) sangat terasa dan sangat besar manfaatnya. contohnya : Energi listrik yang digunakan yang dapat menerangi rumah kita bahkan seluruh kota hingga ke desa-desa. Contoh lainnya seperti energi angin yang menggerakkan kincir angin dan selain itu juga terdapat satu energi yang secara tidak langsung bisa kita rasakan, namun sangat bermanfaat untuk kita yaitu energi Nuklir.

Energi merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan didalm kehidupan manusia ibarat daratan dan lautan dan oleh sebab itu pula maka pemerintah membuat suatu aturan tentang pemanfaatan atau pengelolaan energi.

Tujuan penggunaan energi adalah untuk memudahkan manusia melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ada pada kendaraan roda dua atau empat seperti mobil yang digunakan manusia sebagai alat transportasi. Mobil juga memerlukan energi agar supaya mobil tersebut dapat bergerak. Energi yang digunakan oleh kendaraan mobil ini berasal dari bensin atau bahan bakar fosil. Menurut sumbernya, Energi dibagi menjadi dua jenis yaitu sumber energi utama dan sumber energi alternatif. 


2. Bentuk-Bentuk Energi

Dalam kehidupan ini, manusia dikelilingi oleh energi dan hidup berdampingan dengan energi. Manusia melihat cahaya itu adalah energi, bunyi-bunyian itu juga bentuk dari energi dan energi juga dapat dirasakan manusia dalam bentuk panas. Berdasarakn hal tersebut, kita dapat mengerti bahwa energi dapat menunjukkan eksistensinya dalam berbagai bentuk, misalnya energi kimia, energi mekanik, energi panas, energi listrik, energi cahaya, energi bunyi dan energi nuklir.

Mari kita bahas satu- persatu jenis-jenis energi tersebut !

a. Energi Kimia

Energi kimia merupakan bentuk energi yang dihasilkan melalui proses kimia, contohnya adalah bahan makanan. Bahan makanan yang diproses menjadi makanan akan menghasilkan energi. Dari mana energi itu berasal ? Energi tersebut berasal dari bahan kimia yang terdapat didalam makanan. Proses pembuatan makanan yang melalui proses kimia harus melalui proses pembersihan dari zat-zat kimia.

b. Energi Mekanik

Dalam kehidupan kita, keadaan suatu benda dapat dibedakan menjadi dua keadaan, yaitu keadaan diam dan keadaan bergerak. Diamnya suatu benda bukan mengartikan bahwa benda tersebut tidak memiliki suatu energi, sebab benda yang diam tersebut mungkin saja memiliki kemampuan untuk bergerak. Dan adapun benda yang bergerak sudahlah pasti memiliki yang namanya energi. Energi yang dimiliki suatu benda karena gerakannya atau kemampuannya bergerak dari satu tempat ke tempat yang lainnya disebut dengan energi mekanik.

Energi mekanik dibagi menjadi dua bagian yaitu energi kinetik dan energi potensial.

c. Energi Kinetik

Energi dari suatu benda ketika benda tersebut bergerak disebut dengan energi kinetik. Angin merupakan contoh dari energi kinetik, dan cukup banyak dimanfaatkan didalam kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu contoh pemanfaatan energi kinetik angin adalah dengan bermain layang layang yang dapat bergerak ke angkasa karena adanya energi kinetik dari angin.

d. Energi Potensial

Kata potensial memiliki makna sebagai suatu kemampuan yang tersimpan. Jika kita kaitkan kata ini dengan energi potensial maka energi potensial dapat diartikan sebagai energi yang tersimpan yang sewaktu-waktu dapat digunakan jika kondisinya memungkinkan.

Jika kita mengangkat sebuah batu kemudian dilepaskan dari suatu ketinggian tertentu yang kemudian menimpa sebuah paku yang menancap, hal ini dapat mengakibatkan paku tersebut akan tertancap lebih dalam lagi. hal ini tidak akan terjadi jika batu tersebut hanya diam di tempatnya tanpa kita angkat keatas lalu dijatuhkan diatas paku tersebut. Hal ini juga berarti bahwa posisi batu sangatlah menentukan. Energi yang dimiliki oleh batu atau benda karena posisinya atau kedudukannya disebut energi potensial. Contoh lain tentang pemanfaatan energi potensial adalah pemanfaatan air terjun untuk menggerakkan turbin sehingga menghasilkan energi listrik.

d. Energi Panas ( Kalor )

Pada saat air dipanaskan diatas kompor maka timbul pertanyaan, Mengapa air itu berubah menjadi panas dan mendidih setelah sebelumnya air itu masih dingin. Peristiwa atau kejadian ini menunjukkan akan adanya sesuatu yang mengubah air dingin menjadi air panas. ada sesuatu yang keluar dari api dan masuk kedalam air dingin dan sesuatu itu adalah kalor yang dibawa oleh api tersebut. 

Kalor adalah suatu energi yang dipindahkan dari suatu benda kepada benda lainnya yang disebabkan karena adanya perbedaan suhu pada benda tersebut. Kalor dikenal juga dengan panas, begitu juga dalam penyebutannya. 


Pengertian dan Bentuk - Bentuk Energi
Pengertian dan Bentuk - Bentuk Energi 

e. Energi Listrik 

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan atau dtimbulkan oleh arus listrik. Contohnya, untuk menyalakan televisi (TV) maka yang menjadi sumber energi utamanya adalah energi listrik.Alat-alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik diantaranya adalah baterai, aki, dan generator listrik dan sekarang sudah dikembangkan kendaraan yang berbasis energi listrik di Negara-negara maju.

f. Energi Bunyi

Suara merupakan salah satu contoh dari energi bunyi, cantoh lainya yakni radio, musik dan lainnya yang menghasilkan bunyi-bunyian. benda-benda ini dapat disebut dengan sumber bunyi dan sumber bunyi inilah yang memiliki energi. Energi yang dimiliki bunyi adalah energi bunyi. Energi bunyi dapat merambat melalui udara, zat padat, dan zat cair tetapi tidak dapat merambat melalui ruang hampa udara.

Pada umunya bunyi-bunyian sampai pada indra pendengaran kita melalui perantara udara. Bunyi merambat di udara dalam bentuk gelombang yang merapat dan merenggang dari sumber bunyi ke segala arah.

g. Energi Cahaya

Pada saat suasana atau keadaan sedang gelap, apakah kita dapat melihat apa yang berada disekeliling kita ? tentu tidak kecuali dengan bantuan cahaya. Maka dari itu, cahaya bisa dikatakan adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita (manusia). Siang hari kita memperoleh cahaya dari sinar matahari dan yang menjadi persoalan ketika malam hari tiba, dimanakah kita memperoleh cahaya? 

Pertanyaan ini memiliki beragam jenis jawaban yang salah satunya adalah dari lampu. Lampu digunakan sebagai penerangan pada malam hari yang dimana lampu tersebut dapat menghasilkan cahaya karena memiliki energi. Energi yang dimiliki lampu tersebut adalah energi cahaya. Maka Energi cahaya adalah energi yang dimiliki oleh cahaya yang di temukan oleh Thomas Alfa Edison.

h. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yan dihasilkan oleh bahan-bahan radioaktif. Bahan radioaktif merupakan bahan yang berasal dari pembelahan inti Atom. Atom merupakan benda atau molekul-molekul yang sangat kecil yang menyusun benda-benda didunia.

Pada tahun 1959, Amerika ( US ) meluncurkan kapal dagang pertama yang menggunakan tenaga atau energi nuklir untuk dapat bergerak yang diberi nama dengan SAVANAH.

Contoh lain penggunaan nuklir adalah pada tragedi bom atom di hiroshima dan nagasaki di Jepang yang menewaskan ratusan ribu penduduk jepang dalam hitungan waktu yang sangat singkat. 


Demikian penjelasan singakat diatas semoga bermnafaat untuk anda sekalian, selamat belajar dan sukses selalau menyertai anda. Terimakasih.

Sumber,
Penulis : Ary Wahyu Aryandi
Penerbit : PT Sarana Karya Nusa Th 2009


  
  


   

Advertisement 2

Pengertian Energi, Tujuan dan Macam - Macam Bentuk Energi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih