Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Lingkungan Alam, Lingkungan Buatan, Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Lingkungan Alam, Lingkungan Buatan, Jenis dan Manfaatnya.


Setiap manusia mengenal yang namanya alam. Alam ini menyediakan apa yang dibutuhkan oleh setiap mahluk hidup yang tinggal didalamnya. Alam juga memiliki berbagai macam manfaat yang sekiranya kita semua sadari bahwa segala yang kita nikmati dikehidupan ini pada hakikatnya berasal dari Tuhan melalui Alam sebagai perantaranya.

Pengertian Lingkungan Alam, Lingkungan Buatan, Jenis dan Manfaatnya
Pengertian Lingkungan Alam, Lingkungan Buatan, Jenis dan Manfaatnya 

1 Pengertian Lingkungan Alam.

Lingkungan alam adalah lingkungan yang tercipta karena proses alam.  Mulai dari pegunungan, sungai, dan hutan adalah bentuk dari lingkungan alam. Manusia hidup dan berdapingan dengan lingkungan sekitarnya yang berasal dan terbentuk dari proses alam itu sendiri.

Alam tidak hanya menyediakan apa yang dibutuhkan mahluk hidup yang ada didalamnya namun juga dapat memberi dampak buruk atau bencana bagi penghuninya. Adapun kerusakan yang disebabkan oleh alam mulai dari kemarau, gempa bumi, kebakaran hutan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu tidak terjadi begitu saja malainkan semua bencana yang terjadi masih ada kaitannya dengan mahluk yang tinggal didalamnya terutama manusia. lalu apa hubungannya?

Salah satu contoh kecil penyebab terjadinya banjir dikota -kota besar ialah karena ulah manusia yang membuang sampah disembarang tempat terutama pada saluran air pembuangan atau sungai,  pencemaran air yang diakibatkan oleh limbah industri yang mengakibatkan air tidak layak konsumsi dan menimbulkan penyakit serta masih banyak lagi. 

2. Pengertian Lingkungan Buatan.

Lingkungan buatan adalah lingkungan yang terbentuk karena buatan manusia seperti persawahan, taman-taman, lapangan hijau dan lainnya. Pernahkah kalian berkunjung ketempat wisata alam di pedesaan? disana terdapat banyak pohon yang selain memberikan kesejukan dan keindahan, didalamnya juga menyimpan manfaat sebagai penyimpan cadangan air serta mencegah jadi terjadinya banjir. 

Air dari pegunungan mengalir ke hilir dan dimanfaatkan oleh petani untuk mengolah sawah dan ladang serta dimanfaatkan pula untuk dijadikan air minum atau air yang layak konsumsi oleh mahluk hidup. maka dari itu senantiasalah menjaga alam ini agar kebutuhan kita senantiasa terpenuhi dan jangan merusaknya.

Adapun contoh dari lingkungan alam adalah dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, pantai, teluk, tanjung,sungai, laut, dan danau. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lingkungan alam yaitu :
  • Dataran tinggi
Dataran tinggi banyak dimanfaatkan sebagai tempat peternakan dan perkebunan oleh manusia sebab kedua unsur tersebut saling berhubungan, tanaman membutuhkan pupuk alami yang berasal dari kotoran ternak dan ternak membutuhkan pakan atau makanan dari dataran tinggi seperti sisa sayuran, buah dan liannya seperti rumput gajah yang ditanam oleh penduduk yang tinggal di dataran tinggi. Selain itu juga dataran tinggi menyediakan tempat wisata serta udara yang sejuk bagi manusia.
  • Dataran rendah
Dataran rendah adalah bagian dari daratan yang datar dengan ketinggian antara 0- 200 meter diatas permukaan laut. Dataran rendah bermanfaat bagi kelangsungan mahluk hidup terutama manusia yang mengolahnya menjadi tempat tinggal dan sumber penghidupan seperti perumahan, perkantoran, industri dan lainnya. Dataran rendah juga banak dimanfaatkan terutama sebagai tempat beraktifitas sehari-hari.
  • Pegunungan.
Tidak jauh berbeda dengan dataran tinggi, gunung dimanfaatkan manusia sebagai tempat rekreasi untuk mencari udara segar serta pemandangan yang menyejukkan mata. Selain itu gunung menyediakan cadangan air untuk manusia sebab gunung memiliki banyak pohon yang besar dan rindang yang berfungsi sebagai penyimpanan cadangan air.
  • Pantai ( Laut )
Banyak dimanfaatkan manusia sebagai tempat mencari ikan bagi para nelayan, berwisata pantai, melakukan aktifitas industri seperti mengantar barang melalui jalur laut dari satu pulau ke pulau yang lain yan tidak dapat di lakukan dengan menggunakan pesawat terbang.
  • Sungai.
Sebagai sumber penghidupan bagi para petani untuk mengairi sawah dan ladangnya. Selain itu juga bermanfaat untuk aktifitas olah raga seperti arung jeram, memancing ikan dan lainnya. 

Dari semua penjelasan diatas maka sudah sepantasnyalah kita menjaga alam ini agar tetap memberi manfaat yang baik untuk setiap kehiduapn yang ada di bumi ini sebab jika alam ini tidak dapat lagi memberi manfaat akibat ulah kita sendiri sebagai manusia maka apa yang akan terjadi.

Jangan sembarang membuang sampah disungai, pantai, dan jangan menebang pohon sembarangan sebab kita semua tau apa yang akan terjadi jika alam mulai rentang akan bencana yang kesemuanya itu berawal dari ulah manusia itu sendiri atau mahluk yang hidup didalamnya. 

Bagitu juga dengan lingkungan buatan. Kita harus bijak dalam melakukannya agar tidak berimbas pada lingkungan alam itu sendiri seperti menebang pohon secara berlebihan dan mengubahnya menjadi lahan lingkungan buatan yang sifatnya menguntungkan bagi manusia namun merugikan bagi alam dan imbasnya juga akan kembali kepada mahluk hidup didalamnya.

Demikian penjelasan diatas semoga bermanfaat dan terimakasih. 


Advertisement 2

Pengertian Lingkungan Alam, Lingkungan Buatan, Jenis dan Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih