Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

24 Maret 2018

Jenis- Jenis Sel dan Jaringan Pada Tubuh Manusia

Jenis- Jenis Sel dan Jaringan Pada Tubuh Manusia

Pernakah kalian mendengar atau mengamati sel pada tubuh manusia, hewan atau tubuhan yang tidak lain adalah sekumpulan mahluk hidup yang terdiri atau terbentuk dari dan berawal dari suatu sel? Berikut ini kita akan membahas tentang sel dan jaringan pada tubuh manusia yang ulasannya adalah sebagai berikut!

Sel dan Jaringan Tubuh Pada Manusia
Sel dan Jaringan Tubuh Pada Manusia

1. Susunan Tubuh Manusia

Pembelajaranmu.com. Manusia memiliki tubuh yang terorganisasi dengan baik berdasarkan urutan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Mulai dari molekul-molekul sederhana pada jaringannya hingga pada tubuh itu sendiri. Molekul seperti lemak, asam nukleat, karbohidrat, protein membentuk penyusun sel yang berperan dalam reaksi-reaksi kimia atau disebut dengan metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh manusia berinteraksi membentuk suatu sel ( unit terkecil mahluk hidup ) yang membentuk suatu jaringan pada tubuh manusia dan jaringan inilah yang selanjudnya akan membentuk struktur yang dinamakan dengan organ tubuh.

Setiap sel akan membentuk sel-sel saraf, kemudian sel-sel saraf yagn terbentuk akan membentuk suatu jaringan yang disebut dengan jaringan saraf. Setelah proses pembentukan saraf selesai maka kemudian akan terbentuk organ ( kumpulan jaringan saraf ), yaitu otak yang merupakan hasil kumpulan dari jaringan saraf. Otak inilah yang menjadi pengatur atau yang mengatur semua fungsi tubuh yang akan membentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem saraf.

2. Sel dan Jaringan Tubuh Manusia

Pada tubuh kita ( Manusia ) terdapat sel -sel hidup yang memiliki jumlah yang sangat banyak dan bahkan tak dapat dihitung . didalam sel terdapat sebuah inti sel dan dibungkus oleh selaput yang disebut dengan ( Membran Sel ) di luarnya. Intinya merupakan pusat dari suatu sel dan sel itulah yang menentukan sifat dan mengarahkan kerja sel tubuh, sedangkan selaput sel adalah kulit sel yang memliki pori sangat tipis. Melalu pori-pori inilah  zat asam dan makan masuk kedalam sel serta mengeluarkan sisa-sisa pembakaran pada tubuh manusia.

Sel tersebut kemudian berkumpul membentuk suatu jaringan dan dari hasil kumpulan tersebut maka akan terbentuk yang namanya organ. Jaringan pada tubuh manusia dibedaan menjadi 4 macam yaitu jaringan Epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

- Jaringa epitel adalah jaringan yang disusun oleh lapisan sel yang melapisi permukaan organ seperti permukaan kulit. jaringan ini berfungsi sebagai pelindung organ yang didalamnya atau yang dilapisinya,

- Jarigan ikat adalah jaringan yang memiliki fungsi untuk mengikat jaringan dan alat-alat tubuh masnuia seperti jaringan darah.

- Jaringan otot terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing sesuai tempat otot tersebut berada, seperti otot licin yang dapat kita temukan pada organ tubuh bagian dalam, otot lurik yang dapat di temukan pada rangka tubuh manusia, dan otot jantung yang terdapat pada jantung manusia.

- Jaringan saraf adalah jaringan yang mengatur fungsi otot atau aktifitas otot manusia, organ serta menerima dan meneruskan rangsangan 

Sel -sel tubuh pada manusia tersebar pada seluruh tubuh manusia, namun secara khusus sel-sel ini secara spesifik akan membentuk sebuah jaringan dan organ-organ didalam tubuh yang memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. 

Sekian penjelasan diatas semoga bermanfaat dan selamat belajar.
Sumber Referensi :

Judul Buku : Mengenal Tubuh Kita
Penulis : Yana Sutisna S.Si
Penerbit : Bandung: ANGKASA 2010. www.angkasagroup.co.id

Advertisement by Google 2

Jenis- Jenis Sel dan Jaringan Pada Tubuh Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar