Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

2 April 2018

11 Contoh Energi Alternatif Di Bumi dan Pengertiannya.

11 Contoh Energi Alternatif Di Bumi dan Pengertiannya.


Pembelajaranmu.com. Pada zaman sekarang ini, Manusia sangat bergantung terhadap minyak bumi yang sewaktu-waktu dapat habis. Meskipun ketika habis masih dapat kembali lagi menjadi ada untuk digunakan namum hal tersebut sangat membutuhkan waktu yang sangat lama yang tidak menutup kemungkinan hingga ribuan tahun lamanya dan untuk mencegah hal tersebut, manusia mulai mengembangkan berbagai macam bentuk benda atau rancangan yang dapat menghasilkan energi tanpa harus menggunakan minyak bumi sebagai media utamanya.

Energi Alternatif adalah energi pilihan untuk menggantikan energi yang sudah biasa digunakan saat ini yaitu minyak bumi. Beberapa contoh dari energi laternatif tersebut adalah batu bawa, gas alam, air, angin, gelobang, panas bumi, nuklir, biomassa, surya ( Matahari ), sampah dan bahan bakar.

11 Contoh Energi Alternatif Di Bumi dan Pengertiannya.
11 Contoh Energi Alternatif Di Bumi dan Pengertiannya.

Dari contoh diatas maka hal itulah yang menjadi jawaban dari kekhawatiran semua negara didunia yang berpendapat bahwa tidak lama lagi energi minyak bumi akan habis.

1. Batu Bara

Batu bara berasal dari fosil tumbuhan yang sudah lama mati dan memfosil selama ribuan tahun jauh dibawah tanah, Pada zaman dahulu, tumbuhan yang hidup didalam rawa terkubur dengan pasir, mineral serta bebeatuan selama jutaan tahun lamanya dan mengendap didalam bumi. Kerena panas dan tekanan yang berada didalam bumi sehingga terbentuk tumbuhan tersebut menjadi batu bara.

Batu bara digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti memasak. Dizaman dahulu, batu bara digunakan untuk menggerakkan lokomotif ( kerata api ) dan saat ini sudah jarang digunakan karena menghasilkan gas karbon dioksida yang berbahaya untuk lingkungan sekitar. 

2. Energi Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Sudah ratusan abad energi angin banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi laternatif. Pada zaman dulu sebelum manusia mengenal yang namanya motor listrik, Nelayan pada masa itu memanfaatkan energi angin untuk berlayar, 

Angin darat yang berhembus kelaut dimanfaatkan untuk melaut ( menuju tengah lautan ) dan angin laut yang berhembus kedarat dimanfaatkan untuk kembali ke daratan. Selain dari hal tersebut, Manusia juga menciptakan atau membuat kincir angin yang dimanfaatkan untuk mengguling hasil gabah dan memompa air dengan memanfaatkan hembusan angin yang memutar kincir angin. 

Sekarang manusia memang masih menggunakan energi angin namun bukan lagi semata-mata untuk memutar kincir melainkan untuk mengerakkan generator listrik yang memanfaatkan hembusan angin untuk memutar baling- baling dan baling baling bertujuan untuk memutar generator ( Turbin ). Dengan bergeraknya turbin tersebut, maka akan dhasilkan energi listrik.

3. Energi Air

Energi air dimanfaatkan juga untuk menghasilkan listrik. Tidak jauh berbeda dengan energi angin, energi air juga memanfaatkan turbin atau generator untuk menghasilkan energi listrik, yang berbeda hanyalah sumber energinya, energi yang memotar generator bukan lagi dari angin tetapi air yang memiliki energi potensial yang diubah menjadi energi gerak.

Energi potensial yang dimiliki oleh air, dibendung pada suatu tempat dan kemudian, air tersebut dijatuhkan atau disalurkan melalui pipa pesat untuk diarahkan ke sudut-sudut turbin air. Energi kinetik ( gerak ) dari air tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang berhubungan langsung dengan generator yang kemudian akan menghasilkan listrik.

4. Energi Biomassa

Energi biomassa adalah energi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan binatang. Sebagai contohnya, pohon tebu dapat diolah menjadi alkohol, alkohol tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Contoh lain dari biomassa adalah ubi kayu, gandum serta rumput laut yang juga dapat dioleh menjadi alkohol.

Selain dari sumber energi biomassa diatas, contih lain yang bersumber dari hewan adalah kotorannya yang dapat di kelola sedemikian mungkin untuk dijadikan gas ( Biogas ) sebagai pengganti gas alam dan termasuk pula kotoran manusia itu sendiri.

5. Energi Gelombang

Dunia ini yang dinominasi oleh laut yang ternyata menyimpan suatu energi yang dapat dimanfaatkan energinya. Energi gelombang yang tersimpan di laut di manfaatkan oleh para ahli untuk membuat pembangkit listrik tenaga gelombang, Prinsip kerjanya dengan memanfaatkan gelombang kecil lautan yang kemudian digunakan untuk memutar turbin yang terhubung langsung dengan generator listrik dan kemudian mengkonversikannya menjadi energi listrik.

Bukti bahwa gelombang menyimpan energi dapat dilihat pada karang- karang dilaut yang retak dan hancur akibat hantaman gelombang laut yang berarti gelombang tersebut menyimpan energi.

6. Energi Panas Bumi 

Bumi ini memiliki inti yang namanya inti bumi, inti bumi tersebut menghasilkan panas yang cukup luar biasa besarnya yang contohnya ada pada gunung berapi, saking besarnya, ketika gunung berapi meletus maka dapat menghancurkan apa saja yang dilewatinya.

Panas yang di keluarkan akibat dari aktifitas gunung berapi. Oleh sebab itu, disekitar gunung berapi terkadang kita sering melihat akan adanya hembusan gas atau air panas. berkilo-kilo meter didalam perut bumi terdapat batuan panas yagn memanaskan air yang ada disekitarnya yang pada akhirnya menghasilkan Uap.

Uap dari panas air inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan generator yang kemudian menghasilkan energi listrik dan agar supaya kapasitas sumber uap panas tidak berkurang, maka air dingin disuntikkan kembali kedalam tanah.

7. Energi Pasang Surut

Peristiwa pasang dan surutnya air laut terjadi akibat perbedaan posisi bulan terhadap bumi. Pasang air laut terjadi bila permukaan air laut naik dan sebaliknya surut terjadi bila permukaan air laut turun. Peristiwa naik turunnya permukaan air laut dimanfaatkan untuk mengerakkan turbin sebagai pembangkit listrik.

8. Energi Surya ( Matahari )

Sama-sama kita telah mengetahui bahwa matahari adalah sumber energi terbesar yang paling dibutuhkan seantero dunia, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan, tanpa matahari maka kehidupan di dunia ini akan berjalan tidak seperti yang kita rasakan saat ini. Secara tidak langsung matahari memiliki peran terhadap pertumbuhan manusia, tumbuhan dan hewan dan secara langsung, energi matahari dapat diubah menjadi energi kalor ( Panas ) melalui panel surya.

Selain itu juga, energi surya tersebut dapat diubah manjadi energi listrik melalui suatu komponen elektronik yaitu Sel Fotovoltaik. Komponen ini dapat ditemukan dibagian luar mobil listrik tenaga surya. yang memanfaatkan sinar matahari. Ketika sinar matahari menyinari sel fotovoltaik, maka energi matahari diubah menjadi energi listrik yang dapat menggerakkan mesin mobil.

9. Energi Sampah

Apakah bisa sampah dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu energi? jawabannya adalah iya... mengapa.. ? sebab tumpukan sampah jika dibakar akan manghasilkan panas yang dimana hal tersebut dapat dianfaatkan untuk memanaskan katel uap yang kemudian katel uap dimanfaatkan untuk memanaskan air. uap yang kelaur dari air digunakan untuk menggerakkan turbin yang terhubung dengan generator yang kemudian mengkonversikannya menjadi energi listrik.

10. Energi Sel Bahan Bakar ( Fuel Sel )

Sumber energi dari sel bahan bakar dapat digunakan pada produk dengan teknologi yang tinggi, seperti pesawat ulang alik dan stasiun luar angkasa. Prinsip kerjanya dengan menggunakan hidrogen dan oksigen. Dari penggabungan itulah energi akan tercipta.

11. Gas Alam

Gas alam atau yang biasa kita kenal dengan Elpiji merupakan bahan bakar fosil yang sama seperti batu bara. Dibandingkan dengan minyak bumi dan batu bara, gas lebih bersih dan lebih ramah terhadap lingkungan. Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak cadangan gas alamnya salah satunya ada di pulau kalimantan yang hasilnya di eksport keluar negeri dalam bentuk cairan atau LNG.

Demikian penjelasan diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya.

Sumber :
Penerbit : PT Sarana Panca Karya Nusa
Penulis : Ari Wahyu Aryandi  



Advertisement by Google 2

11 Contoh Energi Alternatif Di Bumi dan Pengertiannya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar