Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

11 April 2018

9 Manfaat serta Kandungan Buah Delima Untuk Penyakit Luar dan Dalam

Manfaat serta Kandungan Buah Delima Untuk Penyakit Luar dan Dalam   



Buah delima memiliki barbagai macam nama diberbagai wilayah di Indonesia seperti : Glima, Glimau Mekah, Dalimo, Gangsalam, Dalima, Jeliman, Talima Dila Dae Lok, Rumau Dilimane dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski dengan berbagai macam nama namun, buah delima tetap saja memiliki manfaat yang sama dimanapun berada.

Berasal dari Timur tengah, jenis tanaman ini menyukai jenis tanah yang gembur dan tidak terendam air. memiliki warna kulit yang beragam mulai dari hijau kekuningan, keunguan, putih, coklat kemerahan atau ungu kehitaman. Memiliki biji yang banyak dan berukuran kecil yang berbentuk bulat panjang yang bersegi-segi dan agak pipih, keras dan tersusun tidak beraturan, berwarna merah, kadang ada yang merah jambu bahkan putih. Buah ini terkenal ada beberapa macam yaitu delima putih, merah dan delima ungu.

Manfaat serta Kandungan Bauh Delima Untuk Penyakit Luar dan Dalam
Ilustrasi Manfaat serta Kandungan Bauh Delima Untuk Penyakit Luar dan Dalam   

1. Manfaat serta penyakit yang dapat diobati.

a. Penyakit

Penyakit yang dapat diobati oleh tanaman ini adalah 

- Pendarahan ( hemostatis )
- Peluruh cacing usus ( vermifuga )
- Anti diare  
- Anti virus
- Peluruh dahak
- Pencahar 
- Peluruh haid
- Peluruh kentut
- Pereda demam
- Antitoksit
- Melumas paru 
- Pereda batuk dan yang lainnya.

b. Pemanfaatan

Bagian - bagian yang dapat digunakan pada tanaman obat ini adalah kulitnya, kulit akar, kulit buah, daun, biji, serta bunganya. Catatan : kulit akarnya digunakan setelah dikeringkan dan kulit buahnya dapat digunakan segera atau setelah dikeringkan. 

A. Kulit buah

Kulit buahnya digunakan untuk menyembuhkan penyakit cacingan, BAB keluar darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, pendarahan seperti wasir, muntah darah, batuk darah, pendarahan pada rahim, pendarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri pada lambung.

B. Kulit akar dan kulit kayu 

Kulit akar dan kulit kayu digunakan untuk mengobati cacingan terutama pada penyakit cacing pita, batuk dan diare.

C. Bunga 

Bunganya digunakan untuk pengobatan penyakit radang gusi, pendarahan, dan bronkhitis.

D. Daging buah

Daging buah digunakan untuk menurunkan berat badan, cacingan, sariawan, tenggoroan sakit, suara parau,tekanan darah tinggi ( hipertensi ), kencing-kecing,rematik, dan perut kembung.

E. Biji buah 

Biji buah digunakan untuk menurunkan demam, batuk-batuk, keracunan serta cacingan.

2. Cara penggunaan

  • Untuk ramuan yang diminum, rebuslah kulit akar atau kulit kayu yang telah dikeringkan sebanyak 7 gram. Untuk kulit buah 10-15 gram. Buahnya dimakan langsung atau dibuat jus dan bisa juga dicampurkan dengan buah wortel saat dibuat jus.
  • Untuk pemakaian luar, rebuslah kulit buah atau kulit akarnya kemudian tunggu hingga dingin dan gunakan sebagai obat kumur untuk radang gusi, sakit tenggorokan, luka tersiram air panas, jamur air pada kaki dan keputihan dengan cara disemprotkan pada lubang V. Gunakan jus buah delima untuk pengobatan sariawan, radang gusi, gigi berlubang, dan sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang. 
3. Cara dan Contoh Pemakaiaan

a. Untuk penyembuhan penyakit cacingan

Dilakukan dengan cara mencuci akar delima yang telah dikeringkan  sebanyak 7 gram kemudian potong kecil-kecil.

Rebuslah dengan 1 gelas air selama 15 menit tunggu hingga dingin, saring  lalu minum semuanya. Rebus kulit delima yang telah kering dan serbuk biji pinang dengan berat masing-masing 15 gram dengan tiga gelas air putih hingga mendidih, dinginkan lalu saring dan minumlah sebelum sarapan.

Campurkan jus buah delima dengan jus wortel masing-masing 1 gelas, aduk hingga rata dan minumlah hingga habis.

Masukkan bubuk biji delima yang telah kering sebanyak satu sendok makan kedalam segelas jus nanas yang belum terlalu matang, aduk hingga rata kemudian minumlah pada saat perut anda masih dalam keadaan kosong.

b. Untuk mengobati radang gusi

Cucilah 7 kuntum bunga delima dengan menggunakan air bersih kemudian rebus dengan segelas air hingga mendidih, setelah mendidih tunggulah hingga dingin kemudian saring dan gunakan untuk berkumur. Lakukanlah dengan rutin hingga sembuh.

c. Untuk mengobati pendarahan

ambillah 20 gram bunga delima kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa seperduanya dan minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan masing-masing 3/4 gelas satu kali minum.

d. Untuk menyembuhkan luka

Gunakan minyak wijen sebagai bahan dasar dan campurkanlah dengan serbuk kulit buah delima atau bunga delima secukupnya, campurkan dan aduk hingga rata lalu gunakan sebagai obat oles pada bagian tubuh yang luka.

e. Untuk mengobati sariawan

Ambullah buah delima segar yang sudah matang, tumbuk biji buahnya hingga halus dan tambahkan satu gelas air bersih sembari diaduk hingga rata kemudian saring. gunakan air camupuran tersebut sebagai obat kumur lalu telan dan lakukan 2-3 kali dalam sehari hingga sembuh.

f. Untuk penyakit kencing-kencing

Ambillah isi buah delima berikut bijinya yang sudah matang beserta segenggam kucai kemudian potong - potong seperlunya. Rebuslah dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa separuhnya, dinginkan lalu saring dan minumlah air rebusan tersebut  2 kali sehari dengan takaran masing-masing 3/4 gelas sekali minum.

g. Untuk penyakit keputihan

 Rebuslah kulit delima yang sudah dikeringkan sebanyak 30 gram dan herba sambiloto 15 gram dengan satu liter air bersih, didihkan dan tunggu hingga airnya tersisa separuhnya, dinginkan dan saring lalu minumlah pada waktu pagi, siang dan malam hari. Gunakan juga untuk membersihkan mis V dan bagi wanita yang telah menikah dapat menggunakan alat tertentu untuk dimasukkan kelubang mis V lalu semprotkan kedalamnya.

h. Untuk batuk yang sudah berlangsung lama

Ambillah buah delima yang belum matang dan kunyalah dan buang bijinya, lakukan setiap malam sebelum tidur hingga sembuh.

i. Untuk mengobati suara yang serak atau tenggorokan kering

Ambillah buah delima yang segar, ambil isinya, kunyah dan buang bijinya. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari hingga sembuh.

4. Kandungan Buah delima.

Pada kulit buah delima terkandung alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat dan pati.

Kulit akarnya mengandung elligatanin dan senyawa alkaloid pelletierine, pseudopelletierine, metilpelletireine, isopeletierine, dan metilisopelletierine.

Pada daunya terkandung alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, sulfur dan peraksidase

Jus buah delima mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, Vitamin A,C, mineral ( kalsium, fosfor, zat besi, magnesium,natrium, dan kalium ) serta tanin.

Dari semua informasi diatas maka sudah sepatutnya kita mencoba tips ini dan semoga bermanfaat serta dapat menjadi obat elternatif untuk menyembuhkan keluhan penyakit anda. Demikianlah penjelasan singkat diatas dan terimakash atas waktu anda serta sehat selalu menyertai anda.

Sumber referensi :
Penulis : Budi Setyo Wicaksono
Penerbit : CV Karya Amndiri Nusantara  



Advertisement 2

9 Manfaat serta Kandungan Buah Delima Untuk Penyakit Luar dan Dalam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar