Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Manfaat Asam Jawa Untuk Penyembuhan Penyakit Luar Dalam

Manfaat Asam Jawa Untuk Penyembuhan Penyakit Luar Dalam 

Asam jawa.. ( Tamarindus Indica ) begitu nama latinnya. Semua tentu tau dengan buah dari pohon ini, berbentuk atau berjenis polong, memiliki batang pohon yang keras dan dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dengan daun kecil yang rindang. Memiliki bunga berwarna kuning dan buah polongnya berwarna coklat dengan ciri khas rasa masam yang didalamnya terdapat juga kulit yang membungkus daging buah dan juga biji yang berpariasi mulai dari 2 biji hingga 5 biji dengan warna hitam kecoklatan atau coklat kehitaman.

1. Manfaat Asam Jawa 

Berbagai macam jenis peyakit dapat di sembuhkan oleh tan aman yang satu ini, tidak salah jika salah satu menu masakan ibu-ibu rumah tangga di rumah pasti selalu menggunakan asam jawa.. selain dari sebagai penyedap rasa, juga memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh kita. selain dari untuk bahan masakan dan kesehatan, tanaman ini juga sangat membantu ekonomi masyarakat yang disekitar tumbuh tanaman ini sebab buah asam jawa sering di tampung dan di olah sedemikian rupa sebelum di jual ke pasar. Harganya memang kadang tak seberapa namun nilai manfaat yang diberikan itulah yang sangat luar biasa.

Manfaat Tanaman Obat Asam Jawa Untuk Penyakit Luar dan Dalam Serta Penggunaanya
Manfaat Tanaman Obat Asam Jawa Untuk Penyakit Luar dan Dalam Serta Penggunaanya

Adapun jenis penyakit yagn dapat diobati dengan asam jawa ini uraiannya adalah sebagai berikut :

- Dapat mengobati penyakit asma
- Penyakit Batuk
- Demam
- Reumatik
- Sakit Perut
- Morbili
- Alergi/Biduren
- Luka Baru
- Luka borok
- Sariawan
- Eksim
- Bisul - Bisul
- Luka Sengatan serangga dan binatang merayap dan 
- Rambut Rontok.
2. Cara Pemanfaatan buah Asam Jawa sesuai jenis penyakitnya adalah sebagai berikut :

1. Untuk Penyakit Asma

Cara mengatasinya yaitu dengan dua potong asam jawa dan adas pulawaras secukupnya di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu ssaring dan tunggu hingga dingin. Setelah itu diminum 2 kali sehari secara rutin hingga penyakit terasa membaik.

2. Untuk Penyakit Batuk Kering

Tiga potong buah asam jawa  dan 1/2 daun saga direbus dengan  gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air rebusan saja kemudian disaring. Selanjudnya tunggu hingga dingin dan diminum 2 kali sehari secara teratur hingga penyakit sembuh.

3. Untuk Penyakit Demam

Satu genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya direbus dengan 1/2 liter air hingga mendidih lalu saring. Tunggu hingga dingin dan minum 2 kali sehari dengan teratur hingga membaik.

4. Untuk Penyakit Panas

Dua potong buah asam jawa yang sudah matang dicampurkan dengan garam secukupnya kemudian disedu dengan 1 gelas air panas lalu saring. Minum 2 kali sehari secara teratur hingga membaik.
Catatan : Untuk ibu hamil tidak di anjurkan menggunakan resep ini.

5. Untuk Menyembuhkan Penyakit Reumatik

Satu genggam daun asam jawa dan 3 biji asam jawa di tumbuk hingga halus lalu gunakan sebagai obat kompres pada bagian yang terkena penyakit. lakukan secara rutin hingga kesehatan membaik.

6. Untuk Menyembuhkan Sakit Perut

3 polong buah asam jawa yang sudah matang atau masak di campur dengan kapur sirih dan juga minyak kayu putih secukupnya dan di aduk hingga merata kemudian gunakan sebagai obat gosok terutama pada bagian perut yang sakit. Lakukan secara teratur hingga sembuh.

7. Untuk Penyakit Morbili

2 Potong buah asam jawa yang sudah masak dan dua rimpang kunyit berukuran seperti ibu jari yang telah diparut dan dicampurkan dengan asam jawa hingga rata. Gunakan sebagai obat gosok  atau bedak bagi penderita morbili. Lakukan secara rutin hingga penyakit membaik.

8. Untuk Menyembuhkan Penyakit Sariawan

Caranya dengan 2 polong buah asam jawa dan 2 rimpang temulawak ditambahkan dengan 1 potong gula kelapa di rebus hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air rebusan saja, saring dan kemudian diminum 2 kali sehari hingga sariawannya sembuh.

9. Untuk Menyembuhkan Luka Baru

Ambillah daun asam jawa secukupnya kemudian haluskan dengan cara dikunyah untuk pertolongan pertama kemudian tempelkan pada luka yang diderita.

10. Untuk Penyembuhan Luka Borok

Ambillah beberapa Biji asam saja ( klungsu ) kemudian ditumbuklah hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami luka borok tersebut. Lakukan dengan rutin hingga luka mengering.

11. Untuk Menyembuhkan Eksim dan Bisul

Satu genggam daun asam jawa yang masih muda beserta 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari di tumbuk hingga halus. Setelah kedua bahan tersebut tercamour rata, tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami bisul atau eksim. Lakukan secara rutin 2 kali sehari hingga sembuh. 

12. Untuk Menyembuhkan Luka Sengatan atua Gigitan

Caranya dengan mengambil 5 biji asam jawa  dan minyak kayu putih secukupnya kemudian tumbuk halus biji asam jawa tersebut. Sebelum menggunakan obat ini cobalah untuk membersihkan terlebih dahulu luka yang bengkak dengan kain yang diberi minyak kayu putih, kemudian tempelkan atau taburi luka bengkak bekas sengatan atau gigitan tersebut dengan bubuk biji asam jawa yang telah dihaluskan tersebut. Lakukan dengan rutin hingga sembuh.


Perlu anda ketahui bahwa Buah polong asam jawa memiliki atau mempunyai atau mengandung senyawa kimia yang diataranya adalah 

- Asam Apel
- Asam Sitrat
- Asam Anggur
- Asam Tartrat
- Asam Suksinat
- Pectin dan 
- Gula Invert.

Buah asam jawa yang matang dipohonnya mengandung

- Kalori sebasar 239 Kal per 
- Protein sebesar 2,8 gram 
- Lemak 0,6 gram
- Hidrat Arang 62,5 gram
- Kalsium 74 miligram
- Fospor 113 miligram
- Zat Besi 0,6 gram
- Vitamin A 30 SI
- Vitamin B1 0,34 miligram
- Vitamin C 2 miligram dan

Kulit dari biji asam jawa memiliki kandungan Phlobatannin dan biji asam jawa memiliki kandungan Albuminoide dan patih.

Dari semua manfaat asam jawa yang telah dijelaskan diatas maka tentunya kita sudah dapat mengambil hikmah tidak ada ciptaan tuhan yang sia-sia dimuka bumi ini, semua dapat didayagunakan oleh kita hanya kita saja yang terkadang tidak tau apa manfaatnya dan cara menggunakannya. 

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian dan selamat mencoba semoga kesehatan anda senantiasa terjaga. Terimakasih.

Sumber Referensi :
Penulis : Budi Setyo Wicaksono
Penerbit : CV Karya Mandiri Nusantara Jakarta 2007 

   


Advertisement 2

Manfaat Asam Jawa Untuk Penyembuhan Penyakit Luar Dalam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih