Pengertian Manajemen dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Manajemen dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Apakah Manajemen Itu ?

Pada dasarnya sudah kita ketahui bersama bahwa manajemen memiliki defenisi atau pengertian yang umum dan sudah tersepakati sesuai dengan pandangan masing-masing, tidak lepas pula dari pendapat para ahli yang bergelut dibidang menejerial baik itu di dalam satuan perusahaan ataupun didalam satuan pendidkan. 

Setiap perusahaan maupun person atau bahkan suatu Negara sangat membutuhkan manajemen sebab tanpa manajemen yang baik dan terorganisasi maka suatu kesatuan yang tadinya utuh dapat menjadi terbelah disebabkan kerana system manajemen ( menejerial ) yang tidak baik. Mengapa demikian dan apakah defenisi manajemen itu sendiri ? Berikut ulasannya.

Didalam kamus Wikipedia mengatakan bahwa manajemen adalah seni penyelesaiaan atau menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain yang kutip dari defenisi Mary Parker Follet yang mengartikan bahwa pada kasus ini seorang manajer memiliki tugas mengatur serta mengarahkan orang lain demi mencapai suatu tujuan dalam suatu organisasi. Lalu  bagaimanakah pendapat para ahli yang lainnya ? Berikut ini ulasannya :

Pengertian Manajemen dan Fungsinya Menurut Para Ahli
Pengertian Manajemen dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Didalam dunia pendidikan, Menurut para ahli, Manajemen memiliki defenisi atau pengertian yang luas yang dimana didalamnya terdapat beberapa cabang manajemen termasuk manajemen keuangan, produksi, personalia serta pemasaran.  Defenisi manajemen itu sendiri pada tiap periodenya memiliki banyak perubahan yang menyebabkan perkembangan manajemen itu sendiri selalu melakukan penyesuaian dengan situasi serta kondisi yang ada seiring dengan perubahan atau pertumbuhan manajemen itu sendiri.

1. Defenisi/Pengertian Manajemen

a. Menurut Ricky W.Griffin 

Bahwa manajemen adalah sebuah atau suatu proses perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian serta pengontrolan sumber daya demi mencapai target secara efektif dan efisien dalam arti bahwa tujuan dapat tercapai sesuai dengan Planning ( perencanaan ) dan dilaksanakan dengan benar, terorganisir serta tepat waktu.

b. Menurut DRS.SP Siagian 

Didalam bukunya yang berjudul “ Filosofi Administrasi” menyatakan bahwa manajemen merupakan keterampilan dan atau kemampuan  seseorang untuk mendapatkan hasil tujuan pencapaian dalam order melalui pihak lain yang dimana intinya adalah bahwa manajemen merupakan suatu instrument pelaksanaan yang besar dari suatu administrasi.

c. Menurut Prof,Dr.H.Arifin Abdul Rachman 

Didalam bukunya yang berjudul ( Framework for management principles ) menyatakan bahwa manajemen adalah serangkaiaan Kegiatan/akatifitas serta proses yang terstruktur yang dilakukan oleh institute ataa person.

d. Menurut DRS.DIA.Rosyidi 

Dalam bukunya yang berjudul ( organisasi dan manajemen ) menyatakan bahwa manajemen merupakan proses aktifitas bisnis yang terkemuka serta arah organisasi tugas dalam pembuatan organisasi yang terkait dengan suatu tujuan.

e. Menurut James AF Stonner 

Menyatakan bahwa manajemen adalah suatu peruses perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan arah anggota organisasi bisnis dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dijadwalkan atau direncanakan secara berurutan untuk tujuan tertentu.

2. Fungsi dari Manajemen itu sendiri menurut para ahli adalah :

a. Menurut Koontz dan O.Donnel 

Bahwa fungsi dari manajemen adalah sebagai perencanaan, pengorganisasian, tenaga kerja, pengarahan atau mengarahkan serta pengontrolan atau pemantauaan.

b. Menurut Lhuter M. yagn diadaptasikan oleh Dr. Gulick. BN. Silalai 

Bahwa manajemen berfungsi sebagai  perencanaan, pengorganisasian, tenaga kerja, pengarahan atau mengarahkan, penyelarasan/koordinasi, pelaporan dan penganggaran.

c. Menurut George R.Terry 

Bahwa fungsi manajemen adalah sebagai perencenaan, pengorganisasian, aktuatif (setting in motion) dan control ( pengendalian ).

d. Menurut Herry Fayol

Bahwa fungsi manajemen adalah sebagai Komando ( instruktur ), koordinasi (koordinat ), monitoring (pengendalian) dan pengorganisasian.

3. Selain dari defenisi serta fungsi diatas masih ada pendapat lain yang mempersempit fungsi serta defenisi dari manajemen itu sendiri yang di antaranya adalah :

a. Menurut DRS. M.Manullang 

Bahwa manajemen adalah Seni serta ilmu perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pemantauan daripada sumber daya manusia dengan tujuan untuk mencapai apa yang telah ditentukan sebelumnya.

b. Menurut Prof. Oie Liang Lee

Bahwa manajemen adalah kaleborasi anatara ilmu dan seni yang mengkoordinasikan serta mengawasi kekuatan manusia dengan batuan property atau alat untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan.

Dari beberapa defenisi diatas maka tercipta sebuah kesimpulan kecil bahwa manajemen adalah wujud daripada sains dan seni manajemen yang disimpulkan sebagai suatu ilmu sebab didalmnya terkandung suatu pengetahuan serta dikatakan sebagai seni karena dalam sistem menejer, seorang menejerial dalam pengambilan keputusannya harus mampu menciptakan suasana atau keadaan yang harmonis serta partisipatif dengan penuh semangat agar tujan dapat tercapai dengan maksimal sesuai dengan perencanaan awal yang telah ditentukan.

Demikian, semoga bermanfaat dan trimakasih atas waktu anda.

Advertisement 2

Pengertian Manajemen dan Fungsinya Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment