Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

30 April 2018

Pengertian, Manfaat, Sifat dan Golongan Perdagangan Internasional

Pengertian, Manfaat dan Sifat Perdagangan Internasional 

Apakah yang dimahksud dengan perdagangan dan apa manfaat dari perdagangan itu sendiri ? Dari pertanyaan tersebut dapat kita jelaskan bahwa didalam ilmu pengetahuan tentang ekonomi, perdagangan memiliki lebih dari satu defenisi yang bisa kita dapatkan, apa lagi jika kita berbicara tentang para pakar ekonomi atau para ahli yang mendefinisikannya.

Bersumber dari beberapa referensi buku yang membahas tentang ekonomi yang meliputi ulasan tentang perdagangan internasional maka pembelajaranmu selaku penulis akan sedikit menjelaskan tentang pengertian serta manfaat dari perdagangan internasional sesuai judul atau tema yang diusung dan berikut ulasan singkatnya.

Pengertian dari perdagangan itu sendiri dapat bersifat khusus ataupun secara umum tergantung dari sector perdagangan apa yang menjadi topic pembahasannya. Jika di artikan secara umum maka pedagangan adalah suatu proses tukar menukar barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatan suatu keuntungan. Lalu apakah yang dimaksud dengan perdagangan Internasional ? Berikut ulasannya!

Pengertian Perdagangan dan Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Suatu Negara
Pengertian Perdagangan dan Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Suatu Negara
1. Pengertian Umum Tentang Perdagangan Internasional 

Perdagangan Internasional adalah merupakan bentuk interaksi antara suatu Negara dengan Negara yang lainnya yang berupa interaksi social yang bersifat jual beli barang atua jasa yang berdasarkan atas suatu kesepakatan bersama.  Perdaganan internasional dapat pula diartikan sebagai suatu bentuk atau proses tukar menukar suatu barang dan jasa atas dasar kesepakatan dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses tukar menukar barang tersebut.

Maka dari kedua penjelasan diatas, dapat kita beri kesimpulan bahwa perdagangan internasional adalah kegiatan jual dan beli berang yang melibatkan atau terjadi antara satu Negara dengan Negara yang lain yang berdasarkan pada suatu kesepakatan atau kebutuhan bersama.

Beberapa factor yang menjadi pemicu terjadinya perdagangan internasional atau antara Negara yang satu dengan Negara yang lainnya adalah tidak terpenuhinya  semua kebutuhan dikarenakan oleh factor keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu Negara. Tidak semua kebutuhan dapat diproduksi dengan sendiri untuk memenuhi kebutuhan dan mau atau tidak maka suatu Negara pasti membutuhkan barang dan jasa dari Negara lain untuk memenuhi kebutuhannya atau kebutuhan rakyatnya. Sumber daya yang dimaksud tersebut dapat berupa sumber daya manusia, keuangan atau modal, sumber daya alam dan sumber daya yang berupa kelebihan atau skil yang dimiliki suatu Negara namun tidak dimiliki oleh Negara lainnya.

Perdagangan melibatkan banyak kalangan atau golongan yang diantaranya adalah terdiri dari :
  • Pemerintah dengan pemerintah ( Negara dengan Negara lainnya )
  • Individu dengan individu lainnya
  • Pemerintah dengan individu  dan 
  • Individu dengan Negara lainnya
Maka dari factor keterlibatan yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa hal tersebut merupakan factor pemicu terjadi aksi jual beli atau tukar menukar barang, dengan demikian perdaganan internasional akan menghaslkan suatu interaksi yang bersifat pemenuhan kebutuhan berdasarkan kesepaktan yang antara lain :
  • Terjadinya kerja sama dalam bidang ekspor impor antara suatu Negara dengan Negara lainnya
  • Pengaruh ekspor impor terhadap tumbuh kembang naraca pembayaran internasional pada suatu Negara
  • Perluasan sector perekonomian yang melibatkan teknologi yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi suatu Negara
  • Pergerakan serta peningkatan sumber daya suatu Negara baik itu sumber daya manusia, alam serta modal usaha suatu Negara.
2. Manfaat Perdagangan Internasional

Banyak manfaat yang dapat diambil dari proses interaksi yang bersifat tukar menukar barang dan jasa dalam perdagangan internasional itu sendiri antara lain adalah :
  • Terciptanya lapangan kerja baru disuatu Negara.
  • Terpenuhinya kebutuhan Negara dan individu terhadap barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh suatu neagara.
  • Terciptanya peningkaan devisa Negara
  • Terciptanya alih teknologi dengan adanya perdagangan yaitu dengan mempelajari teknologi yang digunakan Negara lain untuk menciptakan suatu barang atau jasa yang tidak dapat diciptakan sendiri serta meningkatkan pengetahuan tentang teknologi itu sendiri.
  • Perluasan pasar yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi global suatu Negara yang memudahkan proses produksi suatu Negara sehingga menekan biaya produksi suatu Negara.
  • Terciptanya hubungan yang erat atau persahabatan yang baik antar suatu Negara.
  • Mempercepat tumbuh kembangnya perekonomian suatu Negara.
Selain dari beberapa hal tersebut jika dikaji secara umum,  dampak positif lainnya yang dapat terjadi dengan adanya perdagangan internasional tersebut diantaranya adalah , Perubahan kultur masyarakat suatu Negara dari miskin menjadi berkecukupan serta terciptanya kesinambungan ekonomi yang bersektor pada penghasilan Negara dan individu yang bermanfaat terhadap pengurangan kemiskinan suatu Negara.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kerja sama ekonomi antar suatu Negara tidak dapat dihelakkan sebab segala bentuk pemenuhan kebutuan suatu Negara tidak dapat terpenuhi tanpa adanya proses interaksi perdagangan internasional. Setiap Negara memiliki keterbatasan sumber daya baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia dan modal, oleh sebab itu diperlukan perluasan ekonomi dengan diciptakannya perdagangan antar Negara yang satu dan yang lainnya berdasarkan suatu kesepakatan kerjasama yang telah disepakati untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan suatu Negara demi mendapatkan keuntungan bersama.

Demikian penjelasan singkat diatas semoga bermanfaat dan terimakasih.

  

Advertisement by Google 2

Pengertian, Manfaat, Sifat dan Golongan Perdagangan Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar