Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

June 10, 2018

Pengertian, fungsi, Struktur dan Ciri Pada Teks Iklan

Pengertian, fungsi, Struktur dan Ciri  Pada Teks Iklan  


Salam sahabat pendidikan dimanapun berada, kali ini kita akan membahas mengenai Rangkuman Bahasa Indonesia Tentang Teks Iklan yang dimana sebelumnya kita telah mengulas tentang Teks Berita lengkap dengan penjelasannya dan untuk lebih lanjudnya, mari ktia simak ulasan berikut ini!

A. Tentang Iklan

Beberapa bentuk penyampaian informasi terdiri dari iklan, poster dan slogan dimana poster dan slogan termasuk dalam kategori iklan itu sendiri. Iklan dapat dibaca atau pula didengar yagn isinya berupa teks dan audio serta tidak dapat dibaca atau pula didengar yang berupa visual. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian iklan adalah :

  • Berita pesanan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan atau yagn diiklankan.
  • Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atua jasa yag dijual, dipasang didalam media massa seperti surat kabar, majalah, dan sebagainya atau tempat-tempat umum.
Media promosi yang cukup sangat efektif untuk memasarkan berbagai produk barang atau jasa kepada konsumen adalah iklan sebab iklan memiliki daya jangkau yang luas melalui media massa, baik itu pada media cetak maupun media elektronik. Iklan pada dasarnya memadukan dua unsur yaitu unsur bahasa atau teks dan gambar yang mempu menarik  perhatian pembacanya, pendengar dan pemisanya dengan tujuan untuk memperkenalkan suatu produk baik itu barang atau jasa kepada masyarakat sehingga meraka memiliki keinginan untu membeli , mengkonsumsi, atau menggunakan produk yang ditawarkan melalui iklan tersebut.

Adapun Fungsi daripada iklan itu sendiri adalah memberi informasi (menyampaikan informasi tentang produk baru, ciri-ciri dan lainnya), persuai (mengarahkan konsumen untuk membeli), dan sebagai pengingat (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar merak selalu menggunakan tersebut).
Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 2 Teks Iklan
Rangkuman Teks Iklan  
Adapun unsur-unsur daripada teks iklan adalah

  • Perhatian (untuk menarik perhatian masyarkat).
  • Minat, (Menimbulkan rasa ingin tahu dalam diri konsumen).
  • Keinginan (Cara untuk menggerakkan keinginan konsumen)
  • Rasa percaya ( ditunjang denga berbagai kegiatan peragaan, seperti demontrasi produk atau testimoni pemakai terhadap produk yang ingin ditawarkan).
  • Tindakan ( menarik konsumen agar memiliki keinginan untuk membeli atau menggunakan produk  atau jasa yagn dtawarkan )
Ciri dari Teks iklan yakni kebahasaan utama yang berupa pernyataan berisi bujukan atau unjuran untuk melakukan hal yang tertera didalam iklan tersebut. Adapun ciri-ciri kebahasaan lain yang terdapat pada teks iklan yakni, menggunakan slogan, kalimat yang persuasif dan menggunakan subjek orang pertama.

a. Menggunakan Slogan

Pada iklan, slogan merupakan pernyataan aau susunan kata atau kalimat tertentu yang enjelaskan secara rinci dan singkat mengenai suatu produk atau jasa layanan sehingga mudah untuk diingat oleh publik. Kalimat yang digunakan dalam slogan harus kratif dan tidak ketinggalan zaman agar pupaya masyarakat mudah untuk mengingatnya.

b. Mengganakan kalimat persuasif

Kalimat persuasif adalah kaliamat yang memiliki tujuan untuk meyakinkan serta membujuk pembaca agar dapat menerima dan melaksanakan gagasan penulis terhadap suatu hal. Contohnya adalah " Punya barang bekas yang tidak terpakai ? Jual saja di..." selain kalimat bujukan tersebut, iklan juga dapat berupa kalimat berita, kalimat tanya, perintah,seruan,tawaran,ajakan, dan larangan.

c. Mengunakan subjek orang pertama

Pada teks iklan, biasanya menggunakan subjek orang pertama, tunggal atau jamak seperti aku, saya dan kami dengan tujuan untuk mengganti pihak pemasang iklan.

B. Slogan pada iklan 

Slogan adalah suatu kaliamt atau perkataan yang pendek dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mudah diingat untuk memberitahukan suatu informasi dan biasanya slogan tersebut terdiri dari empat atau lima kalimat atau kata agar pesan yang dimaksud mudah sampai kepada orang yang diajak.

Pada proses penulisan slogan memiliki syarat yakni harus jelas, singkat, persuasif, dan menarik. Selain daripada iklan, slogan juga digunakan pada acara kempanye, misalnya kampanye pemilihan kepada daerah, kampanye anti narkoba atau kampanye anti korupsi. Banyak poster atau iklan produk juga menggunakan slogan tertentu untuk memikat pembeli.

Tujuan daripada slogan itu sendiri adalah untuk menyampaikan informasi, memengaruhi, mengimbau,memotivasi, dan menyadarkan orang lain dimana slgan tersebut memiliki ciri-ciri tertentu yakni berupa perkataan atau prasa atau kalusa yang menarik dan mudah diingat, motto aau semboyan suatu organisasi atau masyarakat.


Adapun langkah-langkah dalam penulisan slogan adalah :
  • Menentukan objek apa yang akan dislogankan
  • Menemukan ksitimewaan dan atau keunikan dari objek tersebut
  • Memilih keunikan atau keistimewaan objek yang paling menarik
  • Mencari ungkapan khusus yang mampu menarik perhatian sesuai dengan objek yang akan dislogankan
  • Menulis ungkapan menajdi bentuk slogan menggunakan beberapa kalimat atau kata yagn menarik, bervarisasi serta persuasif.
C. Poster pada iklan

Poster adalah salah satu media sosialisasi dan publikasi yang digunakan untuk memberitahukan suatu informasi kepada masyarakat yang pada umumnya poster terdiri dari kata-kata, gambar atau kombinasi dari kedua hal tersebut yang dipasang pada tempat yang ramai baik itu pada ruangan terbuka ataupun ruangan tertutup yang dinilai strategis dengan tujuan untuk menarik masyarakat untuk melihat poster tersebut. informasi yang terdapat pada poster biasanya bersifat mengajak.

Maka berdasarkan tujuannya, poster dibedakan menajdi beberapa jenis yaitu poster pengumuman dan poster iklan.

  • Poster pengumuman berisikan suatu pemberitahuan kepada masyarakat tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan sehingga masyarakat dapat ikut berpartisipasi.
  • Poster iklan merupakan penawaran produk tertentu agar masyarakat tertarik untuk membeli produk yang diiklankan. 

Ciri kebahasaan yang digunakan pada poster adalah singkat, padat,komunikatif, dan persuasif dan selain dari pada itu, poster juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu :

  • Bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami.
  • Menggunakan kalimat tau kata -kata yang efektif, segestif dan mudah untuk diingat.
  • Kalimatnya singkat, padat, jelas, tetapi berisi dan dapat dibaca sambil lalu.
  • Jenis fout (tifografi) mudah dibaca dan berukuran besar.
  • Desain grafisnya memuat komposisi huruf dan gambar.
  • Memiliki gambar yang mencolok, tetapi sesuai dengan ide yang dikomuniksikan.
  • Perpaduan warna yang kuat dan kontraks
  • Mampu menarik minat khalayak.
  • Dibuat atua dicetak pada media yagn tidak mudah rusak atau sobek.
  • Ukuran yang digunakan disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembacanya.
Adapun langkah penyusunan poster adalah :

  • Menentukan topik (poster pengumuman atau iklan)
  • Menentukan unsur-unsur poster (ilustrasi dan kata atau kalimat)
  • Membaut poster yang sesuai persyaratan.
Demikian ulasan singkat tentang teks iklan diatas semoga dapat bermanfaat untuk anda dan selamat belajar. Terimakasih.
Sumber : Solatif_Media Prestasi
Penulis : Wisnu Prabajatmika

Advertisement 2

Pengertian, fungsi, Struktur dan Ciri Pada Teks Iklan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih