Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Unsur, Senyawa dan Campuran Serta Jenisnya

Senyawa dan Campuran

1. Pengertian Unsur dan Jenisnya

Unsur adalah suatu zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa. Unsur adalah merupakan bagian terkecil dari suatu zat yang masih mempunyai zat tersebut yang dimana unsur itu sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu unsur logam, semi logam dan nonlogam. 
  • Unsur logam secara umum mempunyai sifat berwarna putih mengkilap, titik leburnya rendah dan dapat mengantarkan arus listrik serta dapat ditempa dan dapat menghantarkan kalor (panas). Secara umum, logam adalah zat padat namun ada pula yang berwujud cair yaitu raksa. Beberapa contoh jenis unsur logam adalah Aluminium, besi, nikel, tembaga, dan emas.
  • Unsur nonlogam bersifat tidak mengkilap, sebagai penghantar arus listrik yang buruk dan tidak dapat ditempa. Meskipun pada dasarnya unsur nonlogam adalah penghantar panas yang buruk namun ada satu unsur logam yang dapat menghantarkan panas dengan baik yaitu grafit. Adapun contoh jenis dari unsur nonlogam yaitu Crom, Yodium, Oksigen, hidrogen serta Helium.
  • Unsur Semi logam adalah unsur yang memiliki kedua sifat diatas yaitu antara logam dan nonlogam yang biasa disebut dengan istilah metaloid seperti silikon, arsen dan boron. Biasanya unsur ini bersifat semi konduktor sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat elektronik.
  • Lambang unsur adalah simbol atau lambang yang digunakan untuk menyatakan suatu unsur berdasarkan aturan tertentu seperti lambang unsur pada nitrogen  diberi simbol dengan lambang N serta lambang untuk emas dengan simbul Au (Aurum). Untuk lebih lengkapnya dapat anda dilihat pada sistem periodik unsur atau (SPU).
Rangkuman Materi IPA, Unsur Senyawa dan Campuran Kls 7
Unsur, Senyawa dan Campuran 
2. Pengertian Senyawa dan Jenisnya.

Senyawa merupakan suatu zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua unsur atau lebih melalui kegiatan reaksi kimia. Senyawa memilii sifat yang berbeda dengan sifat unsur yang menyusunnya, Contohnya ada pada sifat air sebafai senyawa akan berbeda dengan sifat gas hidrogen dan oksigen sebagai unsur yang menyusunnya. Beberapa contoh senyawa antara lain air (H2O), garam (NaCI) dan juga asam cuka (H2SO4).

Senyawa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu senyawa asam, basa dan garam. Sifat sifat dari senyawa tersebut adalah :
  • Senyawa asam memiliki sifat korosif, memiliki rasa yang asam serta dapat mengubah lukmus berwarna biru menjadi warna merah.
  • Senyawa basah memiliki sifat kaustik, rasa yang pahit, dapat menetralkan asam dan mengubah lukmus merah menjadi berwarna biru.
  • Garam merupakan senyawa yang terbentuk dari reaksi senyawa asam dan basa.
3. Pengertian Campuran dan Jenisnya.

Campuran merupakan suatu materi yang tersusun dari dua jenis zat atau lebih dengan perbandingan yang tidak tetap. Contohnya ada pada larutan gula, mentega, dan campuran pasir dan semen. Campuran sendiri dibedakan atas campuran homogen (larutan) dan heterogen (suspensi dan koloid). Pada bagian dalam larutan, terdapat zat pelarutdan zat terlarut yang tersebar dalam bentuk partikel - partikel yang sangat kecil, sehingga tidak dapat terlihat dengan kasat mata.

Sedangkan suspensi campuran heterogen secara umum nampak terlihat keruh dan oleh karena itulah suspensi campuran sering juga disebut dengan camouran kasar. Kolid terdiri atas dua fase yakni fase pendispersi dan fase terdispersi yang meskipun terlihat homogen, koloid termasuk dalam campuran heterogen.

Adapun perbedaan dari pada senyawa dan campuran adlaah sebagai berikut !

Senyawa :
  1. Terbentuk melalui reaksi kimia
  2. Perbandingan unsur pembentuknya tetap
  3. Tersusun atas satu atau dua unsur 
  4. Sifat asli zat asal berbeda dengan sifat senyawa yang terbentuk
  5. Melalui proses kimia, komponen penyusun senyawa dapat dipisahkan.
Campuran : 

  1. Dapat terbentuk tanpa melalui reaksi kima
  2. Perbandingan unsur pembentuknya tidak tetap
  3. Tersusun atas beberapa unsur dan senyawa 
  4. Sifat asli zat asalnya sesuai dengan campuran yang terbentuk
  5. Melalui proses fisika, komponen penyusunnya dapat dipisahkan.
Dengan cara fisika, campuran dapat dipisahkan berdasarkan sifat komponen zat penyusunnya yang terdiri dari 5 macam yaitu dengan cara penyarigan,sentrifugasi,destilasi,kromatografi, dan sublimasi.

  • Penyaringan merupakan proses pemisahan campuran antara zat padat yang tidak dapat larut dalam zat cair karena adanya perbedaan ukuran partikel.

  • Sentrifugasi merupakan proses pemisahan partikel padatan dalam campuran yang memiliki ukuran yang sangat halus dan jumlah zat terlarutnya sedikit.

  • Destilasi merupakan proses pemisahan campuran dari dua jenis zat cair yang memiliki perbedaan titik didih.

  • Kromatografi merupakan proses pemisahan campuran berdasarkan pada perbedaan kecepatan perambatan antara fase gerak dan fase diam dari komponen penyusunnya.

  • Sublimasi merupakan proses pemisahan campuran dari dua jenis zat padat dilihat dari perubahan  wujud menjadi gas (penyublinan)

4. Perubahan Materi  


Zat atau suatu materi memiliki sifat fisika dan kimia dan memiliki sifat fisika berupa wujud zat, massa jenis, volume, rasa, aroma atua bau, titik didih, titik leleh, kekerasan, kelarutan, dan kalor jenis sedangkan sifat kimia dari suatu zat tidak mudah diamati sebab berhubungan dengan reaksi yang terjadi. Contoh dari sifat kimia suatu zat adalah mudah karatan, keasaman (Ph), reaksi dengan oksigen, dan kandungan racun didalam zat tersebut.

Perubahan dari suatu zat dapat terjadi akibat pengaruh dari lingkungan sekitar yang terdiri dari dua jenis perubahan yaitu perubahan secara fisika dan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan zat yang tidak menghasilkan zat baru contohnya seperti pada es yang mencair. Berbeda jauh dengan perubahan zat kimia yang dapat membentuk zat baru  seperti pada kayu yang terbakar. Selain itu juga, sebuah perubahan dapat dikategorikan sebagai perubahan zat kimia jika pada reaksi tersebut terbentuk gas, endapan, perubahan warna atau perubahan pada suhunya.

Demikian penjelasan singkat tentang Unsur, Senyawa dan Campuran diatas, semoga bermanfaat dan selamat belajar. Terimkasih.
Sumber : Solatif_Media Prestasi
Penulis : Indra Miftahul Huda.

Pembelajaranmu.com

Advertisement 2

Pengertian Unsur, Senyawa dan Campuran Serta Jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih