Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Hipertensi Secara Alami

Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Hipertensi Secara Alami

Apakah anda punya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi? Apakah anda ingin menurunkan tekanan darah anda? Jika anda baru saja menemukan atau memeriksakan tekanan darah anda dan mendapati bahwa anda termasuk dalam golongan orang yang mengalami salah satu penyakit yang mematikan ini serta ingin segera menurunkannya, anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu melakukan 7 cara dibawah ini yang ulasannya akan kita bahas bersama pada kesempatan kali ini. Untuk lebih lebih singkatnya mari kita baca penjelasan berikut. 

 7 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi Dengan Alami
Add By KEMENKES. Hipertensi

1. Mengetahui Resiko

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui beberapa hal berikut ini :
  • Apakah anda merokok? 
  • Apakah anda makan makanan berkadar garam tinggi?
  • Apakah anda cukup olahraga?
  • Apakah anda memiliki berat badan berlebih?
  • Apakah ada keluarga anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi?

2. Mengontrol Pola Makan 

Jika anda ingin terhindar dari resiko penyakit hipertensi ini, maka sebaiknya jauhilah makan yang mengandung banyak lemak dan mengandung garam. Meski pada dsarnya lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, namun cukup dikonsumsi didalam jumlah yang kecil saja demi untuk menjaga tubuh tetap bekerja sesuai dengan fungsinya secara benar. Oleh karena itu, konsumsilah lemak cukup disarankan hanya kurang dari 30 % dari konsumsi kalori anda setiap harinya.

3. Tingkatkan Potasium (K) dan Magnesium (Mg) Tubuh anda.

Tingkatkanlah Potasium (K) dan Magnesium (Mg) Tubuh anda sebab dengan rendahnya potasium dan magnesium didalam tubuh anda menjadi salah satu penyebab atau faktor terjadinya tekanan darah tinggi pada tubuh anda. Buah buahan dan sayuran merupakan sumber terbaik untuk keduan jenis nutrisi tersebut misalnya :

A. Untuk Buah - buahan, anda dapat mengkonsumsi beberapa buah berikut yaitu :
  • Buah Bluebery, dengan kandungan Antioksidan.
  • Buah Anggur, dengan kandungan Bioflavonoid dan Kalium. 
  • Buah Melon, dengan kandungan Potasium.
  • Buah Kiwi, dengan kandungan Potasium, Vit C dan Antioksidan.
  • Buah Jeruk, dengan kandungan Potasium dan Kalium.
  • Buah Semangka, dengan kandungan Vit A yang tinggi, Iycopene, Serat dan Kalium.
  • Buah Mengkudu, dengan kandungan Nutrisi, dan senyawa yang penting untuk tubuh anda seperti : Xeronine,plant sterois,alizarin,lycine,sosium,caprylic acid, proxeronine,antra quinines dan lainnya. 

Masih banyak lagi buah -buahan lainnya yang sangat bermanfat untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda termasuk pula ddalamnya adalah buah alpokat yang didalamnya terkandung Vit E, serat, kalsium serta Vit C yang tinggi dan baik untuk tubuh anda.

B. Untuk Sayur - sayuran, anda dapat mengkonsumsi beberapa sayuran berikut yaitu :
  • Tomat, dengan kandungan Vit C, Kalium, Kalsium dan Magnesium.
    • Kentang, dengan kandungan Magnesium dan Potasium.
    • Timun, dengan kandungan Potasium.
    • Bawang Putih, dengan kandungannya dapat menjadi pencegah terjadinya pembekuan darah.
    • Buncis, dengan kandungan Vitamin dan mineral didalamnya.
    • Bayam, dengan kandungan serat yagn tinggi serta zat besi.

    Dan masih banyak lagi sayuran lainnya yang direkomendasikan untuk anda termasuk kacang kedelai dengan kandungan kalium serta magnesium didalamnya yagn juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda.
      4. Konsumsi atau Makan Makanan Padi - Padian

      Hal ini termasuk salah satu cara untuk atau langkah penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan untuk menghindari komplikasi akibat dari penyakit hipertensi tersebut.

      5. Tingkatkan Aktifitas Anda

      Anda tidak perlu berolah raga selayaknya seorang atlit, yang perlu anda lakukan adalah cukup selama 30 hingga 40 menit selama 5 hari didalam seminggu seperti jalan santai, mengerjakan pekerjaan rumah dan hal-hal yagn dapat membuat anda berkeringat tenpa harus mengeluarkan tenaga yang cukup besar.

      6. Dukungan dari Orang Lain

      Dukungan dan pertisipasi orang lain atau keluarga terdekat anda juga sangat membantu anda dalam perubahan gaya hidup anda untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi pada diri anda. Hal tersebut bermanfaat sebagai motivasi untuk anda agar dapat mengubah kebiasaan buruk anda yang mengakibatkan anda terjangkit penyakit tekanan darah tinggi.

      7. Berhenti Merokok.

      Jika anda seorang perokok dan memiliki penyakit hipertensi, sebaiknya segeralah untuk berhenti merokok sebab itu baik untuk anda. Ketahuilah bahwa merokok bagi penderita hipertensi dapat meninggalkan resiko komplikasi lain seperti penyakit stroke pada diri anda. 

      Sayangilah diri anda dengan belajar mengubah kebiasaan buruk anda sebab dengan demikian maka andapun juga tentunya secara tidak langsung menyayangi keluarga anda dengan mengubah diri anda menjadi lebih sehat dan lebih baik untuk berkatifitas. 

      Demikian ulasan diatas semoga bermanfaat dan terimakasih.
      Sumber : Prodi Keperawatan Fakultas UIN  Makassar.

      Advertisement 2

      Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Hipertensi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu