Gerak Spesifik Permainan Sepak Bola

Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Gerak Spesifik Permainan Sepak Bola

Sepak Bola_pembelajaranmu.com


Salam sahabat pendidikan sekalian dan salam sejahtera untuk kita semua, pada masa atau dizaman modern ini, jenis permainan sepak bola sudah semakin modern. Untuk memainkan permainan sepak bola aau yang biasa juga disebut dengan dengan permainan bola kaki ini, para pemainya harus berbekal teknik yang baik dimana teknik atau gerak spesifik didalam permainan sepak bola terdiri dari beberapa bagian yang harus dikuasai oleh pemain, yaitu teknik menendang, mengontrol,menggiring, menyundul, lemparan kedalam dan merampas bola.    

Gerak spesifik pada permainan sepak bola terdiri dari 8 gerak, yaitu :
  • Gerak spesifik mengumpan dan menendang dengan kaki bagian dalam.
  • Gerak spesifik mengumpan dan menendang dengan kaki bagian luar.
  • Gerak spesifik Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
  • Gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  • Gerak spesifik menahan bola dengan kaki bagian dalam.
  • Gerak spesifik menahan bola dengan kaki bagian luar.
  • Gerak sepsifik menahan bola dengan telapak kaki, dan 
  • Gerak spesifik menyundul bola. 

Pada setiap gerak spesifik tersebut diatas, masing memiliki posisi awalan, gerakan dan gerakan akhir atau sentuhan akhir didalam melakukannya atau mempraktikkannya, berikut penjelasannya. 

1. Gerak spesifik mengumpan dan menendang dengan kaki bagian dalam


  • Tahap awal atau posisi awal, pemain berdiri menghadap arah gerakan, letakkan kaki tumpuh di samping bola dengan sikap lutut sedikit tertekuk atau direndahkan dan bahu menghadap gerakan; sikap kedua lengan pemain disamping badan agak terentang dengan pergelangan kaki yang akan digunakan mengumpan diputar keluar dan dikunci serta pandangan yang terpusat kepada bola.
  • Gerakan pada teknik ini yaitu kaki yang akan digunakan untuk menendang bola ditarik kebelakang lalu diayunkan ke depan menuju arah bola yang langsung berkenaan atau mengenai pertengahan bola.
  • Akhir dari gerakan ini yaitu pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah gerakan mengumpan dan kaki yang digunakan untuk mengumpan diletakkan di posisi depan serta pandangan yang juga melihat keposisi depan tepatnya pada target yang akan diberi umpan.

2. Gerak spesifik mengumpan dan menendang bola dengan kaki bagian luar.


  • Posisi awal yaitu berdiri mengahadap gerakan bola; kaki tumpuan diletakkan disamping bola dengan posisi lengan berada disamping badan sedikit terentang, pergeralangan kaki yang hendak digunakan untuk menendang diputar ke dalam dan dikunci serta pandangan terpusat pada posisi bola.
  • Gerakan selanjudnya, kaki yang hendak menendang bola ditarik kebelakang lalu diayunkan kedepan menuju arah bola bersamaan dengan pergeralangan kaki diputar kedalam, tendang bola tepat ditengahnya.
  • Akhir dari gerakan ini, kaki yang digunakan untuk menedang bola agak menyilang didepan badan, pindahkan berat badan kedepan dengan pandangan kearah gerakan bola.

3. Gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian dalam.


  • Posisi awal gerakan ini yaitu berdiri mengahdap arah gerakan dengan pandangan kedepan dan posisi lengan berada disamping badan agak terentang, pergeralangan kaki yang hendak digunakan untuk menggiring bola diputar keluar dan dikunci.
  • Gerakannya adalah dengan mendorong bola menggunakan lengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki sedikit dibuka atau direnggangkan kedepan bersamaan dengan kaki tumpu ikut bergerak, bola digiring ke depan tidak jauh dari dari kaki.
  • akhir gerakan ini yaitu bola berguling diatas tanah, didepan badan dengan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola serta pandangan menghadap kedepan arah bola.

4. Gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  • Posisi awal gerakan ini, yaitu berdiri menghadap arah gerakan, pandangan kedepan , posisi kedua lengan disamping badan dengn sedikit agak terentang, pergeralangan kaki yang hendak digunakan untuk menggiring diputar kedalam dan dikunci.
  • Gerakan pada teknik ini, yaitu dorong bola dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi kaki sedikit terangkat dari tanah dan tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidka digunakan untuk menggiring bola, kaki tumpu bergeser bergerak maju kedepan sesuai arah bula.
  • Akhir dari gerakan ini, yaitu bola bergulir di atas tanah, didepan badan dengan tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola serta pandangan ke depan arah bola, berat badan sedikit agak condong kedepan.

5. Gerak spesifik menahan bola dengan kaki bagian dalam.

Aktifitas Bola Besar Melalui Permainan Sepak Bola PJOK SMP Kls 8
Aktifitas Bola Besar Melalui Permainan Sepak Bola 
  • Posisi awalan geraka ini yaitu menghadap kepada arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah gerakan bola kemudian putar pergeralangan kaki ke arah luar yang hendak digunakan untuk menahan laju bola dan kunci.
  • Gerakan utama teknik ini yaitu julurkan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola ke arah datangnya bola, dan pada saat bola mengenai kaki bagian dalam, tarik kembali kaki kebelakang mengikuti arah gerakan bola agar bola tidak terpental jauh saat ditahan.
  • Akhir gerakan ini yaitu gerak bola tertahan dan berhenti didepan badan serta pandangan selanjudnya menghadap kedepan.

6. Gerak spesifik menahan bola dengan menggunakan kaki bagian luar. 
  • Awal gerakan teknik ini yaitu posisi berdiri menghadap ke arah datangnya bola, lalu letakkan kaki tumpu disamping bola, posisi lengan berada disamping badan sedikit agak terentang, pergeralangan kaki yang digunakan menahan bola diputar kedalam dan dikunci serta pandangna tertuju pada arah datangnya bola.
  • Gerak inti teknik ini yaitu julurkan kaki yang akan digunakan untuk menahan laju bola dan saat bola hendak menyentuh kaki bagian luar, tarik kaki kebelakang searah datangnya bola dan kaki tepan menahan pada pertengahan bola.
  • akhir gerakan ini yaitu bawa berat bedan bersaan dengan kaki tumpuan, pandangan kedepan dan bola berhenti didepan badan.

7. Gerak spesifik menahan bola dengan menggunakan telapak kaki.

  • Awalan gerakan ini adalah berdiri menghadap arah datangnya bola, pandangan dipusatkan  ke arah datangnya bola dengan posisi lengan berada disamping badan yang sedikit agak condong kedepan.
  • Gerak inti teknik ini adalah pada saat bola datang, tahan dengan telapak kaki, dengan telapak kaki menghadap kedepan.
  • Akhir gerakan ini yaitu posisikan kaki didepan badan dengan sedikit terangkat ke atas serta lutut agak ditekuk, tumpuan berat badan berada pada kaki lainnya.

8. Gerak spesifik menyundul bola.

  • Posisi awal yaitu dengan posisi kedua kaki direntangkan selebar bahu dan salah satu kaki berada sedikit didepan seperti saat melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk kebawah serta kedua lengan tangan diangkat kesamping dan siku atau lengan tangan sedikit ditekuk keatas, pandangan tertuju pada arah datangnya bola.
  • Gerak ini teknik ini adalah lentingkan pinggang ke belakang dan keraskan otot leher serta berat badan bertumpu pada kaki bagian belakang, pandangan berada pada bola yang datang dan sundul dengan menggunakan dahi untuk menahan kecepatan bola, ayunkan kedua lengan kebelakang.
  • Akhir gerakan dari teknik ini yaitu gerakan badan didorong kedepan, kedua lutut kaki diluruskan serta kedua tumit sedikit terangkat dari tanah diikuti dengan dengan dorongan badan kedepan untuk menambah kecepatan laju bola saat disundul dan pandangan tertuju pada arah gerak bola.

Demikian ulasan singkat tentang teknik permainan bola besar melalui sepak bola ini semoga bermanfaat dan terimakasih atas segala perhatiannya. Baca juga artikel yang berkaitan lainnya yang membahas tentang aktifitas bola besar melalui permainan bola voli. 

Sumber : KEMENDIKBUD RI-Jakarta_2017
Penulis: Roji dan Eva Yulianti


Advertisement 2

Gerak Spesifik Permainan Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment