Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

22 Juli 2018

Gerak Spesifik Permainan Bulu Tangkis

Bulu Tangkis_pembelajaranmu.com 

A. Sejarah Singkat Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis jika membahas sejarah singkatnya, banyak teori yang menyatakan bahwa permainan ini bermula dan berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu, namun disebutkan juga bahwa di India dan Republik Rakyat Cina yang diperkirakan sebagia permainan Tionghoa, jianzi yang melibatkan penggunaan kok, namun tanpa menggunakan raket melainkan menggunakan kaki sebagai raketnya. 

Tata cara atau misi dalam memaikan permainan ini dimasa itu yakni menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Pada zaman pertengahan dinegara Inggris, permainan anak-anak yang disebut dengan bettledores dan shuutlecock sangat populer. Anak - anak pada masa itu biasanya akan memakai dayung atau tongkat dan bersiasat bersama untuk menjaga agar kok tetap di udara dan mencegahnya menyentuh tanah.

Pada abad ke-19, Olah raga kompetitif bulu tangkis ditemukan oleh seorang Tentara Britania di pune dengan menambahkan jaring dan memainkannya secara kompetitif. Oleh sebab itu Kota Pune dikenal sebelumnya sebagai poona begitu pula dengan permainannya dikenal dengan poona dimasa itu dan para Tentara membawa permainan tersebut kembali ke Inggris di tahun 1850-an.

Nama permainan kompetitif ini dimasa sekarang didapatkan sekitar tahun 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul " Badminton Battledore - a new game" yang melukiskan permainan ini dimainkan di gedung badminton, astat Duke of Beaufort's di Gloucestershire Inggris dimana rancangan peraturan permainan ini pertama kali ditulis oleh klub badminton bath pada tahun 1877. 

Induk organisasi Internasional Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan mencatat Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota pelopornya. Negara India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. Pada tahun 2006, IBF diubah menjadi Badminton World Federation (BWF) oleh delagasi dari berbagai negara dan olahraga ini menjadi olahraga olimpiade musim panas dan dikenal oleh seluruh dunia. 

Dimasa modern sekarang ini, permainan ini dimainkan dengan prinsip dasar yang baik agar menghasilkan permainan yang lebih baik. Di bawah ini kita akan mengulas tentang prinsip dalam permainan bulu tangkis melalui gerak sepesifik didalam permainan bulu tangkis. berikut ulasannya.

Aktifitas Bola Kecil Permainan Bulu Tangkis PJOK SMP K13 KLS 8
Aktifitas Bola Kecil Permainan Bulu Tangkis 

B. Gerak Spesifik Pukulan dan pengembalian Dalam Permainan Bulu Tangkis.


Gerak spesifik dalam permainan bulu tangkis terdiri dari beberapa bagian yaitu yang penting untuk dikuasai demi menghasilkan teknik atau gerakan yang baik dalam memainkan gerakan ini, berikut sepesifiknya.

  • Gerak spesifik servis panjang Forehand.
  • Gerak spesifik servis pendek Forehand.
  • Gerak spesifik pengembalian servis panjang permainan tunggal.
  • Gerak spesifik pengembalian servis pendek permainan ganda.

1. Gerak Spesifik Servis Panjang Forehand.
  • Tahap posisi awal pada teknik ini yaitu raket di pegang dengan menggunakan posisi forehand dan berdiri dengan sikap melangkah, bola dipegang sejajar atau sebatas pinggang dan berat badan bertumpu pada kaki belakang serta tangan yang memegang raket juga berada dibelakang.
  • Gerak inti teknik ini yaitu memindahkan berat badan ke depan yang bersamaan dengan ayunan raket ke depan tepat ke arah jatuhnya bola, kontak bola dengan raket saat bola sejajar dengan ketinggian lutut.
  • Akhir dari teknik ini yaitu raket mengarah lurus keatas searah dengan gerakan bola dan pinggul serta bahu diputar ke depan. Pandangan mengikuti arah pergerakan bola yang melambung tinggi dan jauh.

2. Gerak Spesifik Servis Pendek Forehand.
  • Tahap atau posisi awal teknik ini adalah raket dipegang dengan posisi kaki siap melangkah " prinsip dasar pegangan forehand", bola dipegang didepan badan setinggi pinggang dan berat badan bertumpuh pada kaki belakang dengan posisi tangan yang memegang raket di belakang.
  • Gerakan inti teknik ini yaitu pindahkan berat badan ke kaki bagian depan bersamaan dengan lengan yang memegang raket diayunkan ke depan tepat ke arah jatuhnya bola yang dilepaskan dari tangan, kontak dengan bola pada saat ketinggian bola yang dilepaskan sejajar dengan paha bersamaan dengan gerakan raket mendorong bola, arah dari bola yang didorong bergerak rendah diatas net.
  • Akhir teknik ini yaitu raket mengarah ke arah atas lurus searah dengan gerakan bola, pinggang dan juga bahu diputar ke depan dan berat badan berpindah pada kaki bagian depan. Pandangan mengikuti arah pergerakan bola dan bola jatuh digaris servis.

3. Gerak Spesifik Pengembalian Pukulan Servis Permainan Tunggal.
  • Tahap awalan dari teknik ini adalah berdiri dengan mengambil posisi sikap melangkah kurang lebih 5 - 6 cm di belakang garis servis pendek dan sekitar 3 cm disamping dari garis tengah lapangan. Berat badan bertumpu pada kaki depan. Raket dipegang di samping atas kepala (dalam posisi siap menerima servis) dan pandangan tertuju pada bola yang akan dipukul servis.
  • Gerakan inti teknik ini yaitu apabila lawan melakukan servis tinggi ke bagian belakang lapangan, maka segera mundur ke belakang menuju garis belakang, pindahkan berat badan ke depan dan pukul bola dengan prinsip dasar pukulan forehand.
  • Akhir gerakan ini adalah pindahkan berat badan ke depand, pandangan mengikuti arah gerakan bola.

4. Gerakan Spesifik Pengembalian Servis Pendik Permainan Ganda.
  •  Posisi awal teknik ini adalah berdiri dengan sikap melangkah kurang lebih 1 - 3 cm dibelakang garis servis pendek lalu berat badan bertumpu pada kaki bagian depan serta raket dipegang diatas depan samping kepala dalam keadaan posisi siap menerima servis. Pandangan tertuju pada bola yang akan diservis.
  • Gerakan inti teknik menerima servis pendek ini adalah jika lawan melakukan servis rendah diatas net, bergeraklah kedepan garis servis pendek dengan kepala raket menghadap ke atas, bola dapat diarahkan ke tengah lapangan, dipukul drive lurus ke kotak pojok lapangan, di pukul drop menjauhi pemain yang melakukan servis, didorong ke arah pemain pada bagian forehand atau didorong kearah pemain yang melakukan servis.
  • Akhir dari teknik ini yaitu pindahkan berat badan kedepan dan pendangan mata tertuju pada arah pergerakan bola.

Demikian ulasan singkat diatas dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta.2017.
Penulis : Roji dan Evva Yulianti.
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Advertisement 2

Gerak Spesifik Permainan Bulu Tangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar