Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Jenis dan Fungsi Alat Komuniksai dan Informasi Masa kini/Modern

Media Komunikasi Modern_Pembelajaranmu.com 


Didalam sejarah perkembangan media komunikasi, tidak akan pernah terlepas dari pertumbuhan teknologi dari dahulu hingga saat ini. Sejak tahun 1960-an hingga, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat yang terbukti dengan adanya berbagai media komunikasi  yang diciptakan manusia dan penemuan media-media digital yang menjadikan segalanya semakin efektif dan efisien dalam menjalankan rutinitas keseharian kita. 

Terdapat beberapa contoh media komunikasi medern dimasa kini yang terbagi dalam beberapa jenis antara lain sebagai berikut :
  • Surat kabar/koran.
  • Radio.
  • Televisi.
  • Faksimili.
  • Telepon rumah.
  • Telpon Genggam/Handphone.
  • Handy Talky, dan 
  • Kompoter/Laptop.

Mari kita bahas satu persatu poin diatas!

1. Komputer / Laptop

Komputer adalah Seperangkat alat elektronik yang digunakan untuk mengelolah data secara cepat dan tepat sehingga menghasilkan informasi yang akurat. Komputer ditemukan oleh tiga orang, yakni Herman Hollerich, Howard Aiken, dan Charles Babbage.
Jenis dan Fungsi Alat Komuniksai dan Informasi Masa kini/Modern
Media Komuniksai dan Informasi Masa kini/Modern
Penemuan komputer, dimasa sekarang ini sangatlah bermanfaat dan dapat memberikan perubahan yang sangat luar biasa besar. Banyak yang beranggapan bahwa komputer hanya dapat digunakan untuk mengetik saja padahal komputer dapat diaplikasikan kedalam berbagai bidang, seperti kedokteran, matematika, dan Penerbangan.

2. Handfhone (telpon genggam)

Handphone mulai dikenal sejak tahun 1973. Produk komunikasi ini merupakan terobosan baru terspectakuler hingga saat ini di bidang informasi. Perbedaan yang mencolok antara handphone dan telepon yaitu dari nilai praktisnya, handphone beberapa sifat yaitu ringan, dapat di masukkan didalam kantong, dibawa kemana-mana sedangkan telepon tidak dapat melakukan hal tersebut. Dengan adanya penemuan ini, hal tersebut memungkinkan orang untuk dapat berkomunikasi kapan saja dan dimana saja selama sinyal pada handphone tersebut terhubung. 
Jenis dan Fungsi Alat Komuniksai dan Informasi Masa kini/Modern
Media Komuniksai dan Informasi Masa kini/Modern
Surat kabar adalah Suatu medai cetak yang berisikan tentang berbagai macam informasi dari berbagai bidang, seperti sosial, budaya, hukum, politik, hiburan, dan teknologi yang seiring dengan zaman, surat kabar tidak hanya sebatas media cetak lagi melainkan juga berbentuk surat kabat media elektronik atau surat kabar digital.

3. Radio.

 Gelombang radio pertamakali ditemukan oleh Heinrich Herzt pada tahun 1887 yang menjadi awal mula ditemukannya Radio dan sekitar 10 kemudian, Guglielmo Marconi membuat radio yang pertama, tepatnya di tahun 1897. Radio berfungsi sebagai alat komunikasi yang hanya terdengar suaranya saja dimana radio tersebut menyediakan informasi berupa berita, musaik dan diskusi yang hanya didengarkan tanpa tanpa bisa melihatnya secara langsung.

4. Televisi.

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bersuara dan bergambar. Kata Televisi sendiri berasal dari dua jenis bahasa latin yaitu " Tele" dan "Vision" yang berarti tampak atau kelihatan, jadi televisi berati melihat dari jarak yang jauh.

Di Tahun 1883, Televisi pertamakali ditemukan oleh Paul Nipkow dimana penemuan ini berawal dari ditemukannya cakram metal dalam bentuk logam kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang. Perkembangna dari televisi ini juga terbilang sangat cepat yang dimulai dari televisi dengan warna visual hitam putih lalu kemudian menjadi televisi berwarna, televisi berukuran kecil sampai berukuran sangat besar, televisi berlayar cembung hingga sampai pada televisi layar datar dan dimasa kini yang paling keren adalah televisi LED dan televisi 3D.

Dengan adanya televisi, maka informasi dari seluruh dunia dapat diakses dimana saja dan kapan saja, apalagi dengan siaran televisi yang juga kini dapat dinikmati melalui internet. Televisi menyajikan kepada pemirsanya beragam informasi seperti edukasi atau pendidikan, hukum, politik, sosial, budaya, infotaiment serta hiburan.

5. Faksimili

Faksimili atau yang akrab disebut dengan Faks, berasal dari bahasa latin yaitu "Fact Silimili" yang artinya membuat salinan yang sama persis dengan aslinya. Mesin faks juga sering disebut dengan mesin telecopyer. Mesin Faks adalah peralatan komunikasi yang dimanfaatkan untuk proses pengiriman dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroprasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang sangat mirip dengan aslinya.

6. Telepon Rumah

Telepon adalah alat komunikasi yang dapat mengirim pembicaraan melalui perantara listrik yang dengan telepon ini, maka manusia dapat berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan jarak yang jauh. Telepon pertama kali ditemukan pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell.

7. Surat kabar/koran.

Pada tahun 59 sebelum masehi, untuk pertamakalinya surat kabar dikenal tepatnya pada masa Kekaisaran Romawi Kuno. Pada masa tersebut, surat kabar hanya berisikan tentang jurnal kegiatan sang kaisar romawi dan pada tahun 1605, untuk pertamakalinya pula surat kabar terbit dalam bentuk  cetakan oleh Jhon Carelous yang bertajuk tentang " Relation (relasi )".

8. Handy Talky

Handy Talky adalah alat komunikasi yang memanfaatkan sinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya agar dapat terhubung antara Handy Talky yang satu dengan yang lainnya dimana alat yang satu ini biasa digunakan oleh satuan keamanan, kepolisian, tentara dan juga pihak satuan lainnya seperti security (satpam).

Itulah ulasan singkat tentang media komunikasi masa kini/modern yang semoga dapat memberi manfaat untuk anda dan silahkan baca juga tentang media komunikasi di masa kuno sebagai bahan referansi lanjutan. Terimakasih.

Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017.
Penulis : Suci Paresti Dkk.

Advertisement 2

Jenis dan Fungsi Alat Komuniksai dan Informasi Masa kini/Modern Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih