Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno

Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

29 Juli 2018

Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno

Media Komunikasi Kuno _ Pembelajaranmu.com


Dengan semakin berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan teknlogi informasi dan komunikasi  saat ini berkalan dengan begitu cepat. Hapir semua pada masa sekarang ini bersinggungan langsung dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan setiap aktifitas kesehariannya.

Sejak awal ditemukannya alat komuniksi, pada akhirnya alat komuniksi tersebut mengalami perkembangan yang jika berdasarkan oleh rentang waktunya, media komunikasi tersebut dibedakan menjadi alat komunikasi masa lalu dan alat komunikasi modern

Media Komunikasi di Masa Lalu ( kuno )

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi oleh seseorang kepada orang lain atau pihak lain secara langsung (lisan) maupun tidak langsung dengan menggunakan alat atau media komunikasi . Medai komunikasi di masa lalu terbagi atas beberapa jenis yaitu :
  • Kentongan.
  • Daun Lontar.
  • Lonceng.
  • Burung Merpati.
  • Prasasti.
  • Terompet yang terbuat dari Tanduk Hewan.
  • Terompet yang terbuat dari Keong.
  • Asap hasil pembakaran.
  • Serat Papyrus, dan 
  • Piktografi.

1. Kentongan.
Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno
Kentongan
Di Indonesia, kentongan digunakan sudah sejak lama. Alat ini sudah ada sejak masa kerajaan Demak, Surakarta, Gowa Tallo, dan Yogyakarta. Tanda atau kode yang digunakan dalam pengunaannya berbeda-beda. Kentongan berfungsi sebagai pemberi informasi kepada masyarakat bahwa telah atau akan terjadinya sesuatu .Ukuran yang paling besar dari kentongan disebut juga dengan bedug dimana sebuah bedug dimana beduk dibunyikan sebagai bentuk pesan atau pemberitahuan mengenai waktu shalat atau sembahyang.

Bedug tersebut dibuat dari sebatang pohon kayu besar atau pohon enau sepanjang kurang lebih 1 meter yang dibagian tengahnya dilubangi hingga bentuknya menyerupai  tahung besar. Ujung batang yang berukuran besar ditutup dengan kulit binatang yang fungsinya sebagai selaput gendang yang apabila ditabuh akan menimbulkan suara yang keras dan dapat terdengar hingga jarak yang sangat jauh.

2. Daun Lontar.
Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno
Lontar
Dizaman yang sedikit lebih maju atau berkembang, manusia dimasa lalu sudah mulai menggunakan  atau memakai bahasa tulisan sebagai media komunikasinya. Sistem komunikasi surat menyurat ini sudah dimulai di Indonesia sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram yang pada masa itu, surat menyurat tersebut terjadi hanya sebatas antar kerajaan saja.

Lontar adalah medai yang digunakan untuk menulis surat. Selain itu, ada juga yang menggunakan kayu, bambu, tulang binatang, rotan, dan lempeng batu yang dikenal dengan istilah prasasti. Daun lontar sebagai bahan naskah yang dipakai di Asia Selatan dan Asia Tenggara dimana naskah lontar banyak ditemukan di Jawa, Sunda, Bali, Madura, Lombok, dan Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Selatan, Lontar dikenal dengan sebutan Lontara yang bentuknya sedikit berbeda dengan jenis lontar dari jawa dan bali. Lontar di Sulawesi Selatan dibuat bersambung - sambung memanjang dan digulung hingga bentuknya menyerupai kaset.

Lontar adalah medai yang digunakan untuk menulis surat

3. Lonceng.

Lonceng atau Genta merupakan peralatan sedehana yang digunakan  untuk membuat bunyi-bunyian. Bentuk dari lonceng biasanya menyerupai tabung dengan salah satu sisi yang terbuka dan bergema pada saat dipukul. Pada umumnya, lonceng dibuat dari logam. Lonceng juga banyak dimanfaatkan dalam proses peribadatan agama di dunia sebagai penanda waktu ibadah atau ritual.

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di masa sekarang ini, lonceng sudah jarang digunakan, namun masih ada beberapa tempat yang masih menggunakannya untuk keperluan umum, seperti sekolah yang menggunakan lonceng sebagai tanda pergantian jam, waktu istirahat, dan juga untuk suatu pengumuman.

4. Burung Merpati.

Merpati pos adalah burung yang dilatih untuk menghantarkan pesan atau surat. Merpati merupakan salah satu burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan navigasi dan naluri yang alamiah. Dengan naluri terebut, burung merpati dapat kembali kesarangnya meskipun telah pergi dengan jarak yang sangat jauh dan waktu yang cukup lama.

Dengan sifat merpati terebut, maka informasi atau surat yang dibawa pasti akan sampi ketujuan dan sangat kecil kemungkannya surat tersebut salah sasaran atau kesasar. Burung merpati ini juga diberi makanan khusus agar daya tahan tubuhnya semakin bertambah dan mudah untuk dilatih. Makanannya berupa campuran kalium karbonat dan minyak ikan yang berguna sebagai vitamin.

5. Prasasti.
Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno
Prasasti
Prasasti adalah sebuah dokumen yang di tulis atau dicetak pada bahan dasar yang keras dan juga tahan lama. Dalam pengertian modern di Indonesia, Prasasti sering dikaitkan dengan tulisan dibatu nisan atau di gedung seperti pada peletakan batu pertama sebuah pembangunan gedung atau pada peresmiannya.

6. Terompet dari Tanduk Hewan.
Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno
Terompet Tanduk Hewan
Pada zaman dahulu, terompet digunakan untuk atau sebagai penanda dimulai atau berakhirnya suatu kegiatan tertentu yang selain dari itu, terompet juga sering digunakan didalam medan perang sebagai penanda suatu perintah atau pergerakan dari pasukan dalam peperangan.

7. Terompet dari Keong.

Terompet dari keong, dari zaman dahulu juga telah digunakan sebagai alat penanda perkumpulan atau terjadinya peristiwa agar dapat berkumpul. Hingga pada masa sekarang ini, terompet jenis ini masih juga digunakan dalam suatu acara  atau upacara adat terutama pada daerah pesisir.

8. Asap.

Pada umumnya, asap diguankan sebaga sinyal untuk mengirimkan berita, sinyal tanda bahaya, sebagai peringatan darurat atau untuk mengumpulkan orang banyak kesesuatu tempat. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia kepada teman ataupun kepada lawan jika itu dalam terjadi didalam suatu peperangan didalam hutan.

9. Serat Papyrus.

Serat papirus digunakan pada 500 tahun sebalum masehi tepatnya didaerah Sungai Nil sebagai media penyampaian informasi yang dimana serat yang digunakan ini terbuat dari serat pohon papyrus.

10. Piktografi.

Pigtografi digunakan pada 3000 tahun sebelum masehi di Sumeria yang berupa atau berbentuk simbol - simbol yang apabila disatukan atau disusun, dapat menjadi suatu kata atau kalimat yang memiliki makna tertentu.

Demikian ulasan tentang media komunikasi masa kuno diatas, semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain yang masih terkait dengan tema Jenis dan Fungsi Alat Komunikasi Masa kini/Modern. Terimakasih.

Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017.
Penulis : Suci Paresti Dkk.

Advertisement 2

Jenis dan Fungsi Media Komunikasi Masa Lalu/Kuno Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar