Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

27 Juli 2018

Pengertian dan Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi _ Pembelajaranmu.com 


A. Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Banyak cara yang digunakan atau dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembanan cara penyampaian informasi yang selanjudnya dikenal dengan istilah teknologi informasi, mulai dari gambar-gambar yang tidak bermakna di dinding gua, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama Internet.

Di zaman dahulu orang harus menunggu informasi yang disampaikan selama berminggu-minggu, bahkan terkadang berbulan-bulan. Tidak jarang, kurir yang membawa berita terkadang mengalami suatu rintangan di perjalannnya dikarenakan kondisi alam yang keras dan tidak bersahabat. Pada zaman prasejarah, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan manusia berfungsi sebagai sistem untuk mengenalkan bentuk-bentuk yang dikenal manusia. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, Meraka menggambarkannya di dinding gua tentang berburu dan juga tentang binatang buruannya.

Dimasa tersebut, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar lingkungan tempat mereka tinggal., kemudian  melukiskkannya di dinding gua tempat mereka tinggal. Selain itu, komuniksi manusia pada zaman ini berupa suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan. Pada zaman sejarah mulai diciptakan serta digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang,dan termasuk salah satunya ialah isyarat asap sebagai alat pemberi tanda peringatan terhadap adanya suatu bahaya.

Sama dengan komunikasi lisan, komunikasi dengan tangan, isyarat, bendera, atau dengan suara masih memiliki keterbatasan, komuniksi ini terbatas waktunya, hanya yang melihat dan mendengar pada waktu itu saja yang tahu, dan kererbatasan ruang karena orang yang jauh tidak akan bisa mendengar dan melihat dengan baik.
Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Sejarah
Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Perkembangan sistem informasi tersaji pada masa periode-periode yang dibagi menjadi 4 masa yaitu sebagai berikut :

a. 3000 Tahun sebalum masehi.

Untuk pertama kalinya, tuliasn digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai hurufnya. Simbol atau huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.

b. 2900 Tahun sebelum masehi.

Pada masa ini, bangsa mesir menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol tersebut digabungkan maka akan terdapat suatu rangkaian yang akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa sumeria.

c. 500 tahun sebelum masehi.

Pada masa ini, manusia sudah mengenal dan tahu cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas yang menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.

d. 105 masehi.

Pada masa ini, bangsa cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan adalah kertas yang kita kenal dimasa sekarang ini dimana kertas tersebut di buat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan  blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta. Sistem ini pada masa sekarang dikenal dengan istilah sistem cap.

B. Pengertian Komunikasi dan Teknologi Informasi.

Komunikasi bisa diartikan sebagai proses penyampaian pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima dengan menggunakan simbol atau lambang tertentu, baik secara langsung atau tidak langsung (menggunakan media) untuk mendapatkan umpan balik. Maka dari itu, didalam komunikasi, minimal ada dua atau lebih pihak yang terlibat yakni pengirim dan penerima.

Teknologi Informasi bisa diartikan sebagai teknologi yang digunakan untuk mengolah informasi termasuk mendapatkan, menyimpan, dan manyampaikan atau menyebarkannya. Dalam keseharian pada masa kini, teknologi informasi sangatlah erat kaitannya dengan teknologi komputerisasi dan dan komuniksi secara elektronik.

Komuniksi ada yang secara langsung dan ada pula yang tidak langsung. Komunikasi langsung artinya penyampai pesan atau informasi dan penerima pesan atau informasi berhadapan secara langsung, contohnya, dua orang manusia yang berbicara secara langsung antara mulut ke mulut, guru yang mengajar didalam kelas, atau orang yang sedang berceramah didalam tempat ibadah. Komunikasi yang seperti ini memiliki sifat abadi dan tak tergantikan.

Komunikasi tidak langsung artinya, Terjadinya suatu komunikasi yang dilakukan  dengan menggunakan media sebagai perantara komunikasi. Contohnya, Pembicaraan yang dilakukan melalui telepon, menonton TV, dan mendengarkan radio. Komunikasi jenis ini tidak harus sailng berhadapan tidak harus berada diruang dan waktu yang sama.

Demikian ulasan singakat diatas, semoga bermanfaat untuk anda sekalian, selamat belajar dan sukses selalu menyertai anda. Terimkasih.

Sumber : KEMEDIKBUD-RI_jakarta,2017.
Penulis : Suci Paresti Dkk. Triyadi.
Penerbit : Balitbang Kemendikbud, Tiga Serangkai.

Advertisement 2

Pengertian dan Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar