Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

17 Agustus 2018

Contoh Serta Cara Perilaku Jujur dan Adil

Menerapkan Perilaku Jujur dan Adil

Tahukan kalian tentang bagaimana cara mnerapkan perilaku jujur dan adil? caranya adalah dengan melatih diri untuk selalu berkata jujur dan bersikap adil terus menerus. Kedua perilaku terpuji ini, sangat penting untuk dilatih dan juga dibiasakan setiap waktu dimanapun kita berada sebab jika seseoran gsudah terbiasa untuk berkata jujur dan berlaku adil, maka kedua sikap terpuji ini akan senantiasa melekat pada dirinya. Lalu kapankah seseorang dapat mulai berperilaku jujur dan adil? yaitu pada waktu detik ini juga hingga nanti dan jangan ditunda, dimulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang untuk senantiasa berlaku jujur dan adil.

Contoh Serta Cara Perilaku Jujur dan Adil
Contoh gambar pengemis jujur asal Thailand  
Perilaku terpuji ini memang sangat perlu dan penting untuk senantiasa dilatih sejak usia dini, sebab pada usia dini, seorang anak sangat mudah dididik dan dilatih. Orang tua sangat memiliki peran penting dalam mendidik anaknya-anaknya untuk jujur dan adil. Orang tua juga harus menjadi teladan untuk anak-anaknya dalam menerapkan kejujuran dan menegakkan keadilan. Kejujuran dan keadilan seorang guru pun juga akan dicontoh oleh anak didiknya. Begitupun dengan kalian, kejuuran dan keadilan kalian akan dilihat dan dicontohkan oleh adik-adik kalian.

1. Cara Menerapkan Perilaku Jujur

Cara menerapkan sikap dan perilaku jujur dan adil dirumah dan disekolah maupun dimasyarakat. Perhatikan beberapa contoh perilaku jujur dan adil dibawha ini.

a. Di Lingkungan Rumah (keluarga). 

Kita harus melakukan tugas yang diamanahkan kepada kita dari orang tua sebaik mungkin. Contoh ; Ketika ibu meminta tolong untuk dibelikan minyak gorangan serta kebutuhan pokok lainnya. Sebagai anak yang jujur, semua uang sisa kembalian diberikan kepada ibu. Hal ini ini mencerminkan bahwa anak tersebut dapat memegang amanah dan menjalankannya dengan baik. Memberitakan sesuatu hal baik ke orang tua ataupun kedalam lingkungan masyarakat.


b. Di Lingkungan Sekolah 

Mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh ibu dan bapak guru dengan penuh tanggung jawab Tidak mencontek saat ulangan, Melaksanakan tugas bersih-bersih sesuai jadwal, menataati tata tersib disekolah, bertutur kata yagn benar kepada bapak dan ibu guru disekolah, jaryawan sekolah dan juga teman-teman disekolah dan jika bersalah maka harus mengakui kesalahannya.


c. Di Lingkungan Masyarakat.

Dengan berperilaku jujur, maka seseorang dapat menjaga masyarakat untuk selalu tenang, harmonis dan saling menghormati. Orang yang jujur, tidak akan mengarang cerita atau gosip tentang tetangga atau orang lain sehingga dapat memicu kegaduhan dan menciptakan suasana lingkungan yang tidak kondusif, antara perkataan dan perbuatan. Dengan berperilaku jujur maka orang lain akan selalu merasa aman dan tentram.

2. Cara Menerapkan Perilaku Adil.

Perilaku adil dapat diterapkan pula didalam lingkungan keluarga, sekoah dan lingkungan masyarakat. Perhatikan ulasan dibawah ini;

a. Di Lingkungan  Rumah (keluarga).

Contohnya pada saat awal bulan ayah memberikan uang saku kepada tiga orang anaknya dan anggaplah kalian adalah anak pertma. Ayah menitipkan uang saku untuk kedua adikmu. Masing-masing dari mereka mendapatkan Rp. 10.000 dan Rp. 5000. sedangkan kamu mendapatkan Rp.20.000. Ayah telah memberikan uang saku dengan cara yagn adil sesuai dengan tingkat kebutuhan anak-anaknya, jadi sebagai kakak, kalian haruslah adil kepada adik-adik kalian dengan cara memberikan hak uang saku mereka sesuai dengan perintah ayah kalian.
b. Di Lingkungan Sekolah.

Dapat diterapkan dengan senantiasa menghormati tugas ketua kelas dan anggota pengurus lainnya. Mereka harus diperlakukan secara adil sesuai dengan posisinya masing-masing didalam kepengurusna kelas dan bukan justru melakukan yang sebalikya yaitu meremehkan, dan juga merendahkan mereka sebagai "pesuruh" dikelas.
c. Di Lingkungan Masyarakat.

Dapat diterapkan cara berlaku adil kepada tetangga dan warga lainnya yang berada dalam satu RT, RW ataupun kelurahan. Memperlakukan tetangga dengan baik, menjaga dan tidak merusak nama baiknya dengan carita-cerita yang tidak benar dan bersifat negatif. Tidak mengganggu tetangga dengan suara-suara yang terlalu berisik seperti memutar musik dengan keras saat tiba waktu ibadah, atau memutar musik hingga larut malam. Mengapa demikian, sebab tetangga kita juga punya hak untuk dihormati, dihargai dan diperlakukan dengan baik. Dengan memberikan hak tetangga berarti kita telah berperilaku adil kepada tetangga kita.

Demikianlah ulasan singkat tentang bagaimana cara menerapkan perilaku jujur dan adil diatas, semoga bermanfaat untuk anda dan salam jabat hati untuk semuanya, dan baca juga artikel agama terkait lainnya yang membahas tentang  Pengertian Jujur dan Adil serta Dalil Tentang Jujur dan Adil. Terimakasih.
Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017.
Penulis : Muhammad Ahsan, Sumiyati.
 

Advertisement by Google 2

Contoh Serta Cara Perilaku Jujur dan Adil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar