Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Jenis dan Manfaat Bahan Pangan Umbi-Umbian

1. Jenis Umbi-Umbian

Jenis Umbi-Umbian terdiri atas beberapa macam dan memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kita pelajari bersama dan umbi-umbian yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia yaitu :
  • Ubi Jalar.
  • Ubi Kayu atau Singkong.
  • Talas, dan
  • Kentang

2. Manfaat Ubi Jalar.

Jenis dan Manfaat Bahan Pangan Umbi-Umbian
Manfaat Bahan Pangan Umbi-Umbian
Ubi jalar adalah jenis tanaman budidaya dengan bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Terdapat tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan masyarakat Indonesia yaitu ibu jalar merah, putih dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar ini masing-masing memiliki varietas unggul dengan produksi yang tinggi. Varietas yang populer diantaranya ubi jalar cilembu, georgia, lampeneng,borobudur, prambanan, kalasan dan mendut. Pada umumnya, ubi jalan di budidayakan pada daerah atau wilayah dengan iklim tropis atau panas dan lembab dengan memanfaatkan akarnya yang berumbi sebagai bahan pangan.

Ubi jalar merupakan makanan sehat yang baik utuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua sebab ubi memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks dan tinggi sehingga membuat energi tidak sekaligus terlepas tetapi secara bertahap. Ubi jalan juga memiliki kandungan Vit. C yang tinggi yang berguna untuk kesehaan kulit, Vit A dan beta -karoten yang bermanfaat untuk mencegah dari kanker paru-paru dan kanker mulut. 

Ubi jalar juga merupakan makanan dengan rasa yang manis dan bebas lemak sebab indeks glikemiknya yang rendah, sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes sebab dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Terdapat pula Vit B6 yang bisa menjadi pencegah dari seranan jantung serta kalium yang bermanfaat untuk menstabikan tekanan darah dan juga stres. Selain itu, juga terdapat kandungan zat besi, folat, mangan, dan tembaga.

3. Manfaat Ubi Kayu.

Ubi kayu atau singkong adalah tanaman perdu dengan akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang membesar menjadi umbi akar serta dapat dikonsumsi. Umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok sebab mengandung karbohidrat yang tinggi tapi tidak memiliki banyak protein. Daun pada ubi kayu termasuk sumber protein yang baik sebab mengandung asam amino metionin. jadi oleh karena itu, daun singkong yang masih muda banyak dimakan sebagai lalapan atau dibuat menjadi sayur dengan cara di haluskan.

Kandungan gizi yang terdapat pada Umbi ubi kayu yaitu, Kalori. Hidrat arang, Protein, Lemak, Kalsium, Fospor, Zat besi, Vit B dan C, dan  Amilum. Kandungan gizi pada daun ubi kayu yaitu, Vitamin A, B1 dan C, Kalsium, Kalori, Fosfor, Protein, Lemak arang, dan Zat besi. Untuk bagian kulit pada batang ubi kayu atau singkong mengandung Tanin, Enzim Peroksidase, Glikosida, dan Kalsium Oksalat yang menurut pakar tanamna obat bahwa singkong memiliki efek farmakologis sebagai antioksidan, anti kanker, anti tumor serta penambah nafsu makan.

Oleh karena itu, pada zaman dahulu, singkong dijadikan tanaman obat alternatif untuk mengatasi berbaai keluhan penyakit yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai obat pencernaan sebab singkong mengandung banyak serat yang tidak larut didalam air sehingga dapat melancarkan pencernaan. Serat pada singkong berfungsi untuk melancarkan BAB dan mampu menyerap toksin didalam usus sehingga dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat.
  • Sebagai obat luka yang bernanah juga luka bakar. Dimanfaatkan dengan cara, batang singkong yang masih segar ditumbuk kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Untuk luka bekas garukan, singkong diparut, ditempelkan dan diperban pada bagian yang luka. Untuk luka bekas terkena benda panas atau luka melepuh, singkong diparut dan diperas, ambil sarinya kemudian di diamkan hingga patinya mengendap, kemudian pati tersebut dioleskan pada bagian tubuh yang terkena benda panas.
  • Sebagai obat panas dalam, proses pengobatannya dilakukan dengan cara singkong diparut kemudian diperas. Air perasan tersebut kemudian diminum. Manfaat air perasan singkong ini memiliki getah dan tepung yang dapat mengobati sakit maag dan juga mendinginkan lambung untuk mengobati panas dalam.
  • Sebagai obat diet, sebab dengan kalori yang rendah maka singkong atau ubi kayu merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

4. Manfaat Umbi Talas.

Pada umumnya, masyarakat di Indonesia menjadikan umbi talas tersebut sebagai bahan makanan cemilan, namun pada saat sekarang ini, sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai mengubahnya menjadi makanan pokok. Umbi talas sebagai sumber karbohidrat pengganti beras sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagia jenis keperluan. Salah satu daerah yang makanan pokoknya adalah umbi talas yaitu pada daerah Sorong Papua. 90% pada bagian tanaman talas bisa dimanfaakan seperti umbi, tunas muda dan tangkai daunnya. Sedangkan pelepah dan daun pada talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat-obatan aaupun pembungkus makanan. adapun bagian yang tidak dapat dimakan hanyalah pada bagian akar serabutnya saja.

Pada tanaman talas, juga terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi pada umbinya dan juga rendah lemak dan protein. Selain itu, pda umbi talas juga terdapat beberapa jenis vitamin yang diantara adalah, Vitamin E, C, B6, dan Beta Karoten (nutrisi yang setara dengan Vit A) serta kandungan serat yang baik dan mineral.

Beberapa manfaat umbi talas untuk kesehatan manusia adalah sebagai berikut.
  • Melancarkan pencernaan makanan sebab memiliki kandungan serat yang cukup serta dapat dikonsumsi sebagai makanan bayi dengan cara dijadikan bubur dengan tingkat alergi yang rendah.
  • Menjaga kolesterol dalam darah tetap normal dengan cara direbus tanpa campuran apapun, menjaga gangguan sarangan jantung dan tekanan darah tinggi sebab setiap cangkir talas mengandung Potasium yang menjaga kerja jantung dan tekanan darah tetap normal, Mangan untuk memperlancar metabolisme protein dan lemak dalam tubuh dan Kalium baik untuk kesehaan jantung.
  • Secangkir talas memiliki vitamin C yan cukup untuk mempertahankan kondisi tubuh, Vit B6 untuk menjaga imunitas tubuh dan Vit. E pada talas membantu mengurangi resiko terkena serangan jantung.
  • Beta karoten pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata,kulit dan meningkatkan fertilitas.
  • Memenuhi kebutuhan mineral tubuh hanya dengan secangkir talas sebab memiliki magnesium, fosfat, dan tembaga yang sangat dibuthkan oleh tubuh.
  • Akar rimpang pada talas yang buat menjadi bubur di gunakan untuk mengobati sakit encok semantara cairan akar rimpang talas diguankan sebagai obat bisul. Getah pada daunnya digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka sekaligus sebagai obatnya. Pelepah dan tangkainya yang panjang dimanfaatkan untuk mengobati gatal-gatal atau mengobati gigitan kalajengking.
  • Daun, Kulit dan Ampas umbinya dapat juga dimanfaatkan menjadi pakan untuk ternak seperti daunnya yang dimanfaatkan untuk keperluan pakan ikan gurame.
5. Manfaat Umbi Kentang.

Diseluruh dunia, tanaman ini banyak di budidayakan sebab merupakan salah satu tanaman tahunan yang tergolong sebagai herba semusim (tanaman pendek tidak berkayu) dan sangat cocok di tanam pada dataran tinggi dan beriklim tropis. Penduduk Eropa dan Amerika memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok dimana bagian yang dimanfaatkan pda kentang ialah umbi batangnya. 

Pada masa sekarang, kentang juga dimanfaatkan sebagai makanan alternatif untuk program diet sebab kentang sangat kaya akan nutrisi yang merupakan sumber karbohidrat dengan kandungan tepung dan gula yana tinggi, vitamin, dan juga serat serta memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada nasi sebab memiliki protein dan mineral yang lengkap. Kentang jika dibersihkan dengan baik dan dikonsumsi beserta kulitnya maka kentang masuk dalam kategori karbohidrat yang kompleks.

Zat gizi yang terkandung didalam kentang terdiri dari potasium, Vit C, B1,B2,B3, Protein,Mineral penting seperti zat besi, mangan, magnesium, fospor, tembaga dan kalium termasuk pula Karbohidrat kompleks dan Fiber atau pengganti gula darah dan menjaga tensi darah. Jumlah lemak pada kentang sangat sedikit sehingga dapat mengurangi endapan kolesterol didalam lapisan saluran darah. Selain itu, kentang juga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami kekuarangan gula dalam darah yang menjadi sumber terbaik dalam proses pembentukan zat besi dalam darah. Kentang juga menjamin sistem kekebalan tubuh sebab memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi.

Beberapa manfaat dari umbi kentang adalah sebagai berikut :

  • Menjaga fungsi sistem pencernaan dengan adanya serat tinggi yang terkandung didalamnya.
  • Dapat melawan dan menghindarkan dari penyakit jantung, gangguan syaraf, tumor serta dapat mengurangi gangguan penyakit kanker prostat dan kanker rahim. 
  • Anti oksidan Flavonoid dan Guercetin pada kentang memiliki sifat anti kanker dan kardioprotektif sesuai dengan hasil penelitian terbaru jika dikonsumsi dengan kulitnya agar mendapatkan antioksidan dan vit.c.
  • Dapat menjaga kesehatna kulit dengan cara membalurkan parutan kentang kewajah hingga dapat menghilangkan pembengkakan dan kerutan di bawah mata.
  • Dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sebab memiliki kalori yang rendah.
  • Memiliki manfaat yang baik untuk otak sebab terdapat kandungan zat besi dan tembaga didalamnya.
  • Dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres sebab mengandung Vit. B6.
Setelah kita mengetahui semua manfaat tersebut, semoga saja hal tersebut dapat menambah rasa syukur kita terhadap sang pencipta yang membuat segala menjadi sempurna dan kita selaku menusia cukup menikmatinya saja dan memperlakukan semua dengan bijak. Semoga ulasan ini dapat memberi manfaat yang baik untuk anda dan terimakasih atas kesempatannya.

Dan jika artikel ini dianggap bermanfaat mohon agar dibantu dengan share.

Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017.
Penulis : Suci Paresti Dkk.  

Advertisement 2

Jenis dan Manfaat Bahan Pangan Umbi-Umbian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih