Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

2 Agustus 2018

Jenis Serta Manfaat Bahan Pangan Serealia

Serealia_Pembelajaranmu.com


1. Jenis Serealia dan Manfaatnya.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian serealia, umbi dan kacang dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat serta jenis dari pada serealia yang mudah mudahan dapat membantu anda dalam proses menimbah dan menambah ilmu pengetahuan anda.. Berikut ulasannya! 
Jenis Serta Manfaat Bahan Pangan Serealia
Sereals
Jenis Serealia terbagi menjadi empat jenis yaitu :
  • Beras.
  • Jagung.
  • Gandum, dan 
  • Sorgum.
a. Beras.

Beras adalah butiran padi yang telah dipisahkan dari sekamnya. Beras mengandung karbohidrat yang kaya akan zat gula atau glukosa. Rasa manis dari kandungan glukosa merupakan sumber energi yagn sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dalam melakukan segala aktifitasnya. Selain rasa manis dari beras tanak, nasi cocok juga dipadukan dengan berbagai lauk pauk yang membuat orang - orang menggunakan beras sebagai makanan pokoknya.

Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat dari perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endosperma, dan komposisi pati pada endosperma. Aleuron adalah lapisan terluar beras yang sering kali ikut terbuang pada saat proses pemisahan kulit. Endospermia adalah tempat sebagian pati dan protein beras berada.
  • Beras putih, sesuai dengan namanya, warnanya putih bening sebab hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20 %. Beras ini mendominasi pasar bebas.
  • Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu pada beras merah.
  • Beras hitam, Tipe beras ini sangat langka sebab aleuron dan endospermanya memproduksi antosianin dengan intensitas yang sangat tinggi sehingga berawarna ungu pekat meyerupai hitam.
  • Beras ketan, warnanya putih padat tidak transparan atau bening yang hampir seluruh patinya merupakan amilopektrin.
  • Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.
b. Jagung.

Jagung merupakan tanaman semusim (annual) yang satu siklus hidupnya diselesaikan dalam rentang waktu 80 sampai 150 hari. Peruh pretama dari proses pertumbuhan merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan pada paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif. Secara umum, jagung memiliki dua varietas yaitu berwarna kuning dan putih.

Pada jagung, bagian yang kaya akan karbohidrat adalah pada biji jagung yang sebagian besarnya berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat pada jagung dapat mencapai angka 80 % dari seluruh bahan kering biji yang berbentuk pati dan umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektrin.

Tanaman jagung memiliki banak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan juga hewan sebab hampir dari seluruh bagia jagung dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis keperluan yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Batang dan daun pada jagung dapat dijadikan pakan ternak dan pupuk kompos.
  • Batang dan daun keringnya dapat dijadikan kayu bakar.
  • Batangnya dapat dijadikan lanjaran dan bahan kertas.
  • Buah jagung muda dapat dijadikan sayuran, perkedel, bakwan, dan sambal goreng.
  • Biji jagung yang sudah tua dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, marning, brondong, roti jagung, tepung, bihun, bahan campuran kopi bubuk, biskuit, kue kering, pakan ternak,bahan baku industri bir, industri parmasi, dekstrin, perekat, dan industri tekstil.
Maka dari itu, selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak, diambil minyaknya, dibuat menjadi tepung, dan juga sebagai bahan baku industri.

c. Gandum.

Orang - orang india menjadikan gandum utuh menjadi tepung sebagai makanan pokok. Namun jika kita melihat ke Indonesia, gandum hanya dijadikan sebagai bahan roti dan mie instan. Gandum juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sama seperti dengan beras yang diolah menjadi nasi. Beberapa manfaat dari gandum adalah sebagai berikut :
  • Mengonsumsi gandum membuat tubuh merasa kenyang lebih lama yang disebabkan oleh serat larut yang ada pada gandum cenderung memperlamban pencernaan karbohidrat, sehingga mengurangi lonjatan kadar gula darah, yang pada akhirnya tidak akan mendesak keinginan untuk selalu makan.
  • Mengonsumsi gandum secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.
  • Menurunkan berat badan.
  • Menyembuhkan sembelit sebab gandum merupakan  sumber serat yang dibutuhkan tubuh.
  • Senyawa fitokimia pada gandum bisa mengurangi resiko seseorang terkena kanker.
d. Sorgum.

Sorgun adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan ternak  dan bahan baku indistri. Tanaman sorgun hampir mirip dengan tanaman jagung, namun sorgun tumbuh lebih tinggi dan cocok ditaman pada lahan yang kering maupun berair serta tahan terhadap hama dibadingkan dengan tanaman sejenisnya.

Dari segi manfaat untuk gizi, tanaman sorgun megandung karbohidrat, protein, kalsium, serta zat lain yang beramanfaat, karna mengandung karbohidrat, sorgun dapat dijadikan bioetanol yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar. Sorgun bermanfaat dimulai dari daun hingga akarnya. Adapun manfaat dari sorgun adalah sebagai berikut :
  • Daun, Dimanfaatkan sebagai sumber pakan ternak, tangkainya dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan  dan juga sapu serta bungu tanaman sorgun dapat dimanfaatkan sebagai hiasan.
  • Batang sorgun merupakan sumber bioetanol serta bahan pembuaan kertas. batang muda pada sorgun dapat dibuat menjadi sirup sebab rasanya manis dengan cara mengupas kulit bagian luarnya dan ambil bagian dalamnya untuk diolah.
  • Akar dari sorgun dapat dibuat menjadi jamu untuk memperlancar peradaran darah dengan cara akarnya dibersihkan, kemudian direbus dan air rebusannya diseduh dan diminum selagi hangat.
  • Biji sorgun memiliki kandungan gizi yang sangat besar dengan protein tinggi, kalsium, dan karbohidrat yang lebih besar, selain dari itu, sorgun juga memiliki serat yang kaya dan juga mengandung gluten yang rendah. Biji sorgun dapat dibuat menkadi tepung sebagai bahan dasar pembuatan panganan, bahkan setelah kulitnya dilepas, sorgun dapat ditanak seperti beras dan dikonsumsi langsung.  
Selain dari jenis-jenis serelaia di atas, juga terdapat jenis lain yang berasal dari berbagia daerah diluar Indonesia seperti :

e. Avena sativa L 

Avena sativa L, sering juga disebut dengan  Haver atau Oats merupakan salah satu jenis tanaman serealia yang banyak terdapat pada daerah dengan kondisi alam sub-tropis atau sedang sedang. Bulir yang dihasikan oleh tanaman ots ini banyak dimanfaatkan untuk makanan pokok dan juga sebagai pakan ternak terutama pada hewan kuda.

f. Coix lacryma-jobi L 

Coix lacryma-jobi L, sering juga disebut dengan tanaman Jali adalah tanaman serealia dari suku pocaseae  di daerah tropika dan berasal dari Asia Timur serta Malaya, namun kini jali sudah menyebar keseluruh penjuru dunia. Terdapat 2 varietas yang sering ditanam oleh orang yaitu Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih serta berbentuk oval sering dipakai sebagai manik-manik. Sedangkan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen sering jadikan makanan dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

g. Buckwheat

Buckwheat, merupakan tanaman jenis serealia dan dapat pula diolah menjadi tepung, Buckwheat tidak sama dengan tanaman serealia yang lain seperti gandum karena nutrisi yang paling menonjol pada tanaman serealia jenis ini adalah proteinnya yang bisa mencapai 13%,karbohidrad 71% serta lemak 8% per 100g.selain itu terdapat vitamin b, zat besi, dan serta zinc yang tentunya sangat bermanfaat untuk kebutuhan nutrisi pada tubuh manusia.

Demikianlah penjelasan diatas semoga bermanfaat dan terimakaasih.
Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017
Penulis : Suci Paresti Dkk.

Advertisement by Google 2

Jenis Serta Manfaat Bahan Pangan Serealia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar