Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

7 Agustus 2018

Manfaat serta Jenis Bahan Pangan Kacang - Kacangan

Bahan Pangan Kacang - Kacangan 

Jenis dari bahan pangan kacang-kacangan terdiri dari beberapa jenis seperti kacang tanah, kacang kedelai, dan juga kacang hijau. Semua jenis ini terdapat banyak didaerah tropis seperti di Indonesia. Bahan pangan kecangan ini dapat diolah menjadi berbagai macam jenis olahan dan tentunya juga menyehatkan bagi tubuh manusia. Adapun manfaat dari kacang-kacangan tersebut adlaah sebagai berikut :

1. Manfaat Kacang Tanah. (Arachis Hipogaea L)

Kacang tanah tergolong kedalam famili dari Fabaceae, biasanya ditaman pada lahan kering atau lahan sawah setelah pasca panen padi. Kacang tanah memiliki banyak biji dan biasanya dipanen setelah berusia 90 - 95 hari setelah tanam. Adapun ciri fisik tanaman kacang tanah berupa tanaman perdu dan berdaunkecil.

Di Indonesia, kacang tanah memiliki beberapa nama seperti kacang bandung, kacang jecrol, kacang kole, kacang tuban, dan lainnya dimana sebutan tersebut diberikan sesuai dengan khas daerah dimana kacang itu berasal. Kacang tanah memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan, yang diantaranya adalah serat, protein, karbohidrat,lemak jenuh dan lemak tidak jenuh, serta omega 6, dan juga terdapat berbagai macam vitamin didalamnya seperti vitamin C,A,D,E,K,B kompleks yang tinggi dan berbagai macam mineral.
Berikut ini beberapa manfaat utama dari kacang tanah!
  • Folat pada kacang sangat penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada bayi yang baru lahir.
  • Kandungan vitamin E pada kacang tanah merupakan antioksidan yang bersifat larut lemak yang kuat dan membantu menjaga intensitas selaput lendir dan kulit terlindung dari radikal bebas.
  • Selain itu kandungan kacang tanah juga dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil,
  • Menjaga sirkulasi aliran darah otak.
  • Sebagai sumber antioksidan dan mencegah penyakit kanker, jantungm kolosterol tinggi.
Manfaat terbesar kacang tanah adalah menyediakan energi yang banyak dan sangat penting untuk kesehatan sebab ketersediaan antioksidan akan meningkat apabila kacang tanah diolah dengan cara dipanggang atau direbus. Oleh sebab itu, ada ungkapan yang mengatakan bahwa mengkonsumsi satu genggam kacang tanah setiap hari dapat memberikan kebutuhan antioksidan, mineral, vitamin dan protein didalam tubuh dengan jumlah yang cukup.

2. Manfaat Kacang Hijau. (Vigna Radiata L).

Pembudidayaan kacang hijau dilakukan dengan biji pada lahan kering maupun sawah yang sudah panen padi. Buah pada kacang hijau berbentuk polong dan merupakan jenis tanaman semusim yang memiliki umur panen sekitar 55 hingga 65 hari setelah ditanam. Kacang hijau merupakan bahan pangan sehat yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaa dan dibutuhkan oleh tubuh serta sebagai obat. 

Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan!
  • Kandungan kalsium, fospor, zat besi, Vit B kompleks pada kacang hijau berkhasiat sebagai obat beri-beri, demam nifas, dan melacarkan air seni.
  • Memiliki kandungan zat besi yang lumayan tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi penderita penyakit animae atau kurang darah.
  • Kandungan serat yang tinggi serta lemak yang rendah pada kacang hijau, mampu menyerap lemak tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah sebagai penyebab terjadinya strok dan jantung dan tentunya sangat bermanfaat bagi penderita obesitas atau kegemukan. 
  • Rendah lemak serta serat yang tinggi pada kacang hijau, sangat baik untuk program penurunan berat badan dan disertai dengan olahraga yang teratur.
  • Vitamin B kompleks bermanfaat sebagai makanan pendamping ASI bagi ibu hamil yang dapat membuat pertumbuhan anak atau bayi lebih sehat.
  • Rendahnya kadar kolesterol yang rendah pada kacang hijau serta serat yagn mudah larut, sangat baik dikonsumsi untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi kadar mampu mengurangi kadar kolesterol yang dideritanya.
  • Beberapa kandungan mineral seperti kalsium dan fospor pada kacang hijau dapat menjaga kekuatan dan pertumbuhan tulang serta gigi serta mencegah dari penyakit oestoporosis pada orang tua.
  • Kacang hijau juga bermanfaat untuk kulit, mampu menghaluskan kulit dengan menyerap sel kulit mati yang ada pada tubuh hingga kuloit akan nampak lebih putih dan bersih.
Manfaat serta Jenis Bahan Pangan Kacang - Kacangan
Manfaat Bahan Pangan Kacang - Kedelai

3. Manfaat Kacang Kedelai. (Glycena Max L).

Kacang Kedelai termasuk dalam tanaman semusim dan juga tergolong kedalam jenis familia Fabaceae dengan buahnya yang berbebtuk polong dan memiliki banyak biji. Berbagai macam olahan bahan makanan dapat dilakukan dengan bahan dasar kedelai ini, seperti tahu dan tempe.

Adapun beberapa manfaat daripada kacang kedelai ini yaitu sebagai berikut :
  • Dengan kadar protein yang tinggi, kacang kedelai sangat berguna untuk membantu membangun sel tubuh dengan baik untuk vegetarian. 
  • Mengandung Vitamin B1, B2, B6 dan Provitamin A serta kalsium, magnesium, selenium, fosfor, karbohidrat, protien dan asam omega 3 yang sangat bermanfaat sebagai susu bayi sebab memiliki kandungan gizi yang lengkap.
  • Memiliki lemak yang rendah sehingga dapat mengatasi intoleransi laktosa, yang merupakan sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik akibat dari terbatasnya enzim laktase didalam tubuh yang berfungsi untuk  memecah laktosa menjadi glukosa dan juga galaktosa atau monosakarida agar lebih mudah dicerna oleh usus.
  • Memiliki atau mengandung minyak nonkolesterol berkualitas tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Mengandung letisin yang manfaatnya untuk menjaga kolesterol tubuh, metabolisme tubuh, dan membantu metabolisme lemak yang tersendak dihati yang secara langsung melindungi organ hati.
  • Kandungan lesitin dan zat besi pada kacang kedelai yang telah diolah menjadi tempe, mampu meningkatkan aktifitas vitamin B12 yang memiliki peran sebagai pembentuk sel darah merah sehingga dapat mengurangi atau mencegah gejala animea serta berguna pula untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan ingatan dan berfikir.
  • Kandungan senyawa Isoflavon (antioksidan) serta serat pangan pada kacang kedelai, dapat membantu resistensi insulin serta menjaga kestabilan kadar gula dalam darah yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, Isofalavon pada kacang kedelai juga bermanfaat untuk mencegah pengeroposan pada tulang sebab dapat menambah massa tulang.
  • Antioksidan seperti Vit. E dan B Komplek bermanfaat untuk kesehatan kulit, melindungi dari sinar UV dan menunda penuaan dini.
Setelah mengetahui manfaat dari kacang-kacangan tersebut diatas, semoga dapat membuat anda mulai berupaya untuk menjaga kesehatan anda dengan mencoba mengkonsumsi kacang-kacangan dengan cukup agar kesehatan anda tetap terjaga. Pada postingan sebelumnya yang masih berkaitan dengan potingan ini,  kita juga telah membahas mengenai pengertian dari serealia, umbi dan kacang-kacangan dengan harapan semoga anda berkenang membacanya sebagai tambahan referensi anda. 

Demikian ulasan diatas, dan Terimakasih.
Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017.
Penulis : Suci Paresti Dkk.

Advertisement 2

Manfaat serta Jenis Bahan Pangan Kacang - Kacangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar