Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

9 Agustus 2018

Penjernihan Air Menggunakan Bahan Buatan

1. Penjeernih Air dari Bahan Buatan.


Tujuan dari penjernihan air dengan bahan buatan sama seperti dengan tujuan penjernihan air dari bahan alami yaitu untuk mendapatkan air yang bersih. Pengolahan penjernih air dari bahan buatan tetap dilakukan dengan cara fisika melalui beberapa tahapan yakni penyaringan,pengendapan, dan oenyerapan menggunakan bahan buatgan manusia seperti bahan kimia. Perbedaannya hanyalah, pada bahan buatan yang digunakan seperti tawas dan bubuk kapur.

2. Bahan dan Alat Penjernihan Air dengan Bahan Buatan.

Selain penyaringan dari bhan alami, ada pula yang terbuat dari bahan buatan atau hasil dari rekayasa mausia. Beberapa penyaring rekayasa tersebut adalah sebagai berikut.
  • Klorin tablet yang digunakan untuk membunuh kuman, virus juga bakteri yang hidup didalam air.
  • Parasit aktif yang biasanya berwarna hitam dan dimanfaatkan untuk menyaring air sumur bor atgau sejenisnya.
  • Resin softener yang berguna untuk menurunkan kandungan kapur didalam air.
  • Resin kation yang dimanfaatkan untuk industri air minum kemasan atau pabrik air minum isi ulang.
  • Pasir zeolit yang dimanfaatkan untuk penyaringan air dan mampu menahan oksigen didalam air.
  • Pasir mangan dengan ciri khas berwarna merah yang digunakan untuk menurunkan kadar zat besi atau logam berat yang berada diadlam iar.
  • Pasir silika yang digunakan untuk menyaring lumpur, tanah dan pertikel besar atau kecil lainnya didalam air dan biasa digunakan untuk penyaringan pada proses atau tahap awal.
  • Karbon atau arang aktif yang digunakan untuk menyerap kotoran didalam air, jenis karbon ini memiliki luas permukaan yang besar sehingga dapat menyerap kotoran didalam air.
  • Tawas dan kaporit yang sering dimanfaatkan untuk kolam renang dengan tujuan untuk menghilangkan bau pada air rasa air yang kurang sedap.
  • Polyaliminium Clorida (PAC) digunakan untuk mengendapakan lumpur didalam air.
Penggunaan alat dan bahan buatan sangat penting untuk dipelajari agar tidak menimbulkan masalah sebab bahan kimia sedikit banyaknya akan tentu akan berpengaruh. Ketersediaan bahan kimia yang digunakan  bergantung terhadap daerah masing-masing. Maksudnya, tidak semua daerah memiliki persediaan bahan kimia yang diperlukan.

3. Prosedur dan Teknik Pembuatan Alat Penjernihan Air Buatan.

Teknik pembuatan alat penjernih air buatan sebenarnya bisa dibilang lebih mudah yaitu dengan menyiapkan bak/wadah atau tempat penampungan air kotor yang memadai dan diberi pengaduk bahan kimia. Selanjudnya disipakan bak untuk pengendapan dan penampungan untuk air bersih. Pembuatan media penampungan tersebut pasti akan menerapkan teknik melubangi, menyambung,d an memotong yang baik agar tidak terjadi kebocoran.

Biasanya penjernihan air dengan bahan buatan diteparkan pada daerah yang memiliki tingkat kotoran air yang tinggi. Kotoran yang dimaksud disini adalah air yang tercampur salah satu atau lebih dari pencemar (polutan) seperti lumpur, zat pewarna,kuman, serta yang lainnya.

Prosedur pembuatan alat penjernih buatan harus melalui survei bahan baku air yang akan dijernihkan sehingga dapat digunakan bahan kimia yang tepat untuk menjernihkannya. Pembuatan bahan buatan atau kimia cukup dengan kuantitas yang sedikit dicampurkan pada tempat pada tempat penampungan yang besar sehingga lebih hemat dan juga aman. Penggunaan bahan kimia penjernih yang berlebihan juga tidak anjurkan dan selain dari itu, endapan dari lumpur hasil pengendapan harus sering dibersihkan.

Jika kita berenang di kolam renang, terkadang kita masih mencium bau atau aroma yang berbeda pada kolam. Bau dan rasa tersebut berasal dari kaporit. Mengapa yang digunakan kaporit? sebab kaporit dapat dimanfaatkan untuk menjernihkan air dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan jika sampai air didalam kolam tersebut tertelan olah manusia asalkan dengan menggunakan petunjuk yang tepat dalam penggunaannya. Beberapa bahan buatan yang paling sering digunakan di masyarakat adalah tawas, kaporit, dan batu gaping atau batu kapur, Polyaluminium chlorida (PAC).

Tawas dan batu gamping berfungsi untuk mengendapkan kotoran yang ada diadlam air, namun tidak dapat membunuh kuman atau zat kimia lainnya. Kaporit berfungsi untuk membunuh kuman, virus dan bakteri didalam air, namun tidak dapat mengendapkan kotoran. Arang tempurung kelapa berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedapo pada air dan menjernihkan air. Bahan buatan lain yang dapat digunakan untuk penjernihan buatan yaitu Filter Ultraviolet dan Keramik. 
Penjernihan Air Menggunakan Bahan Buatan
Penjernihan Air Menggunakan Bahan Buatan
Ada beberapa cara sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan iar bersih. Cara yagn paling mudah dan paling umum yang serng dimanfaatkan adalah dengan membuat saringan air. Kita dapat membuat penjernih air atau saringan air sederhana. Perlu diperhatikan, bahwa air yang dihasilkan dair proses penyaringan air cara sederhana tersebut tidak sepenuhnya dapat menghilangkan garam yang terlarut didalam air.

Penelitian disejumlah negara eropa, timur tengah, dan asia barat menunjukkan bahwa saat ini tidak menyaratkan nulai batasan minuman dan optimum terhadap tingkat kekeruhan air, jumlah kalsium maupun magnesium dalam air. Dengan kata lain tidak membatasi negara-negara anggotanya dalam mengimplemetasikan sebuah persyaratan kedalam peraturan nasional meraka. Terlepas dari semua perbedaan tersebut, semua meyakini bahwa kandungan mineral atau zat padat terlarut lainnya yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan. Air yagn tidak bersih sebaiknya tidak melebihi dari ambang batas tertentu terhadap kandungan  zat-zat yang merugikan kesehatan.

Tingkat kekeruhan air sangat bervariasi sesuai dengan struktur atau kandungan mineral dalam tanah dan pada masing-masing lokasi. Diperlukan penelitian yang khusus untuk  mengetahui kandungan mineral sumber air pada suatu lokasi. Pada daerah yang memiliki sumerb air permukaan tanah, penelitian dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan daerah tanpa sumber air dimana kemungkinan harus melakukan pengeboran terlebih dahulu. Penaggulangan secara tepat dapat dilakukan dengan cara melakukan penyaringan air dengan menggunakan beberapa teknik penyaringan air bersih alami dan buatan maupun secara modern/tradisional. 

Demikian penjelasan diatas, semoga bermafaat dan terimakasih atas waktu yang anda berikan dan baca juga artikel berkaitan lainnya yang masih membahas tentang penjernihan air yaitu  penjernihan secara alami. Selamat belajar.

Sumber : KEMENDIKBUD-RI_Jakarta,2017.
Penulis : Suci Paresti, Dkk.   

Advertisement 2

Penjernihan Air Menggunakan Bahan Buatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar