Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

10 Defenisi Budaya Organisasi Menurut Ahli Sosiologi

10 Defenisi Budaya Organisasi Menurut Ahli Sosiologi .

Yang di maksud dengan Budaya Organisasi ialah suatu ciri khas yang terdapat pada suatu organisasi dan menjadi pedoman organisasi tersebut hingga membedakannya dengan organisasi lainnya. Dengan kata lain,budaya organisasi ialah norma atau perilaku dan nilai-nilai yang difahami dan diterima oleh seluruh anggota organisasi dan dipakai sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut.

10 Defenisi Budaya Organisasi Menurut Ahli Sosiologi
10 Defenisi Budaya Organisasi Menurut Ahli Sosiologi 
Secara sederhana Budaya Organisasi dapat juga ditafsirkan bagaimana segala sesuatu diselesaikan di tempat tersebut (Deal & Kennedy, 2000). Budaya dalam suatu organisasi melibatkan sekumpulan pengalaman, filosofi, pengalaman, ekspektasi serta nilai yang terdapat di dalamnya yang nanti akan dilukiskan dalam perilaku anggota, mulai dari inner working,interaksi dengan lingkungan di luar organisasi, hingga ekpsktasi di masa depan.

Berdasarkan keterangan dari Wikipedia.org bahwa Budaya Organisasi ialah sebuah sistem makna bersama yang dimiliki oleh semua anggota yang menjadi pembeda  suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini ialah sekumpulan ciri khas kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.

Ada pula yang menjabarkan budaya organisasi berarti melibatkan ketentuan tertulis dan tak tertulis, asumsi, kebiasaan, bahasa, simbol, norma, visi, sistem, keyakinan dan nilai (Needle, 2004). Di sisi lain, sejumlah pengertian budaya organisasi malah menekan serta membentuk karakter karyawan dalam organisasi tersebut. Jadi mau atau tidak, saat mereka masuk ke sana, mereka bakal mengikuti kebiasaan dan budaya yang berlaku di sana.

- Pengertian Budaya Organisasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli.

Beberapa orang berpengalaman di bidang ilmu sosiologi pernah menjelaskan tentang defenisi Budaya organisasi yang diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Sarpin (1995).
Berdasarkan keterangan dari Sarpin, pengertian budaya organisasi ialah suatu sistem nilai, kepercayaan, dan kebiasaan di dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur system formalnya untuk menghasilkan norma-norma perilaku organisasi.

2. Mondy dan Noe (1996).
Berdasarkan keterangan dari Mondy dan Noe bahwa definisi Budaya Organisasi ialah sistem dari shared values, keyakinan, dan kebiasaan yang terdapat pada suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur formalnya untuk membuat norma-norma perilaku.

3. Gareth R. Jones.
Berdasarkan keterangan dari Gareth R. Jones bahwa pengertian budaya organisasi ialah sebuah persepsi bersama yang dianut oleh setiap anggota organisasi, suatu sistem dari arti bersama.

4. Robbins.
Berdasarkan keterangan dari Robbins bahwa pengertian budaya organisasi ialah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh setiap anggota yang membedakan sebuah organisasi dengan organisasi yang lain.

5. Larissa A. Grunig.
Berdasarkan keterangan dari Larissa A. Grunig makna budaya organisasi ialah totalitas nilai, simbol, makna, asumsi, dan asa yang dapat mengorganisasikan sebuah kumpulan yang bekerja secara bersama-sama.

6. Lathans (1998).
Berdasarkan keterangan dari Lathans bahwa pengertian budaya organisasi ialah norma-norma dan nilai-nilai yang menunjukkan perilaku anggota organisasi. Semua anggota organisasi akan berperilaku sesuai dengan budaya yang berlaku supaya diterima oleh lingkungannya.

7. Schein.
Berdasarkan keterangan dari Schein bahwa pengertian budaya organisasi ialah sebuah pola dari sekian banyak  asumsi dasar yang ditemukan, diciptakan, atau dikembangkan oleh sebuah kelompok dengan tujuan supaya organisasi belajar menanggulangi dan menganggulangi masalah-masalah yang timbul oleh karena adaptasi eksternal dan integrasi internal yang telah berjalan dengan baik.

Dengan begitu, budaya organisasi mesti diajarkan untuk semua anggota baru sebagai teknik yang benar untuk memahami, memikirkan, dan merasakan berkaitan dengan masalah-masalah tersebut.

8. Hodge, Anthony, dan Gales (1996).
Berdasarkan keterangan dari Hodge, Anthony, dan Gales bahwa pengertian budaya organisasi ialah konstruksi dari dua tingkat karakteristik, yaitu ciri khas organisasi yang kelihatan (observable) dan yang tidak kelihatan (unoservable).

9. Susanto.
Berdasarkan keterangan dari susanto, bahwa pengertian budaya organisasi ialah nilai-nilai yang menjadi pedoman untuk sumber daya individu untuk menghadapi persoalan eksternal dan usaha penyesuaian integrasi ke dalam organisasi, dengan begitu setiap anggota organisasi wajib mengetahui nilai-nilai yang ada dan sebagaimana mereka mesti bertingkah laku atau berperilaku.

10. Walter R. Freytag.
Berdasarkan keterangan dari Walter R. Freytag bahwa pengertian budaya organisasi ialah berbagai asumsi dan nilai yang disadari atau tidak disadari yang dapat mengikat kepaduan suatu organisasi. Asumsi dan nilai itu menjadi penentu pola perilaku semua anggota di dalam organisasi.

Demikian ulasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement 2

10 Defenisi Budaya Organisasi Menurut Ahli Sosiologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar