Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

October 24, 2018

Inggris: Letak Geografis, Bentuk, Iklim, Kondisi Penduduk, Geologi dan Lainnya

Inggris: Letak Geografis, Bentuk, Iklim, Kondisi Penduduk, Geologi dan Lainnya. 

 A. Lokasi (letak gegrafis) Negara Inggris.

Negara Inggris terletak pada 50 derajat LU-60 derajat LU dan 8 derajat BB-2 derajat BT. Posisinya berada di Benua Eropa yang secara geografis berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik di Utara, Irlandia dan Samudra Atlantik di sebelah Barat, Laut Utara disebelah Timur, dan Selat English Channel di Selatan. 

Inggris: Letak Geografis, Bentuk, Iklim, Kondisi Penduduk, Geologi dan Lainnya
Inggris: Letak Geografis, Bentuk, Iklim, Kondisi Penduduk, Geologi dan Lainnya 
Luas wilayah Negara Inggris yaitu kurang lebih 244,110 km persegi, dan jumlah pulau kecil di sekitarnya. Jrak dari utara hingga selatan wilayah inggris mencapai 965 km serta jarak dari timur ke barat yagn mancapai 515 km.

B. Iklim Negara Inggris.

Dengan posisi lintangnya, Negara Inggris memiliki iklim sedang dan juga dikelilingi oleh lautan, sehingga  memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan basah. Maka dari itu, Hampir sepanjang tahun Iklim di Negara Inggris selalu terasa sejuk dan dingin. Di Negara Inggris, suhu tertinggi yang pernah tercatat mencapai 38,50 derajat selsius pada musim panas dan -26,10 derajat selsius pada musim dingin. Meskipun demikian, rata-rata suhu pada musim dingin antara 4 derajat - 5 derajat selsius serta musim panas dengan suhu 12 derajat hingga 16 derajat selsius serta pantai utara Negara Inggris lebih hangat dibandingkan dengan wilayah Inggris yang lainnya.

Negara Inggris juga sering di sebut dengan nama lain yakni Britania Raya, United Kingdom, dan England.
  • Britania Raya atau Great Britain merupakan gabungan dari beberapa negara seperti Inggris atau England, Skotlandia, dan Wales.
  • United Kingdom, merupakan  gabungan dari tiga negara Britania Raya ditambah dengan Irlandia Utara, dan 
  • England, merupakan Negara bagian yagn terbesar dan juga terpadat penduduknya. 
Curah hujan negara ini relatif merata sepanjang tahun dengan rata-rata mencapai 1000 MM/tahunnya dimana pantai barat inggris memperoleh curah hujan yang lebih tinggi dari pada pantai timurnya, namun meskipun demikian, curah hujan paling tinggi berada pada wikayah pegunungan. Dengan posisinya yang berada didekat samudra atlantik dan adanya arus atlantik utara membuat pesisir barat inggris lebih sejuk dan lebih basah dibandingkan dengan pesisir timur Inggris.

Jika hendak mengunjungi Negara Inggris, waktu yang baik untuk itu ialah pada bulan Mei, Juni, September dan Oktober sebab bulan Juli dan Agustus merupakan bukan terhangat dan juga terbasah, sedangkan bulan Juni dan Juli merupakan bulan paling basah dan sering terjadi banjir, sementara itu, di bulan Agustus terlalu panas dan kering.

C. Bentuk Muka Bumi Negara Inggris.

Secara relief, Wilayah Inggris terbagi atas dua bagian yakni wilayah dengan gunung-gunung pada bagian utara dan daratan rendah yang bergelombang di bagian timur dan selatannya. Perbedaan relief tersebut menampakkan adanya perbedaan usia dari bebatuan. Batuan berusia lebih tua berada pada bagian barat dan utara, sedangkan batuan muda berada pada wilayah bagian timur dan selatan.

D. Geologi Negara Inggris.

Inggris memiliki sumber daya geologi yang bermacam-macam atau beragam termasuk batu bara yang sangat menjadi faktor pendukung utama Revolusi Industri di Nagara Inggris. Selain dari pada itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang menjadi pemasok kebutuhan energinya selama abad XX. Termasuk pula energi panas bumi yang dimiliki Inggris dalam jumlah yang relatif terbatas. Terapat pula sumber daya mineral di Inggris berupa pasir, dan kerikil untuk bangunan, logam, dan lempung.

E. Flora dan Fauna Negara Inggris.

Kegiatan pertanian dan industri di Negara Inggis telah mengurangi luas lahan hutan alaminya yang akhirnya mengakibatkan sebagian flor dan faunanya berkurang populasinya dan bahkan sampai ada yang punah. Flora yang pada saat ini masih dapat kita jumpai di Inggris yaitu pohon Ek dan Elm, horse chestnut, spruce Norwegia, larch Jepang,d an fir Douglas. Faunanya yang masih dapat kita jumpai yaitu rusa merah skotlandia da juga sekitar 400 jenis burung termasuk pula rajawali emas dari skotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris.

F. Kondisi Penduduk Negara Inggris.

Di tahun 2015, penduduk Inggis mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS 2015) dimana angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4 % atau tergolong kedalam pertumbuhan jumlah penduduk yang relatif rendah. Sebagian besar penduduknya tinggal didaerah perkotaan yang mencapai angka 80% dari jumlah keseluruhan penduduknya. Kota London sebagai ibu kota negara ini dihuni sekitar 12% penduduk Inggris, sementara itu, di wilayah utara seperti skotlandia, wales dan irlandia utara penduduknya sangat jarang.

Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok yakni Bangsa Kelt (skotlandia, irlandia, dan wales) serta Bangsa Jerman (anglo, saxon, jute Denmark, dan Norman). Sekitar 87,2% penduduknya berkulit putih dan sisanya berkulit hitam dan Asia.

Adapun bahasa resmi yang digunakan di negara Inggris yaitu bahasa Inggris dan sekitar 86,% penduduknya beragama Kristen dan sisanya memeluk agama Islam, Hindu, Yahudi, Sikh, serta Ateis (tidak beragama).

Sekian ulasan singkat tentang Negara Inggris diatas , semoga bermanfaat dan terimakasih atas segenap waktu dan perhatiannya.
Sumber : Kemendikbud-RI_Jakarta,2018
Penulis : Iwan Setiawan, dkk.
Penelaah : Baha Uddin,dkk.
Pereview : Mulyana.

Advertisement 2

Inggris: Letak Geografis, Bentuk, Iklim, Kondisi Penduduk, Geologi dan Lainnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih