Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Keadaan Alam Wilayah Benua Amerika Serikat

Keadaan Alam Wilayah Benua Amerika Serikat.

Setiap wilayah disuatu negara memiliki ciri atau karakternya sendiri seperti lokasi,iklim,bentuk muka bumi,geologi,flora dan fauna serta keadaan penduduknya, tak terkecuali Benua Amerika Serikat yang tergolong kedalam benua terbesar didunia dengan wilayahnya yang sangat luas dan terdiri dari beberapa negara didalamnya. Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan berikut ini.

A. Keadaan Lokasi Benua Amerika Serikat 

Amerika Serikat terletak antara 24 derajat 33 LU - 70 derajat 23 LU dan 172 derajat 27 BB - 66 derajat 51 BB dengan berbatas wilayah Kanada di utara, Samudra Pasifik di barat, Samudra Atlantik di timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba di sebelah Selatan. Amerika jua memiliki negara-negara bagian yang terpisah dari daratannya yaitu Alaska yang terletak dibarat laut Kanada.

B. Keadaan Iklim Benua Amerika Serikat.

Benua Amerika Serikat memiliki beberapa jenis iklim yaitu iklim kontinentel, iklim sedang, mediteran, subtropis, dan iklim dingin/kutub (Alaska) dan memiliki 4 jenis musim yakni musim semi, musim panas, musim gugur dan juga musim dingin.

Di Benua Amerika Serikat juga memiliki curah hujan yang beragam seperti di pantai barat yang curah hujannya dapat mencapai 2500 mm/tahun meski demikian, pada wilayah gurun dan daratan rendah pedalaman, curah hujannya lebih rendah.

C. Keadaan Bentuk Muka Bumi Benua Amerika Serikat. 

Jika di lihat dari peta wilayah Benua Amerika Serikat, Secara fisik wilayah amerika serikat terdiri atas dua rangakaian pegunungan besar yakni Pegunungan Rocky di wilayah bagian barat dan Pegunungan Appalachia di wilayah bagian timur. Pegunungan Rocky memiliki beberapa puncak yang pada umumnya tidak terlalu tinggi dan pegunungan Appalachia di wilayah bagian timur membentang hingga hampir sejajar dengan Samudra Atlantik sepanjang 2.400 km.

Keadaan Alam Wilayah Benua Amerika Serikat
Keadaan Alam Wilayah Benua Amerika Serikat 
Dari kedua pegunungan tersebut terdapat daratan yang sangat luas yang disebut dengan Great Plains yang memiliki beberapa sungai mengalir melewati daratan luas tersebut dengan induk sungainya yaitu sungai Missisipi yang panjangnya hingga 3.734 km dan merupakan sungai terpanjang ke dua (2) di amerika Benua Amerika Serikat setelah sungai Missouri dengan panjang 3.768 km.

Pada bagian utara Benua Amerika Serikat yang berbatasan langsung dengan Kanada juga terdapat sejumlah danau besar yang dikenal dengan Great Lakes yakni danau Michigan, Danau Huron, Superior, Erie, dan Danau Ontaroi.

D. Keadaan Geologi Benua Amerika Serikat.

Benua Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki banyak sumber daya geologi yang diataranya adalah batu bara, minyak bumi, tembaga, pospat, tima dan besi. Kekayaan alam batu bara Benua Amerika Serikat bahkan dapat mencapai angka seperlima atau 27 persen dari cadangan batu bara dunia.

Juga terdapat beberapa bahan tambang yang dihasilkan Benua Amerika Serikat yaitu Uranium, bauksit,emas, perak,merkuri, nikel,potash, besi dan gas juga alam. Selain itu, Benua Amerika Serikat juga memiliki daratan luas yang subur yang ditanami berbagai jenis tanaman seperti tanaman sereal jagung serta sebagai daerah peternakan.

E. Keadaan Flora dan Fauna Benua Amerika Serikat.

Pada bagian utara daerah Benua Amerika Serikat terdapat pegunungan yang banyak terdapat pohon pinus, dibagian tengah Amerika terdapat padang rumput yang lumayan luasdari perbatasan Kanada di utara hingga sekitar teluk Meksiko di selatan.

Padang rumput tersebut berbatasan juga dengan gurun di bagian barat Amerika serikat serta pad abagian tenggara dapat dijumpai hutan lebat yang berguguran daunnya setiap tahun yang didalamnya terdapat pohon Mapel, Elm, dan Pohon Ek atau Oak, juga terdapat pohon besar yang tinggi menjulang (redwood) yang banyak tumbuh di wilayah pegunungan California.

Jenis fauna di Negara Amerika Serikat antara lain Bisaon, Antelop, dan Beruang yang berada dikawasan Midwest; Domba dan Rusa dikawasan pegunungan, Puma pada pesisir Pasifik, Armadilo, selot, dan Jaguar pada kawasan barat daya; Opossum, Aligator, Buaya Kardinal dikawasan selatan; dan Karibu, Beruang Kutub, Anjing Luat, Serta Paus di Kawasan Alaska.

F. Keadaan Penduduk Benua Amerika Serikat.

Sejarah mencatat bahwa Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga didunia setelah China dan India yang berkisar 321,2 juta jiwa (WPDS,2015) dimana penduduk aslinya adalah bersuku Indian yang menurut pendapat beberapa Ahli sejarah mengatakan bahwa meraka berasal dari Eurasia yang kemudian bermigrasi antara 65.000-25.000 tahun silam dan migrasi terakhir terjadi sekitar 12.000 tahun lalu.

Jumlah penduduk Indian sebelum kedatangan bangsa Eropa diperkirakan berkisar 2-8 juta jiwa dan pada tahun 1890, diperkirakan jumlahnya berkurang menjadi 250 ribu jiwa sebab kedangan bangsa Eropa membuat bangsa Indian semakin terpinggirkan secara jumlah dan juga secara sosial ekonomi. Selain itu, juga terdapat orang Eskimo di wilayah Alaska yang jumlahnya relatif kecil.

Pada masa kini, penduduk Amerika terdiri atas orang kulit putih dan sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia serta orang kulit hitam atau Negro yang asalnya dari Benua Afrika. Di Amerika juga terdapat orang Asia, seperti China, India, Jepang dan Vietnam, serta penduduk asli yaitu Indian.

Dengan pesatnya perkembangan pembangunan di Benua Amerika Serikat menyebabkan sebagian besar penduduknya bekerja diluar sektor pertanian dengan komposisi penduduk berdasarkan sektor pekerjaannya yaitu sektor manajerial, profesional, dan teknik (34,9%), penjualan dan perkantoran (25%), manufaktur, transportasi, dan keahlian (22,9%), Sektor jasa lainnya (16,5%), dan Sebagian kecil yakni pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sekitar (0,7%). _(NationMaster,2006.).

Demikian Ulasan tentang Keadaan Alam Wilayah Benua Amerika Serikat diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_Jakarta,2018
Penulis : Iwan Setiawan, dkk.
Penelaah : Baha Uddin,dkk.
Pereview : Mulyana.

Advertisement 2

Keadaan Alam Wilayah Benua Amerika Serikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar