Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

16 Oktober 2018

Kondisi Alam Negara Kepulauan JEPANG

Kondisi Alam Negara Kepulauan JEPANG.

Setiap negara di dunia memiliki karakteristik tersendiri yang tentunya berbeda dengan negara lainnya, baik itu dari keadaan alamnya ataupun kultur penduduknya.Keadaan alam yang dimaksud ialah, lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan faunanya. Berikut ulasannya :

a. Lokasi Negara Kepulauan Jepang.

Jepang terletak di barat laut samudera pasifik yang berbatasan dengan Korea Utara, Korea Selaan, dan Rusia. Di utara berbatasan dengan Laut Okhstosk, di timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan Laut Filipina. Letak astronomis Negara Kepulauan Jepang yaitu, barada pada 30 derajat LU - 47 derajat LU dan 128 derajat BT - 146 derajat BT.

b. Iklim Negara Kepalauan Jepang.

Kondisi iklim Negara Kepalauan Jepang bervariasi sesuai dengan lintingannya. Dari suhunya, saat musim dingin, suhu udara di jepang antara - 7 derajat - 7 derajat celsius dan pada musim panas, antara 21 derajat - 27 derajat celsius dengan curah hujan antara 840 - 3.050 mm/tahunnya.

Jepang memiliki iklim sedang dengan 4 musim yakni musim semi, panas, gugur dan musim dingin.

Kondisi Alam Negara Kepulauan JEPANG
Kondisi Alam Negara Kepulauan JEPANG
1. Musim semi bermula sekitar bulan Maret yang ditandai dengan munculnya kuncup bunga plum dan juga bunga sakura.

2. Musim Panas bermula sekitar bulan juni dengan suhu mencapai 35 derajat dengan kelembapan lebih dari 90 % yang ditandai dengan pohon-pohon hijau dan suara serangga yang bising dan juga, sekolah-sekolah di Negara Kepalauan Jepang diliburan  satu bulan selama musim panas.

3. Musim gugur dijepang ditandai dengan gugurnya dedaunan dipohon yang berawal sekitar bulan September.

4. Musim dingin di Negara Kepalauan Jepangditandai dengan turunnya salju yang berawal sakitar bulan Desember dengan suhu udara berkisar -20 derajat celsius.

c. Bentuk Muka Bumi Negara Kepalauan Jepang

a. Negara Kepalauan Jepang memiliki wilayah dataran yang kecil sekitar 30 %  luas wilayahnya atau sekitar 70-80 % wilayahnya terdiri atas pegunungan dan wilayah datarannya terletak disepanjang pesisir pantainya.

b. Daratan terbesar Negara Kepalauan Jepang dapat dijumpai di Kanto -Tokyo, Kinai Plain -Osaka dan Kyoto, Nobi-Nagoya, Echigo- Honshu, dan Sendai- Honshu timur laut, serta daratan yang relatif kecil luasnya di Hokkaido yang menjadi pusat aktifitas Penduduk Negara Kepalauan Jepang.

d. Geologi Negara Kepalauan Jepang.

Jepang terletak di daerah tepi barat Samudra Pasifik yang merupakan bagian dari cincin api (ring of fire) yang terdiri dari banyak pegunungan berapi. Di Negara Kepalauan Jepang setidaknya terdapat 192 gunung api yang salah satu diataranya merupakan gunung tertinggi dijepang yaitu gunung Fuji dengan ketinggian (3.776 ). dengan banyaknya gunung berapi di Negara Kepalauan Jepang, sebagian besar wilayah kepulauan ini tertutup oleh abu Vulkanik.

Negara Kepalauan Jepang yang dikenal dengan gunung berapinya yang banyak, jepang juga dikenal dengan Negara Kepalauan yang sering mengalami gempa bumi sebab jepang berada pada lempeng benua Asia dan lempeng samudra Pasifik.

Sumber mineral di Negara Kepalauan Jepang sangat terbatas, maka dari itu jepang sangat bergantung dengan bahan mentah dan bahan bakar hasil impor dari negara lain, mengapa demikian, sebab hasil tambang dari negerinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan industrinya.

Adapun beberapa hasil tambang tersebut yaitu batu bara kualitas rendah, timah, seng, mangan, tungsten, antimoni,dan krom. Juga terdapat minyak bumi di bagian Honshu namun produksinya sangat jauh dari kata cukup. Sumber daya mineral yang cukup terpenuhi adalah belerang.

e. Flora dan Fauna Negara Kepalauan Jepang.

67 % wilayah jepang merupakan wilayah hutan yang didalamnya terdapat beberapa jenis tumbuhan yang bisa dijumpai yaitu pohon ek, bambu, mapel, birch, beech, dan juga poplar. Jenis hewan dijepang sudah banyak berkurang dimana dahulu masih banyak dijumpai hewan babi hutan, monyet, srigala, dan rusa.

f. Kondisi Penduduk Negara Kepalauan Jepang.

Besar jumlah penduduk Negara Kepalauan Jepang terbilang besar sekitar 126,9 juta jiwa (WPDS,2015) namun angka tersebut cenderung menurun sebab jepang memiliki angka kelahiran yang relatif rendah.

Pertumbuhan penduduk Negara Kepalauan Jepang yaitu - 0,1 % yang berarti setiap tahunnya terjadi penurunan jumlah penduduk sebesar 0,1 % dan jumlah penduduk Lansia (lanjud usia) semakin bertambah sebab keadaan kesehatannya yang lebih baik.

Dengan perkembangan industri dijepang membuat sebagaian besar penduduknya beralih dari sektor pertanian ke sektor industri.

Penduduk jepang juga terdiri dari beberapa etnik, namun yang dominan adalah etnik Jepang yang mencapai 98,5%, Korea 0,5 %, China 0,4%, dan lainnya 0,6 %. Agama terdiri dari agama Shinto 83,9%, Bhuddha 71,4%, Kristen 2% dan lainnya 7,8%. 

Pelayanan kesehatan di Negara Kepulauan Jepang sangat baik terbukti dengan adanya Usia harapan hidup penduduk Jepang mencapai 86 tahun untuk wanita dan 79 tahun untuk pria dimana angka tersebut merupakan angka tertinggi didunia. (WPDS,2015). 

Demikian ulasan singkat di atas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : 

Sumber : Kemendikbud-RI_Jakarta,2018
Penulis : Iwan Setiawan, dkk.
Penelaah : Baha Uddin,dkk.
Pereview : Mulyana.



Advertisement by Google 2

Kondisi Alam Negara Kepulauan JEPANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar