Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Letak dan Luas Region Benua Asia

Region Benua Asia serta luas dan letaknya- akan kita bahas bersama pada kesempatan kali ini, namun sebagia pembaca yang baik tentunya untuk memahami semua isi dari penjelasan tersebut haruslah dengan menyelesaikan bacaannya hingga tuntas agar faham dan mengerti serda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan yang ada dibenak anda. Untuk jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

- Letak dan Luas Benua Asia.

Letak, luas dan Karakateristik Region Benua Asia
Letak, luas dan Karakateristik Region Benua Asia
Letak benua asia yakni pada 26° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU. Hampir sebagian kecil yagn berada dibelahan bumi termasuk Indonesia. Batas benua asia yakni samudra arktik di utara, samudra hindia di selaan, benua eropa, pegunungan ural, laut kaspia, laut hitam, selat bosporus, selat dardanella, laut tengah, terusan suez, dan laut merah dibarat, serta selat bering dan samudra pasifik di timur.

Benua asia adalah benua terluas di bumi ini dengan luas mencapai 44.000.000 Km persegi atau seperempat luas wilayah daratan dunia aau empat setengah kali luas benua eropa. Wilayahnya terbentang dari turki bagian barat hingga rusia dibagian timur. Benua asia juga meliputi Indonesia diselatan hingga rusia di utara mendekati kutub utara. Jika dibandingkan dengan negara lainnya di asia, amak rusia adalah negara terluas di benua asia.

Benua asia terbagi atas beberapa wilayah atau region yagn masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah yang lainnya dan cenderung perbedaan tersebut didasari oleh perbedaan budaya di bandingkan aspek fisik wilayahnya. Berikut penjelasannya.

1. Region Benua Asia Tenggara.

Asia Tenggara terdiri atas negara yang menyatu dengan Asia dan sebagian lagi merupakan kepulauan yang terpisah dari daratan Asia. Sebagian besar penduduknya bekerja dalam bidang agraris memiliki tanah yang subur . Di kawasan ini terjadi pertemuan antara budaya Melayu, Tionghoa, India, Kadazan, dan lain-lain karena jaman dulu sudah menjadi tempat perdagangan yang strategis sebagai penghasil rempah-rempah di dunia. Bahasa yang masyarakat Asia Tenggara gunakan terdiri atas bahasa Melayu (di Indonesia dan Malaysia), sementara Filipina menggunakan Bahasa Tagalog, Bahasa Thai, Bahasa Laos, Vietnam, Myanmar, Kamboja, selain juga menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol.

2. Region Benua Asia Timur

ciri khas penduduk kawasan ini merupakan ras mongoloid dengan kulit putih kekuningan, rambut hitam dan mata yang sipit. Dalam budaya makan biasanya menggunakan supit sebagai penganti sendok. Bahasa Tiongkok, Jepang, dan Korea menggunakan aksara Cina atau dalam Bahasa Mandarin dinamakan Hanzi, dalam Bahasa Jepang namana Kanji, dan dalam Bahasa Korea namanya Hanja. Sebagian besar negara Asia Timur merupakan nagara maju dalam bidang industri.

3. Region Benua Asia Selatan

Budaya Asia Selatan berbeda dengan kawasan lain di Asia. Masyarakat umum yang mendiami kawasan Asia Selatan merupakan suka bangsa Indo-Eropa dan Dravida. Jumlah penduduk di wilayah ini sangat banyak terutama di Negara India. Budaya India juga sangat berpengaruh keras di kawasan ini.

4. Region Benua Asia Tengah

Sebagian besar negara Asia Tengah merupakan negara-negara bekas bagian dari Uni Soviet. Negara-negara tersebut memiliki cadangan sumber daya alam yang melimpah, termasuk negara-negara berkembang dan beragama Islam. Asia tengah didiami oleh ras Europoid, yaitu orang mongol yang memiliki rambut pirang, dan memiliki mata biru. Bahasa yang sesuai dengan negaranya misalnya Bahasa Kirgiz, Rusia, Tajik (Persia), Turkmen, dan Uzbek.

5. Region Benua Asia Barat Daya

Wilayah ini merupakan pertemuan dari 3 benua yaitu Benua Asia, Eropa dan Afrika. Daerah ini sangat kaya dengan sumber daya alam, minyak bumi, Sebagian negara yang yagn ada diwilayah ini memiliki kemakmuran yang baik secara ekonomi. Asia Barat merupakan tempat lahirnya agama-agam besar yaitu: Islam, Kristen dan Yahudi. Secara umum di Asia Barat Daya merupakan Bangsa Arab, kemudian ada Bangsa Iran dan Turki dan sebagian kecil menjadi Bangsa Yahudi, Armenia dan Kurdi. Bahasa yang digunakan sebagian besar penduduk adalah bahasa Arab, sebagian lagi menggunakan bahasa Parsi dan bahasa Turki.

Demikian Ulasan Singkat tentang letak, luas dan karakteristik wilayah Benua Asia diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_Jakarta,2018
Penulis : Iwan Setiawan, dkk.
Penelaah : Baha Uddin,dkk.
Pereview : Mulyana.

Advertisement 2

Letak dan Luas Region Benua Asia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar