Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

29 Oktober 2018

Perubahan Sosial Budaya Menurut Para Ahli

Perubahan Sosial Budaya Menurut Para Ahli

Setiap masyarakat dalam suatu negara tentu mengalami suatu perubahan yang dapat berkaitna dengan perubahan pada lembaga sosial, nilai sosial, pola perilaku, organisasi, kelompok sosial, dan lapisan sosial. Perubahan yang terjadi di masyarakat dikenal juga dengan istilah Perubahan Sosial Budaya.

A Pengertian Perubahan Sosial Budaya.

Perubahan Sosial Budaya, Moderenisasi dan Globalisasi Menurut Para Ahli
Perubahan Sosial Budaya, Moderenisasi dan Globalisasi Menurut Para Ahli

1. William Ogburn dalam Elly M Setiadi (2011)

William Ogburn dalam Elly M Setiadi (2011) berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Perubahan Sosial Budaya adalah batasan ruang lingkup perubahan sosial budaya, mencakup perubahan pada unsur - unsur kebudayaan baik bersifat materil maupun nonmateril (immaterial), baliau menekankan perubahan sosial sebagai pengaruh yang besar dari unsur-unsur kebudayaan materil terhadap unsur kebudayaan immateril.

2. Kingsley Davis dalam Soerjono Soekarto (2014)

Kingsley Davis dalam Soerjono Soekarto (2014) menyatakan bahwa Perubahan Sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan yang mencakup hal - hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat. Menurutnya, perubahan sosial sebagai perubahan pada sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat.

Kecepatan perubahan sosial budaya setiap masyarakat berbeda-beda tergantung dari terbuka atau tidaknya suatu masyarakat . Masyarakat industri akan mengalami perubahan sosial budaya lebih cepat dari pada masyarakat agraris.  Perubahan dapat terjadi pada hal yang bersifat tradisional menjadi modern dimana perubahan ini dikenal juga dengan istilah Moderenisasi. Apa yang dimaksud dengan Moderenisasi? 

B. Pengertian Moderenisasi.

Koentjaraningrat (1985) menerangkan bahwa Moderenisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstalasi dunia sekarang. Moderenisasi mencakup sistem nilai, cara berfikir, berperasaan, dan bertindak, serta tekmologi yang sesuai dengan zaman sekarang ini. Selain dari perubahan sosial budaya dan moderenisasi di dalam masyarakat, juga terdapat suatu proses yang disebut dengan Glbalisasi. Apa yang dimaksud dengan Globalisasi? 

C. Pengertian Globalisasi.

Selo Soemardjan (1962) menjelaskan bahwa Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan kominikasi antarmasyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem  dan kaidah yang sama secara cepat. Globalisasi melanda berbagai bidang baik itu bidang iptek, ekonomi, transportasi, politik ataupun budaya.

Globalisasi membawa dampak positif dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Namun demikian, globalisasi juga memiliki dampak negatif. Agar integrasi bangsa tetap kukuh, maka diperlukan upaya untuk mengahadapi arus globalisasi. Bagaimana proses perubahan sosial budaya di Indonesia? berikut ulasannya.

Masyarakat selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu seperti contohnya pada masa dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia hingga saat ini dimana pada masa dahulu (masa penjajahan) bisa kita bandingkan dengan masa sekarang setelah merdeka dimana pembangunan negara semakin berkembang sampai dimana kebebasan berbicara mulai dikumandangkan dan kemudian berdampak pada banyaknya terjadi demonstrasi. Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berfikir, berperilaku, dan alat-alat.

Cara berfikir masyarakat juga mengalami perubahan seperti perubahan dari berfikir magis ke cara berfikir yang rasional (menerima segala sesuatu secara objektif dengan menggunakan pikiran yang rasional). Selain dari itu, juga terdapat perubahan dari penggunaan alat yakni dari yang tradisional ke alat yang lebih modern.

Apa sajakah yang termasuk perubahan sosial dan budaya? Perubahan sosial misalnya perubahan perilaku remaja, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, perubahan pada peran perempuan dan laki-laki serta lainnya. Budaya dapat diartikan sebagai hasil dari cipta rasa dan karsa manusia. Hal-Hal yang termasuk kedalam perubahan budaya adalah perubahan pada alat tradisional, alat komunikasi, dan bidang budaya lainnya. 

Dari contoh diatas, dapat kita lihat bahwa perubahan sosial dan perubahan budaya sangat saling berkaitan satu samalain. Perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat atau bisa jadi didalam masyarakat terdapat perubahan sosial yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan budaya. 

Namun yang perlu kita ingat bahwa tidak semua perubahan budaya dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial atau sebaliknya. Dengan demikian, perubahan sosial budaya menggunakan penggunaan istilah yang dapat digunakan untuk mencakup kedua jenis perubahan yang terjadi.

Demikian penjelasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_Jakarta,2018
Penulis : Iwan Setiawan, dkk.
Penelaah : Baha Uddin,dkk.
Pereview : Mulyana.

Advertisement by Google 2

Perubahan Sosial Budaya Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar