Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

6 November 2018

Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi. 

Globalisasi mempunyai banyak manfaat serta pengaruh di dalam masyaakat dunia namun, di sisi lain globalisasi juga tentunya membawa pengaruh atau dampak negatif. Tapi kali ini kita akan membahas tentang dampak positif globalisasi terlebuh dahulu yang uraiannya adalah sebagai berikut:

- Dampak Positif Globalisasi.


Dampak positif dari pada globalisasi yang akan kita bahas terdiri dari 7 macam yaitu :
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,
  • Meningkatnya efektifitas dan efisiensi,
  • Perekonmian suatu negara semakin meningkat,
  • Meningkatnya taraf hidup masyarakat,
  • Komunikasi semakin mudah dan cepat,
  • Berkembangnya dunia pariwisata,dan
  • Perkembangan alat komunikasi dan keterbukaan informasi.

a. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

7 Dampak Positif Globalisasi
7 Dampak Positif Globalisasi
Perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat cepat, membawa perubahan yang cepat pula dalam bidang teknologi. Globalisasi membawa masyarakat melakukan penyesuaian terhadap perubahan sosial budaya yang dapat kita lihat dari minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan yang semakin besar. teknologi yang dihasilkan sebagai aplikasi ilmu pengetahuan kemudian dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang membawa banyak keuntungan seperti kemudahan dalam melakukan berbagia kegiatan, hasil produksi menjadi lebih banyak, dan sebagainya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknlogi diberbagai bidang kehidupan membawa pengaruh positif di dalam masyarakat seperti contohnya pada bidang pertanian dimana teknologi mampu meningkatkan hasil produksi pertanian dan dalam prosesnya juga mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensinya.

b. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi.


Salah satu contoh dampak efektivitas dan efisiensi globalisai yakni penjualan tiket transportasi melalui internet baik itu tiket pesawat, bus, kereta api dan lainnya yang dilakukan secara online. Pembayaran dilakukan secara online melalui ATM atau sms banking. Pembelian tiket dengan model ini banyak dipilih sebab lebih efisien dan juga efektif yang dalam hitungan menit tiket sudah dapat di miliki.

efektivitas dan efisensi adalah kata kunci untuk menjelaskan pengaruh positif globalisasi. Efektivitas artinya pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang di inginkan. Apabila sesuatu telah berhasil di kerjakan dengan cara yang benar dan sesuai dengan yang diinginkan disebut efektif.. Misalnya, tugas A dapat selesai dengan pemilihan cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.

Efisien dapat di artikan sebagai tepat, cermat, berdaya guna, dan betepat guna dalam melakukan sesuatu. Ketika cara A membutuhkan waktu 1 jam sedangkan cara B membutuhkan waktu 2 jam, maka cara A lebih efisien dan cara B. Dengan kata lain bahwa efektif adalah melakukan tugas yang benar, sedangkan Efisien adalah melakukan tugas dengan tepat.

Berdasarkan pada pembahasan di atas diketahui bahwa globalisasi memberikan manfaat yang sangat besar diantaranya adalah terjadinya efektivitas dalam penggunaan pikiran, tenaga, ataupun waktu yang tentunya dapat membuat segala kebutuhan manusia dapat terpenuhi dengan lebih mudah.

c. Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat.


Waters dalam Kumanto Sunarto (2004) berpandangan bahwa globalisasi berlangsung yang salah satunya terjadi pada bidang perekonomian seperti di bidang perdagangan, produksi, investasi, ideologi organisasi, pasar modal, dan pasar kerja yang mampu membawa banyak dampak positif, salah satunya yakni semakin berkembangnya perekonomian suatu negara sebab semakin banyaknya modal yang masuk ke suatu negara dimana Indonesia juga menjadi salah satu target dunia internasional sebagai tempat terbaik untuk berinvestasi, terutama untuk sektor pertambangan, pertanian, dan industri.

d. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat.


Pengaruh positif dari dampak globalisasi yang sebelumnya dibahas diatas yakni meningkatkan perekonomian suatu negara tentunya hal tersebut juga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Keadaan ini tentunya akan semakin membuat suatu negara semakin aman dan damai sebab dapat mengurangi jumlah kriminalitas di negaranya seperti pencurian, pembunuhan, korupsi, dan lainnya.

Dunia yang pada saat ini sudah tanpa batas, memungkinkan seseorang untuk berusaha meningkatkan taraf hidup keluarganya dimana tidak sedikit warga negara kita yang bekerja di luar negeri untuk membeiayai kebutuhan keluarganya didalam negeri.

e. Komunikasi Semakin Mudah dan Cepat.


Pada zaman dulu, para pendahulu kita mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkomunikasi dengan para kerabatnya yang berada di wilayah atau di negeri lain sebab masih menggunakan media surat menyurat. 

Namun pada masa kini, semua itu sedah bergesar atau berganti dengan media modern yang lebih efektif dan efisien seperti surat elektronok (e-mail), internet, telepon, media jejaring sosial, dan sebagainya. media seperti ini pada masa saat ini cenderung jauh lebih di gemari masyarakat sebab lebih cepat dan murah yang dalam hitungan detik pesan yang di kirimkan sudah dapat sampai ke tujuannya.

f. Berkembangnya Dunia Pariwisata.


Dapak positif Globalisasi juga berdampak pada perkembangan dunia pariwisata di suatu negara, tak terkecuali pula Indonesia. Lokasi-lokasi wisata di Indonesia semakin banyak dikenal masyarakat dunia melalui berbagai teknologi seperti internet dan media lainya. 

Kesenjangan jarak tidak lagi menjadi masalah sebab telah didukung dengan kemudahan alat transportasi. Selain itu penyebaran informasi melalui dunia internet atau aplikasi smarphone menjadikan tempat - tempat wisata yang di kunjungi oleh wisatawan semakin mudah di ketahui orang lain dan menarik perhatian mereka untuk mengunungi tempat wisata tersebut.

g. Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi.


Keterbukaan dan kebebasan informasi sangatlah penting terutama pada masa globalisasi sekarang ini dimana informasi beredar secara global dan cepat. Berita kejadian, atua hal-hal yang ada di belahan dunia manapun, dalam hitungan menit setelah peristiwa itu terjadi dapat kita peroleh informasinya. Informasi yang masuk dan keluar juga tidak dapat dibendung. Akses informasi semakin terbuka lebar, masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah dan tepat. 

Seperti pada saat menyaksikan berita di televisi, membaca artikel koran secara online melalui internet dan lain sebagainya. Tentunya semua hal itu tidak lepas dari globalisasi dari bidang teknologi yang kini memudahkan kita mendapatkan informasi hanya dengan memanfaatkan internet.

Demikian penejelasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : Kemendikbud-RI_Jakarta,2018
Penulis : Iwan Setiawan, dkk
Penelaah: Baha Uddin, dkk
Pereview : Mulyana

Advertisement by Google 2

Dampak Positif Globalisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar