Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

18 Januari 2019

Norma Kesopanan Dalam Masyarakat Pengertian dan Contohnya

Norma Kesopanan Dalam Masyarakat Pengertian dan Contohnya. 

1. Pengertian Norma Kesopanan.


Norma kesopanan merupakan salah satu norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Norma kesopanan adalah seperangkat peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan dalam masyarakat. 

Norma kesopanan merupakan norma yang bersifat relatif. Artinya, antara sekelompok masyarakat satu dengan yang lainnya belum tentu mempunyai aturan  yang sama. Berdasarkan bentuknya, norma kesopanan termasuk dalam norma tidak tertulis.

Norma Kesopanan Dalam Masyarakat Pengertian dan Contohnya
Norma Kesopanan Dalam Masyarakat Pengertian dan Contohnya
Sumber dari norma kesopanan adalah pergaulan sekelompok masyarakat. Apabila dalam kelompkk ada yang melanggar norma kesopanan, maka orang lain itu akan mendapat sanksi berupa pangucilan dari masyarakat. Norma kesopanan dan kesusilaan sering kali dianggap sama sebab keduanya bersumber pada akhlak, budi, dan hati nurani. Nilai -nilai yang terkandung diantara keduanya adalah segala sesuatu yang di anggap baik dalam lingkungan masyarakat. Orang yang melanggar norma tersebut akan merasa malu dan bersalah.

Ukuran norma kesopanan adalah kepantasan, kebiasaan atau kepatutan yang berlaku dalam sebuah masyarakat. Norma kesopanan ini lebih ditujukan pada sikap lahir. Jika kita melanggar kita akan menerima sanksi. Bentuk sanksi itu berupa celaan, cemoohan, teguran, atau pengucilan dari masyarakat di aman kita berada. Jadi sanksi pelanggaran norma kesopanan dapat dipaksakan oleh pihak lain. Akan tetapi, sanksi tersebut tidak memiliki daya paksa yang efektif. Sanksi celaan atau pengucilan masyarakat tidak akan membuatnya jera untuk melanggar norma.

Faktor lingkungan atau masyarakat yang cukup besar memberikan pengaruh terhadap tingakh laku seseorang, khususnya pada kalangan remaja. Kondisi remaja yang berada pada masa puberitas dan pencarian jati diri sehingga membuat mereka rentan terhadap pengaruh tersebut. Kurangnya keteladanan yang diberikan oleh pihak yang seharusnya memberi atau menjadi teladan. 

Keteladanan ini mutlak diperlukan, khsuusnya oleh remaja sebab contoh atau teladan memberikan kemudahan untuk proses pembiasaan perilaku pada kehidupan sehari-hari meraka. Kurangnya sikap konsisten dari pihak yang seharusnya memiliki tugas tersebut. Sikap kurang konsisten terkadang membuat seseorang tidak memiliki patokan yang jelas mengenai hal-hal mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

2. Contoh Kasus Norma Kesopanan.


Bagi orang timur, memberikan sesuatu kepada orang lain dengan tangan kiri adalah dianggap merupakan suatu perbuatan yang tercela dimana perbuatan tersebut sama saja dengan tidak menghormati orang yang hendak di beri. Hal ini disebabkan dalam masyarakat timur, tangan kiri dasosiasikan dengan hal-hal yang negatif.

Demikian penjelasan singakat tentang norma kesopanan tersebut di atas, semoga bermanfaat untuk anda sekalian dan terimakasih.

Sumber : Generasi Taat Hukum-Jakarta_2009.
Penulis : Nur Asiah

Penerbit : Medaintara Semesta.

Advertisement by Google 2

Norma Kesopanan Dalam Masyarakat Pengertian dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar