Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian dan Contoh Perilaku Jujur

Pengertian dan Contoh Perilaku Jujur.

Menepati janji, merupakan sifat orang beriman. Setiap janji adalah hutang, hutang harus ditunaikan. Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa salah satu tanda orang munafik adalah mengingkari janji. Orang munafik akan di tempatkan dineraka yang paling dasar. Tentu kamu tidak ingin dimasukkan ke dalam kategori orang munafik. Di akhirat kelak, Allah Swt. Akan menempatkan orang munafik di dasar neraka.

A. Memehami Perilaku Jujur

Jujur adalah berkata benar dan seuai dengan kenyataan. Seseorang dikatakan jujur apabila berkata sesuai dengan kenyataan. Jujur adalah salah satu perbuatan terpuji yang harus dimiliki mukmin. Lawan dari sifat jujur adalah bersifat dusta. Sungguh, Allah Swt dan Rasulnya melarang Umat-nya berkata dusta. Bahkan dalam sebuh hadis, dikatakan bahwa salah satu tanda orang munafik adalah berkata dusta. Perhatikan terjemahan hadis berikut ini :

Dari Abu Hurairah r.a: “sesungguhnya rasulullah saw,. Telah bersabda: tanda-tanda orang munafik ada 3 perkara apabila berjanji, dia ingkari  apabila diberi kepercayaan, dia mengkhianati.”

Mari kita jauhi sifat dusta dan membiasakan bersifat jujur. Seseorang muslim muslimah sudah seharusnya menghiasi dirinya dengan sifat jujur. Seseorang yang bersifat jujur akan mudah mendapatkan kepercayaan orang lain. Hal ini dikarenakan mereka akan merasa aman ketika memberi kepercayaan kepada orang jujur. Bukankah kepercayaan itu mahal harganya? Kita tidak bisa memaksa orang lain mempercayai kita, karena kepercayaan terlahir dari kejujuran yang kita tunjukkan. Jika kita memnag jujur orang lain akan percaya kita.

Kepercyaan juga tidak bisa dibeli dengan uang. Kepercayaan akan tumbuh dengan sendirinya jika da kejujuran. Jika seseorang dipercayaai oleh orang lain, akan mempermudah jalan mencari rezeki. Misalnya, seorang pimpinan perusahan yang jujur akan dipercayai oleh karyawan dan mitra bisni. Tentu hal ini akan menyebabkan perusahaan akan makin maju dan berkembang karena akan mendapat kepercayaan juga dari konsumen.

Apakah kamu sudah membiasakan bersifat jujur dalam kehidupan sehari-hari? Sifat jujur ini harus kamu biasakan dalam pergaulan setiap hari. Ingat, bahwa generasi muda muslim seperti kamu akan menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang. Seorang pemimpin harus berakhlak mulia dan memiliki sifat jujur.kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan akan membimbing kesurga. Sebaliknya, kedustaan itu akan mengantarkan pada kejahatan, dan kejahatan itu akan menggiring ke neraka.

Perhatikan terjemahan sabda Nabi berikut ini.

Dari abdullah r.a dari Nabi Saw. Bersabda: “sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan sesungguhnya itu akan membimbing ke Surga, sesungguhnya jika seseorang yang senantias berlaku jujur hingga ia akan dicatat sebagai orang  yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu akan menggiring ke neraka. Dan sesungguhnya orang yang selalu berdusta sehingga akan dicatat baginya sebagai orang pendusta.”

Allah Swt. Secara tegas memerintahkan orang-orang yang beriman untuk berkata benar. Dalam Surah Al-Ahzab/33:70 di jelaskan :
Pengertian dan Contoh Perilaku Jujur
Pengertian dan Contoh Perilaku Jujur
https://risalahmuslim.id/
Artinya: “Wahai orang-orang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah Swt dan ucapkan perkataan yang benar.” (Q.S.al-ahzab/33:70)

Ayat tersebut jelas sekali mengatakan bahwa Allah Swt. Menyeru orang beriman untuk bertakwa kepada Allah Swt. Dan berkata benar. Bertakwa berarti bersungguh-sungguh dalam menaati semua perintah Allah Swt. Dan menjauhi larangannya. Hakikat dari takawa adalah takut kepada Allah Swt, takut berbuat salah dan dosa. Seseorang yang beriman kepada Allah Swt. Hendaklah menyempurnakannya dengan takwa. Orang yang bertakwa akan melandasi semua ucapan dan perbuatannya dengan kejujuran.

B. Contoh Penerapan Perilaku Jujur.

Saat kamu berjalan kaki, secara tidak sengaja, kamu menemukan dompet. Setelah dibuka, ternyata isinya surat-surat berharga, sejumlah uang dan kartu identitas. Apa yang akan kamu lakukan? Sebagai orang jujur kamu akan mengembalikan dompet dan seluruh isinya secara utuh. Kepada yang punya. Jangan kamu ambil yang bukan hak kamu.

Tentu orang yang kehilangan dompet sangat sedih dan berharap bisa menemukannya. Bagaimana jika hal ini terjadi pada akamu? tentunya kamu ingin bisa menemukannya kembali secara utuh. Nah, jika kamu menemukan barang yang bukan milikkamu, segeralah kembalikan kepada pemiliknya. Sungguh, hal ini adalah akhlak yang sangat mulia.

Demikian ulasan singkat tersebut diatas semoga bermanfaat.
Sumber : Pendidikan Agama Islam-KEMENDIBUD-RI_2018.
Penulis : Muhammad Ahsan dan Sumiyati.
Penelaah: Imam Makruf, dkk
Pe-review : Reksiana.
Pencetak: Masmedia Buana Pustaka.

Advertisement 2

Pengertian dan Contoh Perilaku Jujur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar