Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Cara/Teori Masuknya Islam di Nusantara

Masuknya Islam di Nusantara.

Salam sahabat pendidikan Islam dimanapun berada, berhubungan dengan artikel sebelumnya, kali ini kita akan mencoba membahas tentang bagamana teori atau cara masuknya islam di nusantara (Indonesia) yang semoga dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang ada di benak anda sekalian . Guna mempersingkat waktu mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Alur perjalanan dakwa di nusantara. 

Indonesia di kenal sebagai negara penduduk muslim terbesar didunia.padahal jika kita melihat sejarah yang lahir agama islam yang di bawa para nabi,indonesiatidak begitu dikenali.namun,brekat kegihan para dai dan ulama,perkembangan islam dinusantara begitu pesat sampai saat ini.lalu,bagai mana alur perjalanan dakwa dinusantara?

Sejak zaman prasejarah,penduduk nusantara dikenal sebagai pelayar-pelayar tangguh yang sanggup mangarungi samudra lepas.menurut catatan sejarah,,pada awal masehi,sudah ada jalur pelayaran dan perdagangan antara kepulauan indonesia dengan berbagai daerah di asia  tenggara.wilyah nusantara yang lintasan penting perdagangan adah wilayah nusantara bagian barat,yakni malaka dan sekitarnya.Daerah tersebut sudah terkenal sejak zaman dahulu karena akan kaya akan hasil bumi. 

Daerah tersebut kemudian menjadi perlintasan para perdagangan cina dan india.sementara itu, pelabuhan-pelabuhan penting di sumatra dan jawa antara abad ke-1 dan abad ke-7 M sering disinggahi pedagang dari lmuri(Aceh),Barus,Palembang,Sunda kelapa,dan Gresik.

Bersama dengan itu, datang pula para pedagang yang berasal gari timur tengah pada abad ke-7 M (abad ke-1 hijriyah). Malaka menjadi pusat utama lalu lintas perdagangan dan pelayaran.mereka tidak hanya brdagangan,tetapi sekaligus berdakwa menyebarkan agama islam. Dengan demikian, agama islam telah ada di indonesia ini sejak abad ke-1 hijriyah

Para ahli sejarah mencatat bahwa islam ke indonesia melali jalur perdagangan. Sebelum islam datang, nusantara berada dalam pengaruh agama hindu-buddha. Pengaruh-pengaruh tersebut berdampak pada pola hidup masyarakat di indonesia. Namun, dalam perkembangannya islam jauh lebih kuat daripada pengaruh agama hindu-buddha.

Masuknya agama islam  di nusantara melalui jalur perdagangan barlangsung dengan cara damai. Ajaran islam mudah diterima dan mendapetkan perhatian dari penduduk nusantara. Berbagai sumber sejarah menyatakan bahwa agama islam sudah masuk ke indonesia pada abad ke-7 M. Namun keberadaan para pemeluk ajaran islam menjadi jelas pada abad ke-13 yang ditandai dengan berdirinya kerajaan samudra pasi di Aceh sebagai kerajaan islam yang pertama.

2. Prorses Mauknya Islam di Nusantara.

Proses masuknya islam di indonesia berjalan secara bertahap dan melalui banyak cara. Menurut pra ahli sejarah, teori-teori tentang kedatangan islam ke indonesia adalah sebagai berikut :

a. Teori Mekah.

Menurut teori mekah,proses masuknya ke indonesia adalah langsung dari mekah atau arab.terjadi pada abad ke-7 masehi. Para pedangang dari timur tengah mamiliki misi dagang dan dakwa sekaligus.bahkan,motivasi dakwa menjadi pendorong utama mereka datang ke nusantara. 

Orang-orang arab yang datang ini  kebanyakan adalah keturunan nabi muhammad saw. Yang menggunakan gelar ‘’sayid’’atau ’’syarif’’ didepan namanya. Menurut para ahli sejarah, jalur perdagangan antara indonesia arab telah berlangsung jauh sebelum masehi.

b. Teori Gujarat.

Teori gujarat mangatakan bahwa proses kedatangan islam ke indonesia berasal dari gujarat pada abad ke-7 H atau abad ke-13 M. Gujarat adalah sebuah wilayah di india bagian barat, berdekatan dengan laut arab. Menurut teori ini, orang-orang arab bermazhab syafi ‘i telah bermukim di gujarat dan malabar sejak awal hijriyah (abad ke-7 Masehi). 

Namun yang menyebarkan islam ke indonesia bukan lah dari orang arab langsung, melainkan pedagang gujarat yang telah memeluk islam dan berdagang ke nusantara. Orang-orang gujarat telah lebih awal membuka hubungan dagang dengan indonesia dibanding dengan pedagang arab.

c. Teori Persia.

Teori persia mengatakan bahwa proses kedatangan islam ke indonesia berasal dari daerah persia atau persi (sekarang iran).sebagai buktinya, ada kesamaan  budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakat parsi dan indonesia. Tradisi tersebut antara lain adalah tradisi merayakan 10 muharram atau asyuro.

d. Teori Cina

Menurut teori cina, proses kedatangan islam ke indonesia(khususnya ditanah jawa) berasal dari pedangang cina. Mereka telah berhubungan dagang dengan penduduk indonesia jauh sebelum islam dikenal di indonesia, yakni sejak masa hindu-buddha. Ajaran islam sendiri telah sampai di cina pada abad ke-7 M. 

Pada masa dinasti Tang (618-960) di daerah gounzhou,kanton,zhang-zhao dan pesisir cina selatan,  telah terdapat sejumlah pemukiman islam. Sebagai pembuktian teori cina ini,bahwa raja islam pertama di jawa,yakni raden patah dari bintoro dari demak,merupakanketurunan cina. Ibunya disebutkan berasal dari Campa,cina bagian selatan ( sekarang termasuk vietnam). 

Bukti lainnya adalah adanya mesjid-mesjid tua yang bernilai arsitektur cina atau tiongkok di berbagai tempat di pulau jawa.pelabuhan penting seperti Gresik,misalnya,menurut catatan cina, diduduki pertama kali oleh para pelaut dan pedagang cina.

Semua teori di atas masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Tidak ada kemutlakan dan kepastian yang jelas dalam setiap teori tersebut. Semua teori  diatas semakin memperkaya khazanah keilmuan tentang sejarah islam dinusantara,

Agama islam berkembang di indonesia disebarkan oleh berbagai golongan,nyakni para pedagang,mubalig,sufi,dan para wali. Para wali menyebarkan islam di nusantara,khususnnya ditanah jawa. 

Cara/Teori Masuknya Islam di Nusantara
Cara/Teori Masuknya Islam di Nusantara
Di antara sekian banyak wali, yang terkenal adalah wali songo (wali sembilan). Berikut ini adalah uraian nama - nama setiap wali songo di nusantara.
  • Sunan maulana malik ibrahim atau syekh magrhibi, yang di duga berasal dari persia dan berkedudukan di Gresik.
  • Sunan ampel atau Raden rahmat,berkedudukan diampel,surabaya.
  • Sunan bonang  atau Raden maulana makdum Ibrahim,putra dari raden rahmat(sunan ampel). Ia tinggal di bonang,dekat tuban.
  • Sunan giri atau prabu satmata atau sultan abdul fakih yang sRaden semula bernama Raden Paku ,berkedudukan di bukit giri,dekat Gresik.
  • Sunan Drajat atau syafiruddin, juga putra dari sunan Ampel dan berkedudukan di drajat,dekat sedayu, surabaya.
  • Sunan gunung jati atau syarif hidayatullah atau syekh nurullah berasal dari pasai, sebelah utara aceh yang berkedudukan di gunung jati,cirebon.
  • Sunan kudus atau ja’far sodiq,putra dari raden haji yang bergelar sunan ngandung di jipang panolan,berkedudukan di Kudus.
  • Sunan kalijaga, nama asli Raden masyahid,beliau adalah putra tumenggung wilatikta,bupati tuban yang berkedudukan di kadilangu,dekat demak.
  • Sunan muria atau raden umar said adalah  putra dari sunan kalijaga berkedudukan di gunung muria,kudus.

Demikian ulasan singkat diatas dan semoga bermanfaat.
Sumber : Pendidikan Agama Islam-KEMENDIBUD-RI_2018.
Penulis : Muhammad Ahsan dan Sumiyati.
Penelaah: Imam Makruf, dkk
Pe-review : Reksiana.
Pencetak: Masmedia Buana Pustaka.

Advertisement 2

Cara/Teori Masuknya Islam di Nusantara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar