Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

6 Maret 2019

Pengertian Santun, Contoh Serta Manfaat Perilaku Santun

Pengertian, Contoh dan Manfaat Perilaku Santun 

Kasantunan seseorang akan dapat dilihat dari ucapan dan tingkah lakunya. Tutur kata yang lemah lembut dengan tingkah laku yang halus serta dapat menjaga perasaan orang lain. dari hal tersebut, dapat disimpulan bahwa santun mencakup dua hal, yaitu santun dalam ucapan dan santun dalam bertingkah laku atau perbuatan.

A. Pengertian Santun.

Santun adalah berkata lemah lembut serta bertingkah laku halus dan baik. Ketahuilah bahwa Allah Swt menyukai dan mencintai perilaku santun sebagai mana dalam hadits yang artinya :

" Dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi Saw bersabda kepada Al Asyaj Al Ashri :  " Sesunghnya dalam dirimu terdapat dua sikap yang dicintai oleh Allah; yaitu sifat santun dan malu" ( H.R Ibnu Majah ).

Jika kita sopan dan santun maka orang lain akan merasa nyaman dengan kehadiran kita dan sebaliknya jika kita memiliki perilaku tidak sopan maka orang lain tidak akan menghargai dan menghormati kita. Orang yang memiliki sopan santun berarti mampu menempatkan dirinya dengan tepat dalam berbagai keadaan dan dapat diterapkan dimana saja sebab sopan santun merupakan perwujudan cara kita dalam bersikap yang paling baik.  

B. Contoh Perilaku Santun.

Dengan bersikap sopan dan santun dilingkungan sekolah, tentunya sesama pelajar akan memiliki hubungan yang harmonis. Contohnya dengan cara : 
  • Menyapa teman dengan ucapan "Assalamualaikum" sembari tersenyum, 
  • Menghormati kakak kelas dan juga menyayangi adik kelasnya dengan cara peduli terhadap mereka, Patuh kepada tata tertip sekolah, 
  • Menghormati bapak / ibu guru dan juga perangkat sekolah yang lainnya, 
  • Bertutur kata lemah lembut kepada siapa saja serta, 
  • Menjaga perasaan warga sekolah dengan tidak menyakiti perasaannya.

Didalam lingkungan keluarga, seorang anak wajib menghormati dan menyayangi orang tua dengan cara : 
  • Bertutur kata santun kepada keduanya, 
  • Menaati semua nasihat orang tua sebab ia yang telah membesarkan, merawat dan mendidik kita sejak kecil.
  • Ibu yang mengandung, melahirkan, merawat dan membesarkan dengan penuh kasih sayang,
  • Ayah yang bekerja keras mencari nafkah demi kelangsungan hidup keluarga.
Maka dari itu, ingatlah bahwa kerelaan atau ridho Allah Swt adalah ridho orang tua. Jika dirumah ada pembantu, apakah ia juga harus diperlakukan dengan santun? seseorang pebantu juga tentu harus diperlakukan dengan santun sebab pembantu juga sama seperti kita sama-sama manusia yang memiliki perasaan.

Simak Kisah berikut :

" Anas bin Malik adalah seorang perawi hadits terkenal. Anas telah menjadi pembantu atau pelayan Rasulullah Saw. selama sepuluh tahun. Ia bercerita kepada kawan kawannya dengan kesungguhan hati,  " kawan - kawanku, sungguh selama sepuluh tahun menjadi pembantu beliau, aku diperlakukan dengan amat baik ".

" Anas melanjudkan ceritanya,  " Rasulullah Saw. tidak pernah berkata 'hus' kepadaku. Beliau juga tidak pernah sekalipun membentakku dengan perkataan, " Hai Anas, mengapa engkau berbuat begini? dan mengapa tidak berbuat begitu?"

Subhanallah, sungguh mulia akhlak Rasulullah kepada pembantunya atau pelayannya yang bernama Anas bin Malik tersebut. (Kitab Sahih Muslim).

Sikap sopan dan santun juga tentunya harus dinampakkan dalam pergaulan di masyarakat sebab kita adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Maka dari itu, orang juga harus diperlakukan dengan baik seperti teman, dan tetangga bahkan terkhusus untuk tetangga kita, Rasulullah Saw, mengajarkan kita untuk memuliakan tetangga sebab ketika keluarga kita dalam kesusahan maka tetanggalah yang akan membantu kita.

Di dalam Surah Al-Baqarah 2:83 Allah Swt berfirman yang artinya :

" Dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji dari Bani Israil, " Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakan shalat da tunaikan zakat" Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang" (Q.S. Al-Baqarah 2:83).

Dengan ayat tersebut, Allah Swt. memerintahkan kepada kita untuk bertutur kata yang baik kepada sesama manusia, teman, kerabat, keluarga, bapak, ibu guru, dan orang tua wajib diperlakuan dengan baik sebab kita ketika kita menghormati orang lain, maka kitapun akan dihormati. Segala perbuatan baik kita akan kembali kepada kita dan juga segala perbuatan buruk kita juga akan kembali kepada diri kita sendiri.

Pengertian Santun, Contoh Serta Manfaat Perilaku Santun
Pengertian Santun, Contoh Serta Manfaat Perilaku Santun

C. Manfaat Berperilaku Santun.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari bersikap sopan dan santun yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mudah diterima oleh orang lain sebab sikap santun akan menjadikan orang lain merasa senang. 
  2. Menunjang kesuksesan. Contohnya, seorang pengusaha sukses ditunjang dengan sikap santun yang ditujukannya kepada pembeli, pelanggang, karyawan, dan rekan sejawatnya maka meraka akan senang bergaul dengan dia. Dengan banyaknya relasi atau jaringan melalui teman-temannya maka kan semakin menunjang pula kesuksesannya.
  3. Dicintai Allah Swt. dan Rasulullah Saw.
Demikianlah penjelasan singkat tentang Pengertian dan Contoh Serta Manfaat Perilaku Santun tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : Pendidikan Agama Islam-KEMENDIBUD-RI_2018.
Penulis : Muhammad Ahsan dan Sumiyati.
Penelaah: Imam Makruf, dkk
Pe-review : Reksiana.

Advertisement by Google 2

Pengertian Santun, Contoh Serta Manfaat Perilaku Santun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu