Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Puasa : Hal - Hal Yang Dianjurkan Saat Puasa Ramadhan

Apa Sajakah Hal Yang Dianjurkan dan Diboleh Saat Berpuasa ?

Salam sahabat muslim dimanapun berada, perlu kita ketahui bersama bahwa dalalam menajlankan ibadah puasa, terdapat beberapa hal yang dianjurkan dan juga yang dibolehkan pada saat berpuasa, semua hal tersebut tidak terlepas dari dalil - dalil yang shahih. Kita juga telah mengetahui bersama bahwa dalam berpuasa banyak hal yang dilarang namun tidak semua hal juga mendapat larangan dengan kata lain masih di bolehkan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan pertama tentang hal- hal yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan ramadhan berikut ini.

Terdapat beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan dalam puasa ramadhan yang diantaranya adalah sebagia berikut :

  • Ber-Sahur sebelum berpuasa,
  • Menyegerakan untuk berbuka dan Berdoa ketika berbuka
  • Memberi makan orang yang berbuka, dan 
  • Memperbanyak ibadah di bulan ramadhan

Puasa : Hal - Hal Yang Dianjurkan Saat Puasa Ramadhan
Puasa : Hal - Hal Yang Dianjurkan Saat Puasa Ramadhan

A. Hal Yang Dianjurkan Saat Berpuasa.

1. Sahur Sebelum Puasa.

Rasulullah Saw menganjurkan kepada orang muslim untuk makan sahur dulu sebelum berpuasa, sebagaimana sabda Rasulullah Saw dalam Hadits Riwayat Ahmad yang artinya :

" Barang siapa ingin puasa, maka hendaklah dia sahur." (H.R, Ahmad dishahihkan oleh Syaikh Al Albani).

Dalam mengerjakan makan sahurpun juga terdapat keberkahan didalamnya sebagaimana Sabda Rasulullah Saw dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya :

" Maka sahurlah, karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah ." (H.R, Bukhari dan Muslim).

Serta dianjuran untuk mengakhiri sahur hingga menjelang fajar yang dapat dilihat dari Hadits Anas dari Zaid bin Tsabit bahwa beliau pernah makan sahur bersama Nabi Muhammad Saw, kemudian beliau (Rasulullah Saw) berdiri untuk menunaikan shalat. Lalu Anas berkata, " berapa lama jarak antara adzan dan sahur kalian?" Lalu Zaid pun berkata " Sekitar 50 ayat". ( H.R, Muslim dan Bukhari). Lima puluh ayat merupakan waktu yang cukup singkat yang kurang lebih 10-15 menit.

2. Bersegera (tidak menunda) Untuk Berbuka dan Berdo'a kala Berbuka.

Di dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa, Rasulullah Saw bersabda yang artinya :

" Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (H.R, Bukhari dan Muslim).

Selain hadits diatas, dijelaskan pula dalam Hadits Riwayat At-Tharmidzi, Ibnu Hibban, dan Ibnu Majah, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda yang artinya :

" Terdapat tiga golongan orang yang doanya tidak akan ditolak : 1. Pemimpin yang adil, 2. Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, 3. Do'a orang terzholimi." ( H.R At- Tharmidzi, Ibnu Hibban, dan Ibnu Majah).

Terdapat pula Do'a ketika hendak berbuka yaitu sebagaimana Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a bahwa dulu Rasulullah Saw ketika berbuka beliau membacakan doa yaitu :

" Dzahabazh zhomu-u wabtallatil' uruqu wa tsabatal ajru insya Allah " Artinya : " Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan Insya Allah." (H.R Abu Daud).

3. Memberikan Makan Orang Berbuka.

Dijelaskan dalam Hadits Riwayat At-Tharmidzi, bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya :

" Siapa memberi makan terhadap orang yang berpuasa, maka baginya pahalanya seperti orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (H.R, At-Tharmidzi).

Keutamaan lainnya tentang memberi buka puasa kepada orang lain yaitu keutamaan Do'a yang di dapatkan dari orang yang menyantap makan buka puasa itu dan sesungguhnya itu adalah do'a yang dikabulkan. Sebab do'a tersebut adalah do'a yag mustajab sebagaimana sabda Rasulullah yang telah dijelaskan bahwa ada tiga golongan orang yang tidak ditolak do'a-nya yaitu, 1. pemimpin yang adil, 2. orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan 3. do'a orang terdzalimi.

Puasa : Hal - Hal Yang Dianjurkan Saat Puasa Ramadhan
Puasa : Hal - Hal Yang Dianjurkan Saat Puasa Ramadhan
Namun, jangan lupa jika hendak ingin memberi makan berbuka maka hendaklah memilih atau mencari orang yang sholeh dan bisa mendoakan kita ketika mereka berdo'a sebab harta yang terbaik di sisi Allah adalah orang yang sholeh sebagaimana perkataan Rasulullah Saw kepada    Amru AL-Ash, beliau berkata :

" Wahai Amru, sebaik-baik harta adalah harta di tangan hamba yang sholeh."

Jika orang yang diberikan makanan berbuka tersebut mendoakan seperti doa Rasulullah Saw, maka sesungghnya rizki yang kita dapatkan menjadi lebih barokah. Arti dari doa tersebut yaitu :

" Ya Allah' Berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuan kepadaku."

4. Perbanyak Melakukan Ibadah Ramadhan.

Diantara beberapa petunjuk Rasulullah Saw yaitu memperbanyak beribadah di Bulan Suci Ramadhan. Malaikat Jibril a.s sering membacakan Al-Qur'an kepada beliau (Rasulullah Saw) di bulan suci ramadhan. Dan jika Malaikat Jibril menemui Rasulullah Saw, nampak beliau (Rasulullah Saw) adalah orang yang paling suka memberi bagaikan hembusan angin. Beliau (Rasulullaah Saw) adalah sebaik-baik manusia yang paling banyak bersedekah, berbuat ihsan (kebaikan), mambaca AL-Qur'an, Shalat, Dzikir, dan I'Tikaf (Zaadul Ma'ad,2:29).

Demikian penjelasan singkat tentang Hal yang dianjurkan untuk dilakukan selama berpuasa di bulan ramadhan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement 2

Puasa : Hal - Hal Yang Dianjurkan Saat Puasa Ramadhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar