Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Jawaban Pertanyaan Kebhinnekaan Bangsa Indonesia

Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.

Apa arti semboyan bhinneka tunggal ika?
Apa hubungan  persatuan dan keberagaman?
Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?
Bagaimana menjaga komitmen persatuan? 

Untuk menjawan pertnayaan tersebut simaklah ulasan singkat berikut ini.

1. apa Arti Seboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Semboyan bhinneka tunggal ika terdapat pada kaki lambang garuda yang menjadi alat pemersatu bangsa. Selain semboyan tersebut, negara kita juga memiliki alat pemersatu yang lainnya yang diantaranya sebagai berikut;

Jawaban Pertanyaan Kebhinnekaan Bangsa Indonesia


- Dasar negara Pancasila,
- Bendera kebangsaan merah putih,
- Bahasa nasional bahasa Indonesia dan bahasa persatuan,
- Lambang Negara Burung Garuda,
- Lagu - lagu perjuangan.

Kita semua tahu bahwa negara kita adalah negara kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau yang dibatasi oleh laut dan selat dan tediri dari berbagai suku atau etnis, dan juga budaya. Hal tersebut sangat membuat negara Indonesia rentan akan perpecahan dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar negara.

Oleh sebab itulah, Semboyan bhinneka tunggal ikan ( berbeda - beda tetapi tetap satu) perlu kita jaga, rawat , dan kita pelihara karena tanpa hal tersebut persatuan dan kesatuan bangsa indonesia akan mudah terpecah belah.

2. apakah hubungan Persatuan dan Keberagaman?

Persatuan dan keberagaman memiliki arti yang yang sangat penting dan harus difahami oleh setiap warga masyarkat agar dapat mewujudkan beberapa hal berikut ini;

- Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang,
- Pergaulan antarsesama yang lebhih akrab,
- Perbedaan yang ada bukan menjadi suatu masalah,dan
- Pembangunan berjalan dengan lancar.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Indonesia sangat rentang akan terjadinya sebuah perpecahan dan konflik sebab Indonesia adalah negara dengan keberagaman berbagia suku, etnik, budaya, dan juga agama yang lengkap dengan keunikan dan karakteristik di setiap wilayahnya.

Oleh karena itu itu dapat kita artikan bahwa hubungan persatuan dan keberagaman adalah upaya untuk menjaga integritas bangsa dalam konteks kebhinekaan demi menjaga dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya suatu ancaman dan gangguan terhadap bangsa dan negara.

3. Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia merupakan modal dasar dalam pembangunan bangsa dan oleh karena itulah, rasa persatuan dan kesatuan dalam setiap warga negara Indonesia perlu ditanamkan. 

Namun, dalam kenyataannya masih terdapat konflik yang terjadi dengan mengatasnaman ras, suku, agama atau pula antargolongan tertentu. Hal ini menjadi bukti bahwa yang ada harusnya dapat menjadi modal bagi bangsa dan negara ini untuk menjadi bangsa yang kuat.

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? itu karena dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam diri bangsa Indonesia maka hal tersebut dapat menjadi modal utama dalam hal menjaga berbagai ancaman baik dari luar maupun dari dalam sehingga integrasi nasional negara ini dapat terjaga dan terhindar dari disintegrasi nasional.

4. Bagaimana menjaga komitmen persatuan?

Komitmen pesatuan hanya akan dapat terjaga jika peraturan yang mengatur masalah suku atau pula hak individu dapat ditegakkan dengan baik. Jika perselisihan diakibatkan oleh masalah yang berkaitan dengan hukum maka UUD NRI Tahun 1945 telah mengaturnya dalam pasal 28D Ayat 1 yang menyatakan bahwa " tiap-tiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum".

Maka dengan demikian, permasalah dan perselisihan dapat dihindari dengan memberikan perlindungan secara penuh kepada setiap warga negara. maka dari itu, Untuk menjawab bagaimana menjaga komitmen persatuan bangsa Indonesia dapat kita lakukan hal-hal berikut ini;

- Saling menghargai antar golongan,
- Saling mengenali budaya dan mencintai budaya lain,
- Saling toleransi satu sama lain, dan 
- Saling menjaga komitmen persatuan dan kesatuan bangsa itu sendiri. 

Demikian penjelasan singkat tersebut diatas, semoga bermanfaat.
Sumber: PKN-Kemendikbud_RI-2017.

Advertisement 2

Jawaban Pertanyaan Kebhinnekaan Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar