Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

July 31, 2019

Jenis - Jenis Ancaman Militer dan Akibatnya Bagi Integrasi Nasional

Mengapa ancaman perlu untuk diketahui? Apa sebenarnya yang menjadi ancaman bagi integrasi nasional di Indonesia? Apa sajakan  jenis - jenis ancaman militer dan akibat yang ditimbulkan bagi integrasi nasional di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut cobalah untuk menyimak baik-baik uraian singkat berikut ini dengan seksama.

Ancaman Militer serta Akibat yang Ditimbulkan

Terdapat beberapa ancaman militer yang dihadapi baik berupa ancaman militer dan ancaman nonmiliter. Berikut ini beberapa jenis ancaman militer yang akan coba kita uraikan dan apa dampaknya terhadap integrasi nasional di Indonesia.

Jenis - Jenis  Ancaman Militer dan Akibatnya Bagi Integrasi Nasional

- Jenis ancaman militer.

Bentuk - bentuk ancaman militer tersebut terdiri dari;

  • Spionase
  • Teroris
  • Agersi Militer, dan 
  • Penyelundupan Senjata Ilegal

a. Spionase.

Spionase merupakan kegiatan yang dilakukan oleh agen rahasia suatu negara dalam mencari dan mendapatkan rahasia pertahanan negara dari negara lain yang dilakukan secara tertutup dengan memanfatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sulit untuk terditeksi. 

Spionase dapat berakibat pada bocornya rahasia suatu negara dan mengancam kemanan serta ketahanan suatu negara dan dapat memanfaatkan kelemahan suatu negara.

b. Terorisme.

Terorisme merupakan bentuk aksi teror yang mengancam keselamatan bangsa dengan menebarkan rasa takut yang mendalam serta menimbulkan  korban tanpa mengenal rasa perikemanusiaan.  Aksi teror dapat menimpa siapa saja, sehingga sulit untuk diprediksi dan ditangani dengan cara biasa. 

Akibat yang ditimbulkan oleh aksi terorisme ini dapat berupa hilangnya nyawa, Membuat masyarakat tidak tenang dengan cara menyebar teror atau ancaman, dan dapat melemahkan ketahanan nasional suatu negara dan mengancam keselamatan bangsa. Oleh karena itu, segala bentuk kejahatan teror harus di hapuskan agar ketentraman masyarakat tidak lagi terganggu.

c. Agresi Militer.

Perkembangan persenjataan disetiap negara terus ditingkatkan hingga dapat menciptakan suatu bentuk senjata pembunuh massal yang berbahan kimia dan nuklir. Aktifitas persenjataan ini merupakan ancaman militer yang kenggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisir. Kekuatan dari senjata ini dapat digunakan untuk melakukan agresi militer.

Suatu negara yang melakukan agresi militer dikategorikan sebagai ancaman kedaulatan negara, wilayah, dan keselamatan suatu bangsa yang dapat terjadi dalam skala paling besar dan kecil. Invasi merupakan bentuk agresi yang berskala paling besar dengan menggunakan kekuatan militer bersenjata yang dikerahkan untuk menduduki wilayah suatu negara.

Akibat yang dapat tibul dari agresi militer ini dapat berupa hancurnya kedaulatan suatu negara, terjajahnya kembali suatu negara, memakan banyak korban jiwa, hingga mengancam ketahanan negara lainnya diseluruh dunia.

d. Penyelundupan Senjata Ilegal.

Penyelundupan senjata melalui jalur laut dan udara juga perlu mendapatkan perhatian. Kondisi geografis Indonesia yang memiliki wilayah perairan dan wilayah udara yang luas menjadikan perlintasan transportasi dunia yang padat, baik trasnportasi maritim ataupun dirgantara. Hal ini berimplikasi terhadap tingginya potensi gangguan kemanan dari laut dan udara.

Akibat yang ditimbulkan dari penyelundupan senjata ini dapat berupa pemberontakan bersenjata didalam negeri yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang di sokong oleh kekuatan asing baik secara terbuka maupun secara tertutup. Selain hal tersebut akibat dari penyelundupan senjata dapat berupa sabotase terhadap objek vital nasional dna instalasi strategis negara seperti istana negara, gedung DPR/MPR, tempat wisata, dan tempat pengelolaan sumber daya alam.

adapun bentuk - bentuk dari ancaman militer lainnya yang dapat mengganggu keamanan dan kedaulatan negara dapat berupa pembajakan atau perampokan, penyelundupan narkoba, bahan peledak atau bahan lain yang dapat mengancam keselamatan bangsa, penangkapan ikan secara ilegal, dan pencemaran lingkungan.

Semua hal tersebut harus benar - benar diperhatikan oleh negara. Tidak hanya ancaman militer dapalam bentuk kekerasan atua teror tapi juga dalam bentuk lain yang bersifat mengganggu integrasi nasional dan keutuhan serta kedaulatan negara Indonesia.

Demikian penjelasan singakat tersebut diatas, semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain yang masih berhubungan dengan tema diatas yang membahas tentang upaya menjaga kedaulatan NKRI secara eksternal dan internal. terimakasih.
Sumber: Kewarganegaraan_Kemendikbud-RI,2017.

Advertisement 2

Jenis - Jenis Ancaman Militer dan Akibatnya Bagi Integrasi Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu